Comscore Tracker

5 Potret Cantik Pulau Maratua, Surga Penyelam di Timur Kalimantan

Bersiaplah jatuh cinta dengannya

Adakah di antara kamu yang sedang berencana traveling ke Kepulauan Derawan? Jika iya, pastikan kamu menyisihkan banyak waktu untuk mengeksplorasi pulau Maratua, salah satu pulau yang menjadi bagian kepulauan di timur Kalimantan tersebut.

Pulau yang berada di Laut Sulawesi dan merupakan wilayah Kabupaten Berau, Kaltim ini menyimpan potensi bawah laut yang luar biasa cantik, lho. Sehingga gak heran kalau Maratua digadang-gadang sebagai salah satu surga penyelam terbaik di Indonesia.

Mau tahu gimana potret cantik pulau Maratua yang eksotis ini? Simak ulasan lengkapnya berikut, yuk!

1. Pulau Maratua dapat ditempuh dengan satu jam perjalanan dari pulau Derawan

5 Potret Cantik Pulau Maratua, Surga Penyelam di Timur Kalimantaninstagram.com/tesyasblog

Mencapai pulau Maratua tidaklah sulit. Kamu tinggal menyewa speed boat di pulau Derawan. Pulau Derawan sendiri merupakan pulau yang sering jadi home base para wisatawan yang ingin island hoping ke pulau-pulau di perairan Kepulauan Derawan, seperti pulau Maratua, pulau Kakaban, dan pulau Sangalaki.

Dari pulau Derawan, kamu membutuhkan waktu sekitar 50 menit hingga satu jam perjalanan laut untuk mencapai pulau Maratua. Jika cuaca sedang cerah, laut lepas yang berpadu dengan langit biru dan gumpalan awan putih bakal jadi pemandangan mengagumkan sepanjang perjalanan.

2. Pulau Maratua menawarkan banyak pilihan resort mewah

5 Potret Cantik Pulau Maratua, Surga Penyelam di Timur Kalimantaninstagram.com/deby_aprilia

Meski pulau Derawan sering dijadikan home base para wisatawan yang berlibur ke kepulauan Derawan, gak sedikit pula yang memilih pulau Maratua sebagai tempat menginap mereka. Pasalnya, pulau Maratua menawarkan beberapa pilihan resort mewah di tepi pantai dengan view laut lepas yang menakjubkan.

Sebutlah Green Nirvana Maratua Resort, Noah Maratua Resort, Maratua Paradise Resort, dan Pratasaba Resort. Masing-masing menyediakan kamar untuk dua orang, namun ada pula resort yang menawarkan villa yang bisa menampung hingga 10 orang. Cocok banget buat kamu yang bawa rombongan.

Tarif per kamar per malam-nya bervariasi, yaitu mulai dari Rp1,2 jutaan, tergantung resort mana yang ingin kamu pilih dan jenis kamarnya. Tertarik menginap di resort mewah Maratua?

Baca Juga: Menengok Surga Tersembunyi di Indonesia, Kepulauan Maratua

3. Laut lepas di sekitar pulau Maratua adalah surga penyelam yang menawan

5 Potret Cantik Pulau Maratua, Surga Penyelam di Timur Kalimantaninstagram.com/i_am_august

Jika kamu gemar diving, maka pulau Maratua adalah destinasi tepat untuk melepas rindu pada kecantikan alam bawah laut. Perairannya yang berwarna pirus menjadi habitat beragam jenis spesies ikan, penyu, belut, terumbu karang, dan fauna laut lainnya.

Setidaknya ada 21 pilihan dive sites yang bisa kamu kunjungi di perairan pulau Maratua. Beberapa di antaranya yaitu Coral Garden, Turtle Traffic, South Face, Sponge Reef, House Reef, Mid Reef, Fuselier Paradise, dan East Wall.

Namun, jangan khawatir bagi kamu yang belum punya diving license. Kamu masih bisa menikmati pesona bawah laut pulau Maratua dengan snorkeling. Tarif sewa peralatannya sekitar Rp40 ribu saja.

4. Kamu bisa uji adrenalin dengan menyelam di Goa Halo Tabung

5 Potret Cantik Pulau Maratua, Surga Penyelam di Timur KalimantanBerbagai sumber

Masih ada satu spot lagi di pulau Maratua yang pantang kamu lewatkan, yaitu bernama Goa Halo Tabung. Alih-alih berbentuk gua pada umumnya, Goa Halo Tabung rupanya lebih mirip danau berbentuk seperti tabung yang dikelilingi tebing.

Wisata tersembunyi ini bisa ditempuh selama kurang lebih 20 menit menggunakan speed boat dari dermaga utama pulau Maratua. Namun, dari loket penjualan tiket, kamu masih harus trekking sejauh sekitar 50 meter menembus hutan untuk benar-benar tiba di lokasi Goa Halo Tabung.

Di spot ini, kamu bisa menguji adrenalin dengan melompat dari tebing yang mengelilingi gua setinggi kurang lebih 5 meter dan menyelam ke dalamnya. Goa Halo Tabung sendiri konon memiliki kedalaman mencapai 35-40 meter. Yang unik, meski di dalam hutan, air di Goa Halo Tabung ternyata rasanya asin, lho.

5. Sunset di pulau Maratua adalah salah satu yang terbaik

5 Potret Cantik Pulau Maratua, Surga Penyelam di Timur Kalimantan@zaiwagraphy via instagram.com/berau_asik

Gak akan lengkap mengunjungi pulau Maratua tanpa sempat menyaksikan keindahan sunset-nya. Dari dermaga pulau atau dari resort tempat kamu menginap, kamu harus berburu senja di Maratua karena pesonanya bak lukisan. Lampu-lampu temaram di sekitar pantai makin menambah syahdu suasana. Duh, makin gak pengin pulang, deh.

Nah, itulah beberapa potret cantik pulau Maratua di timur Kalimantan. Cuma lihat fotonya saja pasti gak akan puas. Makanya, segera bikin agenda untuk liburan ke sana, yuk!

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Pulau Jawa yang Mampu Menyegarkan Mata

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya