Comscore Tracker

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea Hirata

Epik banget!

Sebagian dari kamu mungkin sudah gak asing ketika mendengar kata Edensor (baca: Ensor). Apalagi kamu adalah pembaca setia novel karya Andrea Hirata dan telah menemukan nama ini di salah satu judul bukunya. Novel Edensor berhasil membiusmu dengan cerita keindahan sebuah desa kecil di Inggris lalu mengantarkanmu pada sebuah impian: “Aku ingin pergi ke sana suatu hari nanti!”   

Buat kamu yang belum memiliki kesempatan berkunjung ke Inggris, mungkin 10 potret tentang keindahan desa Edensor ini dapat menambah semangatmu dalam mewujudkan mimpimu untuk datang ke sana. Yuk, intip bareng-bareng.

1. Jalan setapak menuju Edensor

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea HirataHalaltrip.com

Edensor yang menginspirasi penulis Andrea Hirata ini merupakan desa kecil di kawasan Derbyshire, Peak Districts, Inggris yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dari kota Sheffield.

2. Desa kecil yang menginspirasi novel Andrea Hirata

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea Hiratawahyuinqatar.wordpress.com

Edensor menjadi terkenal di Indonesia setelah terbitnya buku ke-3 tetralogi Laskar Pelangi yang berjudul sama dengan nama desa tersebut.

3. Pemandangan Edensor yang indah

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea HirataFissilmihamida.wordpress.com

Hamparan lapangan hijau, jernihnya sungai, air mancur, dan bangunan-bangunan khas pedesaan Inggris menghiasi Edensor.

4. Salah satu penghuni lapangan hijau Edensor

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea HirataFissilmihamida.wordpress.com

Sesekali kamu akan menemukan sekawanan kambing yang bebas berkeliaran atau asyik merumput.

5. Edensor memiliki sejarah yang menarik

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea HirataFeedyeti.com

Sebetulnya Edensor adalah desa buatan yang dipindahkan lokasinya atas perintah Duke of Devonshire ke-6 karena dianggap merusak pemandangan kediamannya yang berada di Chatsworth House.

6. Pembangunan ulang Edensor

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea HirataNabilaworld.wordpress.com

Sebagian besar bangunan di Edensor adalah hasil pembangunan ulang dengan mempertahankan bentuk aslinya. Setiap rumah yang memiliki desain berbeda dibangun berdasarkan ilustrasi dari buku John Claudius Loudon yang berjudul Encyclopedia of Cottage, Farm, and Villa Architecture.

7. Landmark paling instagramable di Edensor

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea HirataFlickr.com/N04/

Gereja St. Peter merupakan landmark dari desa Edensor yang telah berdiri sejak tahun 1869. Banyak peninggalan bersejarah yang tersimpan di sana, seperti bunga abadi Queen Victoria hingga peninggalan Mary Queen of Scouts. Ilustrasinya juga dapat kamu temukan di cover novel Edensor lho.

8. Beristirahat di Edensor Tea Cottage

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea HirataMapio.net

Edensor Tea Cottage adalah satu-satunya café di desa ini yang dapat kamu jadikan tempat melepas penat setelah berkeliling menikmati pemandangan. Sesuai namanya, kamu dapat menikmati teh, kue-kue, dan hidangan tradisional Inggris lainnya.

9. Winter di Edensor

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea HirataPicturesofengland.com

Edensor akan diselimuti salju saat winter tiba. Kondisi ini justru membuat desa kecil ini terlihat menarik. Siap-siap saja pakai baju tebal saat kamu mengunjunginya di musim dingin.

10. Pelajar Indonesia berfoto di Edensor

Mengintip Keindahan Edensor, Desa Cantik Inspirasi Novel Andrea HirataFissilmihamida.wordpress.com

Banyak pelajar Indonesia yang penasaran dengan Edensor setelah membaca buku Andrea Hirata. Jauh-jauh mereka datang ke sana untuk menyaksikan desa khayalannya menjadi kenyataan. Akhirnya…

Sekilas Edensor memang nampak seperti pedesaan Inggris pada umumnya yang masih sederhana dan natural. Tapi setidaknya desa ini dapat menjadi tempat singgah bagi orang-orang yang penat dengan keramaian kota.

Terpenting lagi, Edensor telah berhasil menjadi pemantik sebagian pelajar Indonesia dalam mewujudkan mimpi mereka untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri dengan jalur beasiswa seperti cerita dua sahabat Ikal dan Arai dalam novel tersebut.

Jadi, kapan kamu berencana ke Edensor?

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya