Comscore Tracker

5 Danau Eksotik di Lumajang, Suasananya Bagaikan Berada di Eropa!

 Ada yang menjadi surganya para pendaki #LokalIDN 

Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang masuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Meskipun namanya cukup asing terdengar, Lumajang nyatanya menyimpan berbagai jenis wisata eksotik, salah satunya berupa danau.

Beberapa danau di Lumajang memiliki view yang eksotik dengan vibe khas Eropa. Oleh karenanya, tidak berlebihan apabila Lumajang mendapat julukan sebagai Austria van Java. Keberadaan danau-danau tersebut seakan ingin menunjukkan kepada khalayak bahwa Lumajang merupakan tempat destinasi wisata yang sangat potensial.

Penasaran kan seperti apa danaunya? Yuk, simak ulasan tentang 5 danau eksotik di Lumajang dengan vibe Eropa berikut ini!

1. Ranu Pane

5 Danau Eksotik di Lumajang, Suasananya Bagaikan Berada di Eropa!ranu pane (instagram.com/novemlawalata)

Dalam bahasa Kawi, ranu berarti danau; jadi Ranu Pane adalah Danau Pane. Ranu Pane juga merupakan nama desa di mana lokasi danau ini berada. Ranu Pane berada di ketinggian 2.100 mdpl dengan luas 0,75 hektare.

Ranu Pane termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tidak jauh dari Ranu ini, terdapat basecamp pendakian Gunung Semeru yang menjadi tempat registrasi dan titik awal bagi para pendaki yang ingin menggapai puncak tertinggi jawa.

Ranu Pane akan terlihat begitu eksotik di pagi hari karena adanya perpaduan antara cahaya matahari, embun dan tenangnya air danau mewujudkan suasana ala-ala Eropa. Bagaimana, menarik bukan?

2. Ranu Regulo

5 Danau Eksotik di Lumajang, Suasananya Bagaikan Berada di Eropa!ranu regulo (instagram.com/yudapasha)

Tidak jauh dari Ranu Pane, terdapat danau cantik yang bernama Ranu Regulo. Ranu Regulo memiliki pemandangan yang tidak kalah eksotik dari Ranu Pane. Danau ini Bisa dinikmati dari sebuah bukit bernama Gending yang berada tidak jauh darinya.

Terdapat area camping bagi wisatawan yang ingin mendirikan tenda di sini. Tidak perlu membayar tiket apabila ingin berkunjung ke Ranu Regulo begitu juga dengan Ranu Pani, cukup membayar uang parkir bagi kamu yang membawa kendaraan.

Akan tetapi, karena kedua danau ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, di hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari libur biasanya akan ada penarikan tiket di pintu masuk taman nasional.

Baca Juga: 5 Air Terjun Keren di Lumajang, Ada yang Berjuluk Niagara Indonesia!

3. Ranu Pakis

5 Danau Eksotik di Lumajang, Suasananya Bagaikan Berada di Eropa!ranu pakis (instagram.com/adiadraya)

Bergesar ke utara Lumajang, kamu akan menemukan danau bernama Ranu Pakis. Luas Ranu Pakis sekitar 50 hektare dengan kedalaman 26 m dan berada di ketinggian 600 mdpl.

Kondisi Ranu Pakis masih sangat alami dan belum tersentuh pembangunan infrastruktur wisata. Oleh karena itu tidak ada penarikan tiket ketika kamu masuk ke wilayahnya.

Dari danau ini, kamu akan disuguho pemandangan perbukitan hijau, Gunung Lemongan dan Gunung Semeru. Bagaimana, cukup eksotik bukan?

4. Ranu Klakah

5 Danau Eksotik di Lumajang, Suasananya Bagaikan Berada di Eropa!ranu klakah (instagram.com/tourjatim.id)

Tidak jauh dari Ranu Pakis, terdapat danau bernama Ranu Klakah. Sama seperti namanya, danau ini berada di Kecamatan Klakah atau berjarak 10 km di sebelah utara Kota Lumajang. Luasnya 22 hektare dan berada pada ketinggian 900 mdpl.

Ranu Klakah berada di kaki Gunung Lemongan, membuatnya tampak sangat anggun apabila dilihat dari kejauhan. Danau ini juga dilengkapi wisata perahu bebek dan warung apung yang tentunya menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

5. Ranu Kumbolo

5 Danau Eksotik di Lumajang, Suasananya Bagaikan Berada di Eropa!ranu kumbolo (instagram.com/lumajang.ku)

Ranu Kumbolo bisa dikatakan sebagai rajanya dari daftar ini. Ranu Kumbolo memang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta alam khususnya para pendaki karena danau ini menjadi salah satu pos camping favorit bahkan surganya bagi para pendaki Gunung Semeru.

Berada di ketinggian 2400 mdpl dengan luas 15 hektare, danau ini menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Kamu bisa melihat matahari terbit dari dua bukit, sinarnya mengenai air danau yang tenang, dan menghangatkan tubuh dikala tebalnya kabut yang menyelimuti. Tentu sajian yang begitu mewah bagi siapa saja yang berkesempatan menikmatinya secara langsung. 

Itulah 5 danau eksotik di Lumajang dengan pemandangan yang menakjubkan dan suasananya bagaikan berada di Eropa. Tentu menarik untuk dikunjungi, kan?

Baca Juga: 9 Fakta Danau Maninjau, Danau Kaldera di Sumatra Barat

Hendra Nugroho Photo Verified Writer Hendra Nugroho

Dolaners

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya