Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!

Serasa keliling Jepang tanpa jauh-jauh pergi dari Tokyo

Kalau ditanya soal destinasi wajib saat ke Jepang, kota Tokyo jawabannya. Di kota metropolitan ini kamu bisa merasakan perpaduan harmonis antara sejarah, kebudayaan, dan modernitas.

Kamu bisa menyusuri beragam kuil bersejarah yang megah, menonton pertunjukan kabuki, menyaksikan pertandingan sumo, menikmati arsitektur futuristik seperti di Odaiba, atau berburu gadget terbaru di Akihabara.

Namun, beranjak sedikit saja keluar Tokyo, kamu bisa menikmati sisi lain Jepang dan mendapatkan sensasi berkeliling Jepang. Tidak perlu check-out dari akomodasimu di Tokyo, karena sepuluh destinasi wisata ini bisa dilakukan dalam sehari. Apa saja?

1. Tokyo Disney Resort

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!mickeyblog.com

Ini dia salah satu Disney Resort paling populer di dunia karena dianggap berbeda dari yang lainnya. Kamu bisa tiba di sini dalam 15 menit saja dari Stasiun Tokyo. Tempat wisata Tokyo Disney Resort terdiri dari dua taman tematik Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea, Ikspiari Shopping Mall, dan beberapa hotel resor.

Tokyo Disneyland yang lebih digemari anak-anak punya tujuh wahana tematik bersuasana magical. Sedangkan Tokyo Disneysea berisi wahana-wahana menantang yang memicu adrenalin, sehingga lebih disukai oleh pengunjung dewasa.

2. Kawagoe

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!savvytokyo.com

Kawagoe terletak di Prefektur Saitama yang bisa dicapai dalam 30 menit saja dari pusat Tokyo dengan kereta. Bekas kota kastel ini dulu dihuni oleh banyak pedagang dan hingga sekarang suasana kota tua dari periode Edo (1603-1867) dipertahankan sehingga Kawagoe dijuluki "Ko-Edo" atau "Edo Kecil".

Jalan utamanya didereti oleh bangunan Kurakuzuri atau gudang berdinding tanah liat yang tahan api. Sebagian Kurakuzuri telah diubah menjadi toko dan restoran. Beberapa toko menjual kerajinan tangan tradisional yang bisa dijadikan oleh-oleh unik. Ada juga Kashiya Yokocho, jalan khusus pertokoan camilan manis tradisional.

3. Yokohama

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!www.worldtravelguide.net

Ibu kota Prefektur Kanagawa ini menjadi kota terbesar kedua di Jepang setelah Tokyo. Cukup 30 menit saja dari Stasiun Shibuya, kamu bisa tiba di kota pelabuhan modern ini.

Beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Taman klasik Jepang Sekien Garden, Yokokohama Chinatown yang merupakan pecinan terbesar di Jepang, Yamashita Park untuk menikmati pemandangan pelabuhan, dan Minato Mirai yang menjadi lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan kota di malam hari.

4. Gunung Takao

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!tokyocheapo.com

Bagi penyuka hiking, kamu bisa mengunjungi Gunung Takao yang merupakan tempat rekreasi alam terdekat dari pusat Tokyo. Hanya dalam 50 menit saja dari Stasiun Shinjuku, kamu bisa tiba di lokasi yang cocok untuk menikmati keindahan bunga sakura di musim semi dan warna-warni daun di musim gugur.

Gunung setinggi 599 meter ini memiliki beberapa jalur hiking dengan berbagai tingkat kesulitan. Jika ingin menghemat waktu, kamu bisa naik cablecar atau chairlift yang membawamu dari kaki Gunung Takao sampai setengah jalan menuju puncak.

Sepanjang perjalanan, kamu bisa menemui beberapa kuil indah yang disertai patung-patung megah. Di sini juga tersedia onsen dan museum tentang ekologi di sekitar Gunung Takao.

5. Kamakura

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!jw-webmagazine.com

Terletak di Prefektur Kanagawa, kota pesisir ini bisa dicapai dalam 1 jam dari Tokyo. Kamakura dijuluki Kyoto-nya Jepang Timur karena menjadi rumah dari banyak kuil Buddha, kuil Shinto, dan monumen bersejarah.

Beberapa objek wisata terbaik di Kamakura adalah kuil Kotoku-in yang menjadi lokasi Daibutsu, patung perunggu Buddha raksasa setinggi 13 meter. Ada juga Kuil Hasedera yang daya tarik utamanya berupa patung kayu Dewi Kannon setinggi 9 meter. Kemudian ada Tsurugaoka Hachiman, kuil Shinto terpenting di Kamakura.

Selain itu,ada juga kuil Hokokuji yang berada di tengah rimbunnya hutan bambu di mana kamu bisa menikmati matcha dan camilan manis tradisional. Bagi yang berjiwa petualang, ada beberapa jalur hiking yang bisa kamu pilih untuk menyusuri berbagai kuil dan alam Kamakura.

Baca Juga: Jelajah Kawagoe di Jepang, Kunjungi 5 Spot Wisata Ini dalam Sehari

6. Enoshima

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!voyapon.com

Enoshima adalah sebuah pulau kecil dekat Kamakura di Prefektur Kanagawa. Pantainya berlokasi paling dekat dengan Tokyo. Hanya perlu 1 jam untuk tiba di sini dari Stasiun Shinjuku.

Meski kecil, pulau ini punya daya tarik wisata lengkap. Ada kuil Benten, Aquarium Enoshima, Gua Iwaya, restoran-restoran lokal, dan toko-toko suvenir di satu spot wisata ini. Karena lokasinya dekat Kamakura, kamu bisa mengunjungi kedua tempat ini dalam sehari.

7. Kastel Odawara

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!zekkeijapan.com

Jika kamu ingin menyaksikan kemegahan kastel Jepang di dekat Tokyo, ada Kastel Odawara di kota Odawara, Prefektur Kanagawa. Kamu bisa naik kereta dari Stasiun Tokyo dengan lama perjalanan 75 menit.

Kastel Odawara dibangun pada pertengahan abad 15, namun pernah hancur oleh gempa pada tahun 1703 dan kemudian dibangun kembali berdasarkan model dan gambar dari Periode Edo.

Kastel ini dikelilingi taman indah yang jadi spot terkenal untuk menikmati bunga Sakura di musim semi dan bunga-bunga lainnya, seperti azalea, wisteria, hydrangea, dan lain-lain. Di sana juga ada Museum Ninja dan Museum Samurai.

8. Gotemba Premium Outlets

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!japanculturereview.japan-shops.com

Bagi kamu yang hobi belanja, Gotemba adalah destinasi wajib. Area outlet mall ini terletak di Gotemba City di kaki Gunung Fuji. Kamu bisa naik bus dari Tokyo dengan lama perjalanan 90 menit.

Di sini ada ratusan toko dan restoran, food court, sebuah kincir ria setinggi 50 meter, hotel, dan onsen. Barang-barang yang dijual beragam, mulai dari barang fashion, olahraga, peralatan rumah tangga, dan elektronik, dari yang murah hingga yang mewah. Harganya terbilang lebih murah ketimbang toko-toko retail umum di Jepang.

9. Hakone

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!www.jonesaroundtheworld.com

Destinasi day-trip dari Tokyo paling populer ini adalah bagian dari Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu di Prefektur Kanagawa. Kamu bisa tiba di sini dalam 90 menit saja dari Tokyo.

Hakone terkenal dengan kawasan onsen dan spot tepat untuk menikmati keindahan Gunung Fuji, namun ada banyak atraksi wisata lain yang ditawarkan kawasan ini.

Kamu bisa mengunjungi kuil Hakone dan gerbang torii di tepi Danau Ashinoko, menyusuri jalan setapak kuno yang didereti pohon cedar, naik kapal bajak laut di Danau Ashinoko, makan telur hitam di kawasan gunung berapi Owakudani, dan menyambangi beberapa museum, salah satunya Hakone Open Air Museum.

10. Hitachi Seaside Park

10 Tempat Wisata Keren Ini Dekat Tokyo, Bisa Pulang Pergi!www.japan.travel

Taman yang berlokasi di kota Hitachinaka, Prefektur Ibaraki ini menghadap Samudra Pasifik. Dari Tokyo, kamu bisa naik bus dengan lama perjalanan 2,5 jam.

Di taman seluas 350 hektar ini, kamu bisa menikmati keindahan beragam bunga yang berbeda-beda di setiap musimnya. Di sini tersedia beberapa jalur sepeda dan jalan kaki.

Ada juga taman hiburan kecil dengan berbagai atraksi, salah satunya kincir ria setinggi 100 meter di atas permukaan laut yang menyuguhkan panorama sekitar taman yang menakjubkan.

 

Sudah tahu kan, sepuluh tempat wisata keren dekat kota Tokyo? Tak perlu pindah hotel dan check-out lagi, tempat wisata di atas bisa kamu kunjungi dengan sekali pulang pergi saja. Ada tempat wisata incaranmu?

Baca Juga: 5 Soba Terbaik di Tokyo, Jepang, Rasanya Sangat Otentik

Inge Indri Photo Writer Inge Indri

"I'm gonna keep on trying"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya