Comscore Tracker

7 Tradisi Ini Bikin Wisatawan Asing Berlomba Datang ke Indonesia

Soalnya unik-unik banget sih!

Indonesia adalah negara yang terkenal memiliki festival keagamaan beragam. Bahkan untuk tradisi menyambut Ramadan, tiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri. Karena itu dalam artikel berikut IDN Times sudah merangkum beberapa tradisi wisata religi lokal unik bahkan mengundang perhatian banyak turis lokal:

1. Dandangan (Kudus)

7 Tradisi Ini Bikin Wisatawan Asing Berlomba Datang ke Indonesiatirto.id

Sekitar 400 tahun lalu, warga dan santri sekitar Masjid Menara Kudus selalu ramai mengunjungi tempat tersebut memasuki bulan puasa, untuk berkumpul dan berdiskusi soal agama. Kini, tradisi tersebut diteruskan dengan dibukanya pasar malam di area tersebut menyambut datangnya bulan Ramadan.  

2. Dugderan (Semarang)

7 Tradisi Ini Bikin Wisatawan Asing Berlomba Datang ke Indonesiaberitajateng.net

Sekitar 2 minggu menjelang Ramadan, kota Semarang biasanya diramaikan dengan pelaksaan tradisi Dugderan. Setiap tahunnya, masyarakat setempat selalu melakukannya dengan cara yang meriah. Kalau berkunjung ke sana, kamu bisa melihat atraksi karnaval, pementasan tari, hingga yang paling utama ialah ritual tabuh bedug untuk meresmikan dimulainya bulan Ramadan. Tradisi yang satu ini udah terkenal banget lho, bahkan selalu jadi destinasi incaran banyak wisatawan luar negeri.

3. Meugang (Aceh)

7 Tradisi Ini Bikin Wisatawan Asing Berlomba Datang ke Indonesiawego.co.id

Di Aceh, bulan Ramadan wajib disambut dengan suka cita sambil berkumpul dengan keluarga besar. Sejak abad 17, mereka mengenal tradisi Meugang; di mana keluarga wajib berkumpul dan makan besar (makan daging) bersama-sama. Itulah sebabnya, menjelang Ramadan pasar setempat umumnya ramai dibanjiri oleh orang-orang yang hendak membeli daging untuk melaksanakan tradisi ini.
 
Meski sekarang cukup banyak orang Aceh yang merantau ke luar kota, namun tradisi ini tetap berjalan hingga sekarang. Bahkan tak terbatas hanya pada masyarakat setempat saja; para pendatang pun diperbolehkan untuk ikut merayakan Ramadan lewat tradisi unik ini. Kamu pun juga bisa lho, mengenal tradisi Meugang lebih lanjut tanpa harus jauh-jauh traveling ke Aceh. Caranya? Tentu saja dengan bermain di Tualang Ramadhan!
 
Tualang Ramadhan merupakan game interaktif berbasis chat yang akan mengajakmu untuk bertualang keliling Indonesia, sambil merasakan serunya tradisi Ramadan di 7 daerah yang akan kamu kunjungi. Gak cuma main sendirian, di sini kamu bisa berinteraksi langsung via virtual chat room dengan Dimas Anggara dan Ayushita, yang akan menjadi partner traveling kamu. Seru banget, ‘kan? Langsung aja deh mainkan Tualang Ramadan di sini dan segera jelajahi Indonesia!

4. Bagarakan Sahur (Banjarmasin)

7 Tradisi Ini Bikin Wisatawan Asing Berlomba Datang ke Indonesiadailymoslem.com

Kalau biasanya kita terbangun sahur mengandalkan alarm, di Banjarmasin ada tradisi unik nih! Umumnya masyarakat setempat bakalan arak-arakan membangunkan sahur dengan tabuh-tabuhan musik. Alatnya bisa bermacam-macam, mulai dari bedug, kendang, bahkan hingga botol sekalipun. Tak jarang, mereka juga mengumandangkan lagu Islami buat menyeramakkan suasana. Bagi masyarakat Banjarmasin, momen sahur merupakan momen yang wajib disambut dengan meriah karena bisa menandakan awal hari yang baik di bulan Puasa.

5. Ela-ela (Ternate)

7 Tradisi Ini Bikin Wisatawan Asing Berlomba Datang ke Indonesiayoutube.com/IAMFROMMARS

Pada malam Lailatul Qadar yang dianggap sebagai malam suci, masyarakat Islam di Ternate punya ritual unik yang rutin dilakukan turun-temurun. Mereka akan melakukan shalat tarawih dan doa bersama, dilanjutkan dengan tradisi penyalaan ela-ela (obor). Sesuai keyakinan setempat, tradisi ini dilakukan untuk menyambut para malaikat suci yang turun di malam Lailatul Qadar untuk memberkati bumi. Gak heran, suasana malam Lailatul Qadar di sana pun jadi terasa syahdu dan khidmat sekali. Tak jarang, berdatangan wisatawan dari luar Ternate yang datang ke sana, khusus untuk mengikuti tradisi Ela-ela ini.

Buat kamu yang mungkin belum pernah mendengar tentang Ela-ela atau tradisi Ramadan unik lainnya di Indonesia, gak usah khawatir. Dengan memainkan game Tualang Ramadhan, kamu bisa menelusurinya langsung dari gadget-mu! Nantinya, kamu akan mendapatkan badge Tualang Ramadhan untuk setiap tradisi yang berhasil kamu lakukan. Kumpulkan badge-nya dan bersiaplah untuk mendapatkan Kejutan Hikmah Puasa di akhir permainan! Yuk, segera mainkan!

6. Padusan (Jawa Timur)

7 Tradisi Ini Bikin Wisatawan Asing Berlomba Datang ke Indonesiatimlo.net

Menjelang bulan Puasa, berbagai tempat sumber air yang dianggap keramat di Jawa Timur biasanya ramai dikunjungi banyak orang. Mereka sedang melakukan ritual padusan, yakni berendam alias mandi sebagai wujud pembersihan diri. Sehingga diharapkan saat melakukan ibadah puasa nanti, diri kita sudah siap dan suci dari hal-hal yang bersifat duniawi. Saking uniknya tradisi ini, Padusan seakan sudah menjadi tujuan wisata yang paling ditunggu.

7. Nyorog (Jakarta)

7 Tradisi Ini Bikin Wisatawan Asing Berlomba Datang ke Indonesiabekasiurbancity.com

Ternyata, kota besar seperti Jakarta juga punya tradisi unik tersendiri menjelang Ramadan, yakni Nyorog. Tradisi khas Betawi ini mewajibkan kita untuk menjalin silaturahmi dengan sanak saudara, dengan cara mengirimkan bahan-bahan makanan, mulai dari kopi, gula, hingga beras. Meski sekarang istilah nyorog sendiri cukup jarang terdengar, namun tradisi mengirimkan bingkisan makanan sampai sekarang masih sering ditemukan di kota ini.

 
Keunikan tradisi Ramadan di berbagai daerah tersebut membuktikan kalau Indonesia itu memang negara yang kaya. Tapi meski tradisinya berbeda tapi satu hal yang menyatukan adalah kita merayakan keagungan yang sama untuk menyambut bulan puasa. Untuk mengisi bulan yang suci ini kamu bisa mencoba permainan Tualang Ramadan, di mana pemain diajak menelusuri berbagai tradisi Ramadan di berbagai daerah. Ada Kejutan Hikmah Puasa yang bisa kamu dapatkan juga di akhir permainan, jadi jangan sampai ketinggalan. Kalau orang luar negeri aja tertarik dengan budaya Indonesia, kini saatnya kamu yang cari tahu lebih dalam!
 

Topic:

Just For You