Comscore Tracker

5 Tempat Keramat Paling Populer di Ponorogo, Berani Mengunjunginya? 

Ada kerajaan yang dikenal dihuni makhluk gaib

Ketika mendengar nama Ponorogo, apa yang ada dalam pikiranmu? Salah satu di sisi barat Jawa Timur ini terkenal dengan Reog yang telah mendunia. Bahkan, menjadi pesta rakyat berupa Festival Nasional Reog Ponorogo.

Di balik tradisinya yang masih kental, seperti Grebeg Suro dan Kirab Pusaka setiap tanggal 1 Muharram, tentu gak terlepas dari tempat-tempat keramat. Sejumlah tempat dan makam keramat dapat kamu temui di Ponorogo. Sebagian di antaranya merupakan makam tokoh penting hingga petilasan.

Mau berziarah atau sekadar menghilangkan rasa penasaranmu? Berikut lima tempat keramat di Ponorogo yang patut kamu kunjungi.

1. Makam Bathoro Katong

5 Tempat Keramat Paling Populer di Ponorogo, Berani Mengunjunginya? Makam Bathoro Katong (instagram.com/dana.kristiana)

Makam Bathoro Katong merupakan salah satu cagar budaya sekaligus wisata religi kebanggaan masyarakat Ponorogo. Makam ini terletak di Desa Setono, Kecamatan Jenangan.

Sedangkan, Bathoro Katong merupakan tokoh yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Ponorogo. Sosok Bathoro Katong memang masih berkaitan erat dengan Kerajaan Mataram Islam dan Kerajaan Demak.

Seperti yang kamu tahu bahwa Kasunanan Surakarta merupakan penerus Kerajaan Mataram Islam. Gak heran kalau keluarga Kasunanan Surakarta selalu mendatangi makam tersebut untuk berziarah atau kirim doa.

2. Gunung Srandil

5 Tempat Keramat Paling Populer di Ponorogo, Berani Mengunjunginya? Astana Srandil (instagram.com/anike_aosta_rouge)

Gunung Srandil sejatinya sebuah bukit yang terletak di Desa srandil, Kecamatan Jambon. Terdapat kompleks pemakaman yang menyadi tempat bersemayamnya bupati-bupati Kabupaten Sumoroto dan keluarganya.

Saat ini, Sumoroto menjadi sebuah desa di Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo. Raden Merto Kusumo menjadi salah satu orang tersohor yang dimakamkan di sini.

Ia merupakan patih Kabupaten Ponorejo dengan nama Raden Dipo Taruno. Dikenal pula sebagai sosok pendukung Pangeran Diponegoro.

Tempat ini memiliki hawa mistis yang kental dan dikeramatkan. Meski jauh dari pusat kota Ponorogo dan lebih dekat dengan jalan penghubung Ponorogo-Solo. Namun, menjadi jujugan masyarakat yang berziarah dengan berbagai tujuan.

3. Suru Kubeng

5 Tempat Keramat Paling Populer di Ponorogo, Berani Mengunjunginya? Suru Kubeng (youtube.com/ KI BAMBANG CHANNEL)

Suru Kubeng merupakan situs atau petilasan di Desa Kutu Wetan, Kecamatan Jetis. Kisah menarik yang dipercaya masyarakat menyelimuti keberadaannya.

Hal tersebut menjadikannya sebagai tempat keramat yang kerap dikunjungi sejumlah orang yang mencalonkan diri sebagai pejabat pemerintahan.

Lokasinya berada di tengah persawahan, sebelumnya juga ditumbuhi semak-semak, rerumputan, dan pohon suru. Karena diyakini sebagai petilasan Demang Suryo Alam atau Ki Ageng Putu Suryo Alam, masyarakat setempat pun membersihkan tempat tersebut.

Ki Ageng Suryo Alam adalah Senopati Majapahit yang sakti madraguna. Sedangkan, Suru Kubeng menjadi tempat untuk menggembleng prajurit Kadipaten Wengker pada masanya.

Baca Juga: [QUIZ] Dari Wisata Angker Ini, Kami Tahu Siapa Idol KPop yang Bakal Menemanimu

4. Gunung Dloko

5 Tempat Keramat Paling Populer di Ponorogo, Berani Mengunjunginya? rute menuju Gunung Dloko (youtube.com/ Yona Misteri)

Hampir mirip dengan Gunung Srandil, Gunung Dloko juga sebuah bukit, tapi terletak di Desa Patung, Kecamatan Balong. Sedikit berbeda dengan sebelumnya, Gunung Dloko dipercaya sebagai tempat bersemayamnya Ki Ageng Putu Suryo Alam.

Semakin dikeramatkan karena keangkerannya, dikenal pula adanya kerajaan jin yang dipimpin Nyi Korek. Gak heran kalau keangkerannya terkenal sampai ke segala penjuru Pulau Jawa. Meski demikian, masih ada saja yang datang dengan berbagai tujuan, seperti mencari berkah dan semacamnya.

5. Klampis Ireng

5 Tempat Keramat Paling Populer di Ponorogo, Berani Mengunjunginya? Klampis Ireng (instagram.com/jansenjasien)

Satu lagi nih tempat keramat di Ponorogo, yakni Klampis Ireng yang dipercaya sebagai padepokan milik Kyai Ismoyo atau Semar. Di tempat ini pula diyakini dihuni banyak makhluk gaib yang kerap hadir saat perayaan Grebeg Suro. Lokasinya di Dusun Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Sukorejo.

Ada pula yang menganggap Klampis Ireng sebagai titik pusat mistik dan padepokannya hanya di Ponorogo. Sedangkan, Semar menjadi sosok yang dihormati di sana, karena dianggap sebagai pemomong dan botoro paling tua.

Kesan mistis dan keramat melekat pada tempat ini. Bahkan, sejumlah pantangan patut diperhatikan pengunjung petilasan Kalmpis Ireng, supaya tidak membawa malapetaka nantinya.

Di antaranya seperti tidak boleh berkata kasar dan mengenakan batik bermotif poleng kawung atau semar. Sebab, disinyalir menyamai kebesaran Kyai Ismoyo.

Nah, itu tadi lima tempat keramat di Ponorogo yang patut kamu kunjungi. Beberapa di antaranya kental dengan nuansa mistis dan bikin ngeri. Pencinta wisata horor wajib ke sini, deh!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dikenal Paling Horor di Jawa Timur, Berani ke Sini?

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya