Comscore Tracker

6 Spot Air Terjun dengan Gardu Pandang Sepanjang Pulau Jawa, Kece Abis

#ANGPOIN Mana yang paling kece?

Wisata air terjun menjadi salah satu pilihan wisata alam yang cocok untuk liburan akhir pekan. Selain bisa menikmati kesegaran airnya, udara di sekitar kawasan air terjun juga sejuk dengan panorama hijau yang memanjakan mata.

Namun, kalau kamu gak berniat basah-basahan di lokasi air terjun, ada beberapa lokasi air terjun yang punya gardu pandang, nih. Kamu bisa bebas menikmati pesona kecantikannya tanpa khawatir basah kuyup terkena cipratan air. Pengin tahu di mana saja? Yuk, intip ulasan berikut.

1. Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang

6 Spot Air Terjun dengan Gardu Pandang Sepanjang Pulau Jawa, Kece Abisinstagram.com/windayufa

Disebut juga sebagai Coban Sewu, air terjun yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter, lo. Uniknya, air terjun tersebut membentang bagai tirai sehingga terlihat sangat apik.

Dari gardu pandang yang tersedia, kamu bisa semakin mudah mengagumi kecantikan air terjun Tumpak Sewu dari kejauhan. Rasanya gak pengin pulang!

2. Coban Kali Lanang, Kota Batu

6 Spot Air Terjun dengan Gardu Pandang Sepanjang Pulau Jawa, Kece Abisinstagram.com/azkingnorgay

Sejak dibuka sebagai objek wisata pada 2017 lalu, Coban Kali Lanang langsung sukses menyedot antusiasme pengunjung. Lokasinya yang mudah dijangkau karena berada di pusat Kota Batu, tepatnya di Kecamatan Bumiaji, membuat coban ini kerap ramai di akhir pekan.

Dengan debit air yang cukup deras, meski sedang musim kemarau sekalipun, kamu bisa menikmatinya dari gardu pandang yang terbuat dari bambu di sisi kanan air terjun. Tiket masuknya hanya sekitar Rp10 ribu. 

3. Coban Watu Ondo, Kota Batu

6 Spot Air Terjun dengan Gardu Pandang Sepanjang Pulau Jawa, Kece Abisinstagram.com/lndawatidewi

Masih di kawasan Kota Batu, lokasi air terjun dengan gardu pandang lainnya ada di Coban Watu Ondo. Disebut Watu Ondo karena jalur menuju air terjun terbuat dari susunan anak tangga yang terjejer rapi menuju lokasi.

Hal yang menarik, gardu pandang di objek wisata ini dibentuk menyerupai simbol hati. Wah, cocok nih untuk kamu yang ke sini membawa pasangan. Jika beruntung, dari gardu pandang tersebut kamu bisa menjumpai pelangi atau kawanan kupu-kupu beterbangan.

Baca Juga: 7 Air Terjun di Indonesia yang Disebut Niagara Mini

4. Air Terjun Putuk Truno, Pasuruan

6 Spot Air Terjun dengan Gardu Pandang Sepanjang Pulau Jawa, Kece Abisinstagram.com/lndawatidewi

Dari Kota Batu, beralihlah ke arah timur laut, tepatnya ke Kecamatan Prigen, Pasuruan. Jernihnya air terjun Putuk Truno siap mencuri perhatianmu. Dengan ketinggian air terjun sekitar 45 meter, Putuk Truno makin keren saat kamu menikmatinya dari atas gardu pandang yang tersedia. Yakin cuma mampir sebentar saja?

5. Air Terjun Kedung Kayang, Magelang

6 Spot Air Terjun dengan Gardu Pandang Sepanjang Pulau Jawa, Kece Abisinstagram.com/asstry06_

Lokasi air terjun berikutnya yang bisa dinikmati tanpa berbasah-basahan adalah air terjun Kedung Kayang di Kecamatan Sawangan, Magelang. Gardu pandang yang ada di lokasi ini rupanya sengaja dibuat oleh warga setempat sebagai alternatif lain menikmati pesona Kedung Kayang.

Dari atas gardu pandang, kamu bisa buktikan sendiri pesona air terjun yang diapit oleh gunung Merapi dan Merbabu tersebut. Lanskapnya dijamin bikin kamu betah. Eksotis dan keren banget!

6. Curug Cimahi, Bandung Barat

6 Spot Air Terjun dengan Gardu Pandang Sepanjang Pulau Jawa, Kece Abisinstagram.com/revrzky

Referensi air terjun terakhir dengan gardu pandang, yaitu air terjun yang berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, bernama Curug Cimahi. Keindahan air terjun dari atas gardu pandang ini memang terbilang sukses mencuri perhatian banyak wisatawan.

Selain bisa duduk bersantai sembari menyaksikan lukisan Tuhan dari atas ketinggian, udara sejuk di sekitar kawasan air terjun bakal menambah fresh otak dan pikiranmu.

Nah, itu tadi rekomendasi air terjun kece sepanjang pulau Jawa yang bisa kamu nikmati dari atas gardu pandang. Meski dilihat dari kejauhan, gak akan mengurangi pesonanya, deh. Jadi, mau berkunjung ke air terjun mana dulu, nih?

Baca Juga: 5 Air Terjun Terindah di Amerika Ini Dijamin Bikin Kamu Kagum

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You