Comscore Tracker

Asyiknya Liburan di Pantai Beras Basah Bontang

Liburan itu tidak perlu jauh-jauh jika yang dekat ada.

Pantai Beras Basah adalah sebuah pantai yang terletak di Selat Makassar bagian Timur namun masuk kawasan atau wilayah Kalimantan Timur tepatnya Kota Bontang. Nama Beras Basah berasal dari kata "Beras" dan "Basah". Menurut cerita penduduk setempat zaman dahulu ada sebuah Kapal yang membawa bahan makanan termasuk beras. Kapal tersebut tiba-tiba saja karam namun tidak semuanya tergenang air.

Bawaan kapal yang sebagian besar adalah beras tidak tenggelam, melainkan muncul sebagian seperti gundukan. Lama - kelamaan gundukan beras tersebut berubah menjadi pulau berpasir putih seperti beras yang selalu basah karena dikelilingi oleh lautan.

Untuk dapat mencapai Pantai Beras basah pengunjung harus naik kapal atau Speed-Boat. Akses yang paling cepat dan dekat ke Pantai Beras Basah ini adalah melalui dermaga Badak NGL dengan Speed-Boat dan memakan waktu sekitar 15 menit. Akses lain yang dapat digunakan adalah Dermaga Tanjung Limau dan Dermaga Tanjung Laut. Dari sini kita bisa naik Kapal kecil bermesin dan perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Untuk biaya penyeberangan satu kapa dikenakan biaya Rp 400 - Rp 600 ribu rupiah untuk pulang dan perginya. Untuk menyiasatinya kalau mau menyeberang bergabunglah dengan teman-teman yang lain agar ongkos penyeberangannya lebih murah.

Sesampainya di Pantai Beras Basah kita akan disambut hamparan pasir putih dan juga rindangnya pohon-pohon kelapa dan menjadi lokasi berteduh para pengunjung untuk menghilangkan lelah setelah bermain pasir ataupun berjalan-jalan di pinggir pantai mencari kerang, ikan-ikan kecil dan juga bintang laut atau bulu babi. Dan juga pengunjung yang tidak membawa makanan seperti kami tidak perlu khawatir karena disini banyak makanan yang dijual dan harganya lumayan murah semisal nasi campur seporsi hanya Rp 20.000,- dan Bakso hanya Rp 15.000,- dan berikut beberapa hal yang patut dicoba di Pantai Beras Basah ini.

1. Bermain di Pasir Pantai

Asyiknya Liburan di Pantai Beras Basah Bontangfacebook.com

Bermain di pasir putih yang halus dan enak saat di injak. Di samping itu banyak pengunjung yang bermain Voli dan juga kejar-kejaran di pasir halus ini.

2. Berjalan-jalan di Pantai.

Asyiknya Liburan di Pantai Beras Basah Bontangfacebook.com

Berjalan-jalan di pantai yang sedang surut juga sangat menyenangkan namun perlu hati-hati karena banyak bekas kulit kerang dan juga kerang hidup yang kulitnya tajam dan jika tidak hati-hati kaki bisa terluka. Saat berjalan-jalan kita akan menjumpai banyak bintang laut dan juga bulu babi.

3. Menikmati Naik Banana Boat.

Asyiknya Liburan di Pantai Beras Basah Bontanghttp://travel.kompas.com

Menikmati naik Banana boat yang ditarik sebuah Speed-Boat juga bisa menjadi sebuah pilihan di samping menikmati Banana Goreng di pinggir pantai. Naik banana boatnya lebih seru jika dinaiki ramai-ramai

4. Snorkling Atau Sekedar Berenang.

Asyiknya Liburan di Pantai Beras Basah Bontanghttp://travel.kompas.com

Di pantai ini kita juga bisa snorkling atau sekedar berenang. Air di pantai ini sangat jernih dan jangan khawatir berenang di sini karena setelah berenang dan ingin mandi di sini disediakan kamar mandi namun airnya harus beli Rp 5.000,- untuk satu jerigen 5 L lumayan buat membersihkan garam yang melekat dibadan.

Bermain Air dan Duduk Dipantai

Asyiknya Liburan di Pantai Beras Basah Bontangfacebook.com

Sekedar duduk dipantai juga bisa menjadi pilihan menikmati terpaan ombak-ombak kecil yang datang menyapa. Bagaimana guys, kamu wajib coba deh kepantai Beras Basah ini!

Jansen Simanjuntak Photo Verified Writer Jansen Simanjuntak

Akan Selalu Ada Pelangi Sehabis Hujan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya