Comscore Tracker

5 Rekomendasi Destinasi Alam di Labuan Bajo, Pasti Berkesan!

Gak melulu spot snorkeling, kok!

Apakah Labuan Bajo termasuk dalam daftar destinasi liburanmu? Destinasi wisata #WonderfulIndonesia yang berada di kawasan Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur ini udah awam bagi masyarakat terutama pencinta traveling karena keindahan alamnya yang memanjakan mata. Kalau melihat foto-fotonya, kamu pasti ikutan mupeng buat ke sana.

Jika ada rencana liburan ke lokasi snorkeling terbaik dunia ini, kamu wajib mengunjungi wisata alam nan cantiknya. Pasti bikin liburanmu #DiIndonesiaAja berkesan, ini rekomendasi destinasinya.

1. Goa Rangko (Rangko Cave)

5 Rekomendasi Destinasi Alam di Labuan Bajo, Pasti Berkesan!indonesiakaya.com

Terbilang masih original, goa rangko cocok banget jadi destinasi pertamamu di Labuan Bajo. Letaknya berada di Desa Rangko, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sekitar 1 jam dari Labuan Bajo.

Bukan sekadar goa, di sini terdapat sebuah "kolam renang" yang jadi kejutan manis buat wisatawan. Jadi, kamu gak akan melulu melihat rongga bebatuan dan stalaktit-stalakmit di dalam goa ini. Birunya air pada kolam ini akan memanjakan mata dan melenyapkan rasa lelahmu.

Kamu boleh, lho berenang di kolam yang biru tersebut. Air dalam kolam tersebut merupakan air asin yang bersumber dari air laut karena goa ini terhubung langsung dengan laut.

Untuk menuju ke sini, kamu perlu menggunakan perahu dari nelayan karena aksesnya belum terlalu mudah untuk dilalui.

2. Pulau pasir Taka Makassar

5 Rekomendasi Destinasi Alam di Labuan Bajo, Pasti Berkesan!floresxp.com

Buat kamu yang pengin berburu pemandangan cantik, wajib banget berkunjung ke Taka Makassar atau pulau pasir mungil yang eksotisme pemandangannya gak main-main!

Meski cuma pasir, namun perairan laut biru yang mengelilinginya gak membuat kesannya membosankan. Hanya saja, kamu baru bisa berkunjung ke sini saat air laut surut lantaran pulau ini akan "menghilang" ketika laut pasang.

Selain bermain pasir, kamu tentu juga bisa snorkeling di perairan sekitarnya. Terumbu-terumbu karang di dalam laut ini akan membuatmu takjub sampai lupa buat pulang!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel di Labuan Bajo dengan View Terbaik, Keren Banget!

3. Manta Point

5 Rekomendasi Destinasi Alam di Labuan Bajo, Pasti Berkesan!mantradiveandsail.com

Pencinta laut dan penyuka aktivitas menyelam pastinya gak boleh melewatkan snorkeling atau diving di Manta Point. Spot ini jadi tempat yang paling direkomendasikan untuk menyelam karena kamu bisa menyaksikan ikan pari manta--hewan laut yang dilindungi--secara langsung. Gak cuma melihat, kamu pun bisa berinteraksi dengan mereka, lho!

Namun, jangan buru-buru menyentuh mereka saat kamu mulai menyelam, ya. Biasanya penyelam pemandu akan memastikan situasi para ikan pari manta ini terlebih dahulu. Ketika mereka sudah mulai mengenali manusia, penyelam pemandu akan mengajakmu bertegur sapa pada mereka. Tenang, mereka adalah hewan yang ramah, kok!

4. Pulau Padar

5 Rekomendasi Destinasi Alam di Labuan Bajo, Pasti Berkesan!unsplash.com/Rizknas

Mengunjungi pulau-pulau di kawasan Pulau Komodo juga wajib jadi agendamu saat liburan ke Labuan Bajo.

Salah satu pulau yang gak boleh kamu lewatkan adalah Pulau Padar, pulau terbesar ketiga di kawasan Pulau Komodo. Pulau Padar ini masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo, lho! Jadi ada protokol yang harus kamu patuhi saat mengunjunginya.

Dari atas bukit ini kamu bisa menyaksikan hamparan lautan yang luas dan megah. Birunya laut sudah pasti membuat matamu sulit berkedip saking indahnya. Semilir angin pun akan menambah ketenangan saat di puncak. Pulau Padar sangat cocok buat kamu yang ingin melepas penat.

5. Atol Mangiatan

5 Rekomendasi Destinasi Alam di Labuan Bajo, Pasti Berkesan!allindonesiatourism.com

Atol adalah pulau karang yang melingkar atau berbentuk cincin yang dikelilingi oleh perairan bernama laguna. Kalau kamu penasaran seperti apa rupanya, coba kunjungi atol Mangiatan saat liburan ke Labuan Bajo.

Pulau karang yang berada di pulau Mangiatan ini berbentuk angka 9 yang dikelilingi birunya air laut, membuat kamu gak ingin melewatkan mengambil fotonya!

Lima destinasi di atas cuma sebagian kecil dari semua eksotisme #WonderfulIndonesia di Labuan Bajo. Keindahan alam di setiap sudut Indonesia emang gak pernah gagal memanjakan mata. Jadi, jangan lewatkan mengunjungi destinasi-destinasi alam di atas saat liburan nanti dan selalu patuhi protokol kesehatan yang ada. 

#WonderfulIndonesia memang menyimpan sejuta pesona. Hanya #DiIndonesiaAja kamu bisa menemukan beragam destinasi menarik, kuliner eksotik, dan pengalaman liburan unik. Untuk informasi wisata Indonesia lainnya, kamu bisa klik https://www.indonesia.travel

Baca Juga: 9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulang

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya