Comscore Tracker

9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah Ilmu

Kamu sudah pernah ke nomor berapa, nih? #LokalIDN

Berkunjung ke suatu daerah gak afdal rasanya kalau belum tahu tentang sejarahnya. Nah datang ke museum bisa jadi salah satu cara kamu untuk tahu nih! Kali ini akan dibahas 9 museum yang wajib kamu kunjungi saat berada di Pulau Sumatra.

Apa saja sih museum di Pulau Sumatra? Yuk simak artikel berikut!

1. Museum Aceh ini sudah ada sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Salah satu koleksi populer di sini adalah Lonceng Cakra Donya, yang merupakan hadiah dari Kaisar Tiongkok

9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah IlmuMuseum Aceh (instagram.com/museum.aceh/)

2. Museum Negeri Sumatera Utara ini juga disebut dengan Museum Gedung Arca. Saat berada di pintu masuk utama, kamu akan melihat 2 koleksi arca bernama Makara 

9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah IlmuMusum Negeri Sumatera Utara (instagram.com/museumnegeri_sumaterautara/)

3. Kalau berkunjung ke Palembang, kamu bisa datang ke Museum Balaputra. Museum ini memiliki koleksi artefak Sriwijaya lho!

9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah IlmuMuseum Balaputra Dewa (instagram.com/museum_balaputradewa/)

4. Berada di Jambi, Museum Siginjai ini memiliki banyak koleksi keramik dari berbagai negara yang menjadi cendera mata saat masa kerajaan

9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah IlmuMuseum Siginjai (instagram.com/museumsiginjei/)

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Sumatra Selatan selain Jembatan Ampera, Apa Saja?

5. Kalau datang ke Pekanbaru kamu wajib datang ke Museum Sang Nila Utama. Pada bangunan gedung ini terdapat ukiran-ukiran khas melayu yang cantik sekali!

9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah IlmuMuseum Sang Nila Utama (instagram.com/museum_sangnila_utama/)

6. Museum Adityawarman yang berlokasi di Padang ini memiliki bentuk bangunan seperti rumah gadang khas Sumatra Barat. Saat ini ada Pameran Surau yang sedang berlangsung hingga akhir 2021 lho!

9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah IlmuMuseum Adityawarman (instagram.com/museumadityawarman/)

7. Beranjak ke Batam, ada Museum Raja Ali Haji yang bisa kamu kunjungi nih. Memiliki bentuk seperti mesjid, museum ini memiliki koleksi benda bersejarah masa Kerajaan Riau Lingga

9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah IlmuMuseum Batam Raja Ali Haji (instagram.com/museumbatam_rah/)

8. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah ini berlokasi di Tanjung Pinang. Gedung museum ini sebelumnya merupakan bangunan sekolah pada masa penjajahan Belanda lho!

9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah IlmuMuseum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (instagram.com/museumtanjungpinang/)

9. Kalau lagi di Lampung, Museum Lampung ini wajib jadi list tujuanmu. Memiliki banyak koleksi, kamu akan melihat sebuah meriam peninggalan masa penjajahan yang berada di halaman depan!

9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah IlmuMuseum Lampung (instagram.com/museumlampung_ruwajurai/)

Nah itu dia 9 museum yang berada di Pulau Sumatera mulai dari Aceh hingga Lampung. Kalau kamu berkunjung ke kota-kota tersebut, jangan lupa datang ke museum di atas untuk memperkaya wawasan sejarahmu ya!

Baca Juga: 5 Museum Menarik yang Ada di Negara Hong Kong, Koleksinya Lengkap!

Hazna Deva Photo Verified Writer Hazna Deva

Menulislah ketika kamu tak mampu menyuarakan isi fikiranmu. haznadeva.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya