5 Destinasi Wisata di Surabaya yang Kaya Sejarah, Bikin Kagum!

Yuk, berlibur sambil mengenal sejarah

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, tidak hanya dikenal sebagai kota metropolitan yang modern dan maju. Kota ini juga memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Sebagai kota yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia, Surabaya memiliki banyak peninggalan sejarah yang menarik untuk kamu kunjungi, khususnya bagi kamu yang pencinta sejarah.

Berbagai tempat wisata bersejarah di Surabaya ini menawarkan kesempatan bagi kamu untuk belajar tentang sejarah kota ini dan juga menghargai perjuangan para pahlawan yang gugur demi kemerdekaan Indonesia.

Berikut lima rekomendasi wisata di Surabaya yang kaya sejarah. Wajib banget kamu kunjungi!

1. Tugu Pahlawan

5 Destinasi Wisata di Surabaya yang Kaya Sejarah, Bikin Kagum!Tugu Pahlawan Surabaya (instagram.com/anne_delly)

Tugu Pahlawan menjadi simbol keberanian dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan Indonesia. Terletak di tengah kota Surabaya, Tugu Pahlawan menyajikan atmosfer heroik dan monumen peringatan yang mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945. Pengunjung dapat menjelajahi museum di bawah tugu yang menampilkan artefak sejarah dan informasi mendalam tentang perjuangan kemerdekaan.

Tugu ini memiliki bentuk seperti paku terbalik yang melambangkan semangat perjuangan rakyat Surabaya. Di dalam tugu terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah tentang pertempuran Surabaya.

2. Museum Sepuluh Nopember

5 Destinasi Wisata di Surabaya yang Kaya Sejarah, Bikin Kagum!Museum 10 November (instagram.com/museum10nov)

Museum ini berlokasi di Jalan Pahlawan, dekat dengan Tugu Pahlawan. Museum Sepuluh Nopember merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah tentang pertempuran Surabaya dan didedikasikan untuk mengenang peristiwa bersejarah pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya.

Di museum ini kamu bisa mempelajari sejarah dan juga menambah wawasan yang lebih dalam tentang perjuangan hebat para pahlawan pada masa itu. Selain itu museum ini memamerkan koleksi artefak, foto, dan dokumen sejarah yang berkaitan dengan pertempuran tersebut. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Piknik Estetik Terbaru di Surabaya

3. Kampung Arab

5 Destinasi Wisata di Surabaya yang Kaya Sejarah, Bikin Kagum!Hotel Kemajuan Ampel Surabaya (instagram.com/1001rasa)

Kampung Arab Surabaya merupakan salah satu kawasan wisata religi yang populer di kota ini. Kampung ini terletak di sekitar Masjid Ampel, yang merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di Surabaya. Kampung Arab Surabaya dihuni oleh masyarakat Arab yang datang ke Surabaya pada abad ke-15.

Masyarakat Arab ini sebagian besar berprofesi sebagai pedagang, dan hingga saat ini, Kampung Arab Surabaya masih dikenal sebagai pusat perdagangan berbagai produk khas Arab, seperti minyak wangi, pakaian, makanan, dan souvenir.

4. Gedung Siola

5 Destinasi Wisata di Surabaya yang Kaya Sejarah, Bikin Kagum!Gedung Siola (instagram.com/masdito_)

Gedung Siola terletak di jalan Tunjangan, Surabaya ini pertama kali dibuka pada bulan Maret tahun 1923, dulunya dikenal dengan nama “Whiteaway Laidlaw” yang dapat dikatakan sebagai penguasa pasar ritel Eropa di Asia. Gedung Siola didirikan pada tahun 1877 oleh Robert Laidlaw seorang pengusaha asal Inggris. Dulunya Gedung Siola ini difungsikan sebagai pusat perdagangan dan bisnis.

Sekarang Siola menjadi Mall Pelayanan Publik di Surabaya serta juga terdapat Museum Surabaya yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah tentang kota Surabaya. Pengunjung juga dapat menghadiri pertunjukan seni dan budaya yang diadakan di dalam gedung.

5. Makam Sunan Ampel

5 Destinasi Wisata di Surabaya yang Kaya Sejarah, Bikin Kagum!Makam Sunan Ampel (instagram.com/nuonline_id)

Makam Sunan Ampel terletak di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur. Makam Sunan Ampel dibangun pada abad ke-15 dan merupakan salah satu tempat wisata religi yang paling populer di Surabaya. Makam ini bukan hanya tempat peristirahatan Sunan Ampel, salah satu Walisongo yang berperan dalam penyebaran Islam di pulau Jawa, tetapi juga mencerminkan keindahan arsitektur yang memadukan unsur Islam dan Jawa.

Dikelilingi oleh kuburan pahlawan nasional dan diperindah dengan ornamen tradisional, kompleks makam ini menjadi tempat ziarah yang tidak hanya penuh spiritualitas tetapi juga merangkul nilai-nilai sejarah dan nasionalisme.

Kelima tempat wisata bersejarah di Surabaya tersebut bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Selain berlibur, kamu juga dapat belajar tentang sejarah kota Surabaya dan menghargai perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: 6 Wisata Dekat Stasiun Wonokromo Surabaya, Ada KBS  

Galang Sagandhi Photo Writer Galang Sagandhi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ken Ameera

Berita Terkini Lainnya