Comscore Tracker

6 Fyord Indah di Norwegia Ini Akan Memanjakan Mata yang Melihatnya

Ada yang jadi inspirasi latar tempat film frozen! 

Fyord adalah sebutan untuk daerah semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser atau glaciar yang kemudian diapit di antara tebing-tebing yang tinggi. Salah satu negara yang memiliki banyak fyord adalah Norwegia. Ada lebih dari 1.000 fyord yang ada negara ini. 

Penasaran dengan penampakan fyord di Norwegia? Berikut enam fyord indah yang terkenal di Norwegia.

1. Geirangerfjord

6 Fyord Indah di Norwegia Ini Akan Memanjakan Mata yang MelihatnyaGeirangerfjord (unsplash.com/@lamerbrain)

Geirangerfjord adalah fyord paling terkenal dan menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di negara Norwegia. Dengan latar belakang hijau dan aliran air terjun liar yang tak terhitung jumlahnya mewarnai lereng gunung, fyord ini adalah pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat. 

Ada banyak air terjun di Geirangerfjord, salah satunya yang terkenal adalah air terjun The even Sisters. Geirangerfjord pernah menjadi latar tempat film Norwegia The Wave (2005) dan menjadi inspirasi latar tempat dalam film Disney Frozen.

Sejak 2005, Geirangerfjord telah dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

2. Sognefjord

6 Fyord Indah di Norwegia Ini Akan Memanjakan Mata yang MelihatnyaSognefjord (fjordtravel.no)

Sognefjord adalah fyord terpanjang dan terdalam di Norwegia yang berada di distrik Sogn og Fjordane. Pada titik terdalamnya, kedalaman Sognefjord adalah sekitar 1.300 meter dengan panjang lebih dari 200 kilometer. 

Sognefjord menawarkan berbagai lanskap yang benar-benar unik, dari gunung yang tinggi hingga daerah pertanian yang hijau. Selain itu, ujungnya juga terdapat Jostedalsbreen yang merupakan gletser terbesar di benua Eropa.

3. Hardangerfjord

6 Fyord Indah di Norwegia Ini Akan Memanjakan Mata yang Melihatnyamenyaksikan keindahan Hardangerfjord dari Trolltunga (kimkim.com)

Hardangerfjord adalah fyord terpanjang kedua di Norwegia. Fyord ini juga terdapat air terjun yang akan menambah keindahan pemandangan sekitarnya.

Ada juga formasi batuan terkenal yang disebut Trolltunga yang diburu para pengunjung. Ini adalah spot yang tepat untuk menyaksikan pemandangan di balik ketinggian. 

Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sekitar Hardangerfjord, mulai dari tur gletser berpemandu di Folgefonna, perjalanan perahu, hingga pendakian.

Baca Juga: 9 Tempat Indah yang Bisa Dikunjungi Saat Berada di Bergen, Norwegia

4. Naeroyfjord

6 Fyord Indah di Norwegia Ini Akan Memanjakan Mata yang MelihatnyaNaeroyfjord (fjordtours.com)

Naeroyfjord sebenarnya adalah bagian dari Sognefjord dan merupakan salah satu fyord tersempit di Eropa. Naeroyfjord memiliki panjang sekitar 17 km dan lebar hanya 250 meter pada titik tersempitnya.

Naeroyfjord juga dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang lebih dari satu kilometer di atas permukaan air. Bersama dengan Geirangerfjord, Naeroyfjord masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Ini adalah fyord dengan pemandangan yang sempurna. Terdapat puncak bersalju dan air terjun di kiri dan kanan, belum lagi rumah-rumah merah dan daerah pertanian yang menjadikan Naeroyfjord sebagai tempat yang wajib dikunjungi.

5. Lysefjord

6 Fyord Indah di Norwegia Ini Akan Memanjakan Mata yang Melihatnyamenyaksikan keindahan Lysefjord dari Preikestolen (costakreuzfahrten.de)

Lysefjord adalah sebuah fyord dengan puncak gunung yang tinggi dan berbagai lanskap terjal. Fyord ini juga terkenal karena adanya Preikestolen, yaitu tebing besar yang setinggi 604 meter. Lewat tebing ini, wisatawan akan merasakan pengalaman melihat keindahan Lysefjord di atas tebing datar, curam, dan tanpa pagar pembatas.

Selain Preikestolen, ada pula tangga Flørli yang memiliki 4.444 anak tangga dan menjadi tangga berbahan kayu tertinggi di dunia.

6. Lyngenfjord

6 Fyord Indah di Norwegia Ini Akan Memanjakan Mata yang MelihatnyaLyngenfjord (flickr.com/tmv_media)

Lyngenfjord adalah fyord lain yang berada di utara Norwegia, yang terletak di Lyngen Alps dekat kota Tromsø. Fyord besar ini memiliki panjang 82 kilometer dan dianggap sebagai garis pemisah antara wilayah Troms utara dan selatan. Di daerah ini, pengunjung akan merasakan perpaduan antara alam, pesisir, dan budaya Suku Sami.

Itulah enam fyord yang terkenal di Norwegia. Jika kamu ingin menyaksikan pemandangan indah ini, akan lebih baik untuk melakukan perjalanan berpemandu karena untuk mencapai fyord terbilang cukup sulit. 

Baca Juga: 9 Potret Pesona Aurora di Kota Tromsø-Norwegia yang Begitu Memukau 

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya