Comscore Tracker

5 Wisata Hiking di Sekitar Bandung yang Bisa Mengasah Jiwa Petualangmu

#PANJATPOIN Kembali sejenak ke pelukan alam

Seorang fenomenolog, psikolog, dan budayawan asal Belanda yang bernama Martinus Antonius Weselinus Brouwer berkata, "Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum". Ini terlihat dari keindahan Bandung yang dikelilingi pegunungan yang di kaki-kakinya terhampar hutan lebat nan hijau. Hal ini juga membuat Bandung terkenal akan wisata alamnya, di samping wisata belanja dan kulinernya. Jika kamu ingin berekreasi di Bandung dengan berpeluh bahagia di dalam pelukan alam, hiking bisa jadi pilihanmu.

Apa itu hiking dan apa manfaatnya?

5 Wisata Hiking di Sekitar Bandung yang Bisa Mengasah Jiwa Petualangmupixabay.com/vedayumagazine

Hiking sering diartikan sebagai "mendaki", padahal makna hiking sebenarnya adalah aktivitas berjalan kaki di lingkungan alam yang indah sambil menyusuri jalur yang sudah ditentukan. Jangan pula tertukar dengan aktivitas trekking, karena trekking adalah perjalanan panjang dengan berjalan kaki di jalur yang belum ditentukan dan tidak dilalui transportasi. Trekking lebih sulit daripada hiking, baik dari segi mental maupun fisik.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari hiking.

  1. Hiking bisa membuatmu kreatif. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan kegiatan di luar ruangan meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah hingga 50%.
  2. Jika dilakukan secara rutin, hiking menurunkan risiko beberapa penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi, sakit jatung, dan kolesterol tinggi
  3. Hiking bisa membuatmu lebih bahagia. Melakukan aktivitas di alam terbuka serta jauh dari kepenatan kota dan teknologi, bisa memberimu kedamaian.

Jika kamu tertarik melakukan hiking dan kebetulan berencana ke Bandung, kamu bisa melakukannya di lima objek wisata berikut.

1. Forest Walk Babakan Siliwangi

5 Wisata Hiking di Sekitar Bandung yang Bisa Mengasah Jiwa Petualangmubankjim.com

Forest Walk Babakan Siliwangi merupakan jembatan gantung yang jalurnya menembus hutan kota Babakan Siliwangi. Jembatan ini berada di ketinggian dua meter dengan pagar setinggi satu meter. Jalurnya dibuat berkelok dengan panjang sekitar dua kilometer. Tempat ini bisa kamu jadikan sebagai latihan hiking sebelum merambah jalur hiking yang lebih jauh dan sulit.

Forest Walk Babakan Siliwangi terletak di Jalan Tamansari No. 73, Lebak Siliwangi, Coblong, Bandung. Lokasinya tidak jauh dari Teras Cikapundung. Tidak ada biaya masuk ke kawasan ini, tetapi dikenai biaya parkir bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi.

2. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

5 Wisata Hiking di Sekitar Bandung yang Bisa Mengasah Jiwa PetualangmuDok. Pribadi

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, atau yang biasa disingkat Tahura, merupakan kawasan konservasi seluas 590 hektare, membentang dari kawasan Dago Pakar hingga Maribaya. Ada dua tujuan yang berbeda, 5km dan 7km. Jika 5km, kamu akan sampai ke Tebing Keraton. Sedangkan jalur 7km akan membawamu ke Curug Omas Maribaya. Jalur Hiking di sini terhitung mudah dan tidak membingungkan karena banyak papan petunjuk.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda berada di Kompleks Tahura No. 99, Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Tiket masuknya sebesar 12 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 76 ribu rupiah untuk wisatawan asing.

Baca Juga: Curug Semolon, Salah Satu Surga Tersembunyi di Kalimantan Utara

3. Wana Wisata Jayagiri

5 Wisata Hiking di Sekitar Bandung yang Bisa Mengasah Jiwa Petualangmudoyanjalan.com

Wana Wisata Jayagiri dikenal sebagai kawasan hiking menuju Gunung Tangkuban Perahu yang didominasi oleh pepohonan pinus. Kamu bisa merambah hutan seluas kurang lebih 7 hektar, sambil melewati perkebunan warga. Banyak rute hiking yang bisa ditempuh tapi minim petunjuk, sehingga lebih baik kamu ditemani orang yang sudah berpengalaman ke sini.

Wana Wisata Jayagiri terletak di kawasan Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tiket masuk untuk pengunjung sebesar lima ribu rupiah dan untuk yang ingin berkemah sebesar delapan ribu rupiah.

4. Wana Wisata Batu Kuda

5 Wisata Hiking di Sekitar Bandung yang Bisa Mengasah Jiwa Petualangmuayobandung.com

Wana Wisata Batu Kuda berada di kaki Gunung Manglayang. Di sana terdapat sebuah batu berbentuk kuda sepanjang 15 meter. Banyak legenda seputar batu kuda, salah satunya seorang raja bernama Prabu Layang Kusuma memiliki kuda terbang yang suatu hari terjerembab ke dalam kubangan, tetapi tak bisa keluar sampai menjadi batu.

Batu ini terletak sejauh 700 meter dari pintu gerbang. Tak jauh dari batu kuda, ada objek wisata bernama Tangga Seribu. Sesuai namanya, kamu bisa menaiki seribu tangga yang dibangun warga secara bergotong royong, menuju spot di mana kamu bisa menikmati keindahan Bandung Timur dari atas. Kamu juga bisa mendaki ke puncak Gunung Manglayang dalam jangka waktu 3-4 jam.

Wana Wisata Batu Kuda terletak di Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung. Tiket masuk untuk pengunjung sebesar 7.500 rupiah dan untuk yang ingin berkemah sebesar sepuluh ribu rupiah.

5. Taman Buru Masigit Kareumbi

5 Wisata Hiking di Sekitar Bandung yang Bisa Mengasah Jiwa Petualangmudestinasibandung.co.id

Taman Buru Masigit merupakan kawasan konservasi seluas 12.420,70 hektar. Begitu luasnya hingga lokasinya berada di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Garut. Meskipun namanya taman buru, kawasan ini lebih banyak dipakai untuk kegiatan bebas, seperti hiking dan berkemah.

Jika kamu datang berkelompok dan ingin melakukan kegiatan yang menarik, kamu bisa menyewa jasa event organizer yang disediakan pengelola untuk mengikuti kegiatan-kegiatan keren, seperti night hiking, jungle trek, susur sungai, indian canoe, dan lain-lain. Kamu juga bisa menginap di rumah pohon yang disediakan di sini.

Taman Buru Kareumbi Masigit terletak di Desa Leuwiliang, Tanjungwangi, Cicalengka, Bandung. Kalau kamu ingin sekalian berwisata kereta api, kamu bisa naik KRD Bandung Raya jurusan Cicalengka dari Stasiun Bandung atau Stasiun Kiaracondong. Setibanya di Stasiun Cicalengka, kamu bisa menyewa jasa ojek atau angkot untuk tiba di Kawasan Taman Buru. Harga tiket masuknya 7.500 rupiah di hari biasa dan 11.250 rupiah di akhir pekan, namun harga ini belum termasuk biaya jasa acara dan menginap di rumah pohon, ya.

Tempat wisata yang benar-benar mengajakmu kembali ke alam ya. Dari ini semua, mana yang mau kamu pilih?

Baca Juga: Mau Hiking? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Inge Indri Photo Community Writer Inge Indri

Saya masih belajar dan akan terus belajar!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You