Comscore Tracker

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!

Sudah pernah berkunjung ke salah satu danau di bawah ini?

Danau adalah salah satu badan air besar yang keberadaannya sangat manusia butuhkan dalam menjalani roda kehidupan.

Pada umumnya, danau terbentuk melalui proses glasial, aktivitas tektonik, aktivitas vulkanik atau manusia sengaja menciptakannya. Di antara semua danau yang ada di dunia, inilah 10 danau yang menduduki peringkat terbesar di dunia.

1. Laut Kaspia

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!kzconsulate.se

Laut Kaspia atau yang sering disebut Laut Mazandaran secara teknis merupakan sebuah danau berair asin. Laut Kaspia pun menduduki peringkat danau terbesar di dunia dengan kisaran luas sekitar 371.000 km² dengan daerah cekungan mencakup negara Rusia, Iran, Kazakhstan, Turkmenistan dan Azerbaijan.

Danau ini dialiri air dari Sungai Volga, Sungai Terek, Sungai Kura, dan Sungai Ural.

2. Danau Superior

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!rd.com

Danau Superior dikategorikan sebagai danau terbesar kedua di dunia dan menduduki peringkat danau berair tawar terbesar di dunia. Tak hanya itu, Danau Superior juga menduduki peringkat sebagai danau terbesar di Amerika dengan kisaran luas 82.414 km².

Danau yang berada dalam cakupan wilayah Amerika Serikat dan Kanada ini kaya akan hasil tambang seperti besi, logam, perak, tembaga, dan bebatuan.

3. Danau Victoria

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!theworkingmomstravels.com

Jika Danau Superior dikategorikan sebagai danau terbesar di Amerika, lain hal dengan Danau Victoria. Danau seluas 69.485 km² ini adalah danau terbesar di Benua Afrika. Jika dibandingkan dengan danau terbesar lainnya, Danau Victoria sebenarnya cukup dangkal, yakni hanya memiliki kedalaman 40 meter sampai 84 meter saja.

Danau Victoria memiliki kurang lebih 3.000 pulau tidak berpenghuni di dalamnya. Kendati demikian, danau hingga pulau-pulau yang berjejer di danau tersebut menjadi destinasi wisata populer di sana. Tertarik berkunjung?

4. Danau Huron

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!northernontario.travel

Di posisi keempat, ada Danau Huron yang letaknya mencakup dua negara, yakni Amerika Serikat dan Kanada. Di dalam danau seluas 59.596 km² ini terdapat sebuah pulau populer, yakni Pulau Manitoulin. Pulau tersebut juga dikategorikan sebagai pulau air tawar terbesar di dunia.

Danau yang terbentuk karena aktivitas glasial ini pertama kali ditemukan oleh penjelajah dari Prancis, lalu mereka menamai danau ini dengan sebutan, La Mer Douce. Kemudian bangsa Eropa pada masa itu memberi nama lain, yakni Lac des Hurons hingga akhirnya sekarang disingkat menjadi Danau Huron.

5. Danau Michigan

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!forbes.com

Sama halnya dengan Danau Victoria dan Danau Huron, Danau Michigan adalah kelompok danau besar di Amerika atau biasa disebut Great Lakes. Tidak seperti danau Great Lakes lainnya yang membentang melewati Amerika Serikat dan Kanada, danau seluas 58.016 km² ini sepenuhnya berada dalam wilayah Amerika Serikat.

Danau Michigan melewati wilayah Manitowoc, Ludington dan Benton Harbor. Tiga wilayah tersebut membentuk segitiga yang oleh banyak orang di sana, Danau Michigan sering disebut sebagai kembarannya Segitiga Bermuda.

Baca Juga: 5 Danau Biru Kece di Bangka Belitung, Jangan Sampai Dilewatkan!

6. Danau Tanganyika

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!mensjournal.com

Dengan luas wilayah 32.893 km², Danau Tanganyika dikategorikan sebagai danau terluas keenam di dunia. Great Lake-nya Afrika ini memiliki cekungan mencakup negara Tanzania, Zambia, Burundi, dan Republik Kongo.

Danau yang terbentuk melalui pergerakan tektonik ini menghasilkan enam pulau, yakni Mamba-Kayenda, Kavala, Mutondwe, Milima, Kibishie dan Kumbula. Bahkan, danau ini disebut-sebut sebagai danau terdalam kedua di dunia yang mana kedalamannya berkisar 570 meter - 1.460 meter.

7. Danau Baikal

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!pradiz.com

Jika Danau Tanganyika dikategorikan sebagai danau terdalam kedua di dunia, Danau Baikal yang terletak di Rusia inilah yang menduduki peringkat pertama dengan kisaran kedalaman 744 meter - 1.642 meter.

Selain itu, danau yang menampung 90 persen air tawar Rusia ini adalah danau tertua di dunia lho. Danau Baikal diperkirakan sudah ada sejak 25 juta tahun yang lalu. Pada danau seluas 31.500 km² ini pulalah banyak menyimpan spesies endemik asli Rusia.

8. Danau Beruang Besar

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!plummerslodges.com

Danau Beruang Besar (Great Bear Lake) adalah danau yang terletak di wilayah barat laut Kanada dengan luas 31.080 km². Danau yang terbentuk melalui aktivitas gunung berapi (danau glasial) ini memiliki kedalaman rata-rata 71 meter. Danau yang terbilang cukup dangkal ini mengalami suhu yang sangat ekstrem saat musim dingin tiba.

9. Danau Malawi

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!face2faceafrica.com

Danau terbesar posisi kesembilan ada Danau Malawi, yakni danau yang mencakup negara Malawi, Mozambik dan Tanzania. Danau dengan luas 30.044 km² ini dialiri air dari Sungai Ruhuhu dan aliran keluarnya adalah Sungai Shire yang letaknya sebelah selatan.

Danau yang tercipta melalui aktivitas tektonik ini memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan laut dan menampung hingga 1.000 spesies ikan silkid.

10. Danau Great Slave

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!spectacularnwt.com

Kanada memang menyimpan banyak sekali danau besar, salah satunya yang menduduki peringkat danau terbesar kesepuluh di dunia, yakni Danau Great Slave. Danau ini mencakup area permukaan seluas 28.930 km² dengan kedalaman maksimum 614 meter.

Permukaan danau yang terletak di Amerika Utara ini dilapisi oleh es selama delapan bulan dalam setahun. Yang menarik adalah danau ini sangat populer bagi para pemancing karena terdapat ikan tombak utara dan trout yang sangat menarik bagi para pemancing.

Itulah sepuluh danau terbesar di dunia yang wajib kamu ketahui untuk menambah pengetahuan. Tertarik untuk berwisata ke salah satu danau terbesar di dunia tersebut?

Baca Juga: 7 Danau Cantik di Indonesia yang Harus Masuk Bucket List Liburanmu

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya