Comscore Tracker

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!

Pakai nomor antrian dan hindari membeli ikan di hari Senin

Berkunjung ke sebuah negara tak melulu melancong ke tempat terkenalnya saja, sebab saat bepergian bukan cuma koleksi foto yang bertambah tapi juga wawasan serta budaya masyarakat lokalnya. Itu yang akan membuat perjalanan jadi mengesankan, pengalaman terjun langsung mengamati aktivitas yang ada. 

Tempat yang paling sempurna untuk berinteraksi dengan orang lokal ialah pasar tradisional. Di pasar tradisional kita bisa memantau situasi masyarakat lokal sambil berbelanja stok kebutuhan selama liburan. 

Nah, kalau di Spanyol ini aturan unik saat berbelanja di pasar tradisionalnya.

1. Berkunjung di pagi hari 

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!unsplash.com/@tomasjolmes

Gak jauh beda dengan pasar tradisional yang ada di Indonesia, di Spanyol para pedagang menutup tokonya sebelum waktu makan siang. Jadi usahakan untuk bangun pagi untuk menikmati suasana pasar yang kondusif dan lengkap. 

2. Mengambil nomor antrian 

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!unsplash.com/@jordanmadrid

Jangan heran bila di pasar tradisional Spanyol kamu melihat antrian orang yang menunggu gilirannya berbelanja. Karena memang pada toko tertentu berlaku nomor antrian yang harus diambil pembeli sebelum berbelanja. Biasanya nomor antri ini berada di dekat tempat minum yang tersedia di setiap sudut toko.  

3. Membeli barang yang sedang musim 

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!unsplash.com/@anniespratt

Untuk mendapatkan jenis buah dan sayuran yang terbaik, jangan sungkan bertanya apa musim yang tengah berlangsung. Para penjual biasanya dengan ramah akan memberi tahu jenis buah dan sayur yang sedang dalam puncak panen, selain mendapat kualitas yang bagus harganya juga lebih murah dari jenis lain yang tidak sedang musim panen. 

4. Menggunakan satuan kilo 

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!unsplash.com/@mauveine

Tidak seperti kebanyakan negara Uni Eropa yang menggunakan satuan pound, di Spanyol masyarakat lokalnya menggunakan satuan kilogram. Takaran 1 kilogram setara dengan 2,2 pound. Kamu bisa membeli dalam satuan 1,2 kilogram, 1 kilogram, dan kelipatan seterusnya.

5. Pelajari kosa kata sederhana 

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!unsplash.com/@shargy

Sebagai bentuk etika yang baik, turis sebaiknya mempelajari sedikit kosa kata sederhana agar pedagang juga dapat bersikap ramah kepada kita. Karena jika terlalu 'asing' turis bisa diberi harga jual yang tinggi dan gak masuk akal.

Sebelum berbelanja pahami kalimat ungkapan seperti, "hola" yang berarti halo, "gracias" yang berarti terima kasih, atau "que me recomiendas" yang berarti apa yang anda sarankan untuk saya.

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Dilakukan Turis Asing Saat Liburan ke Indonesia

6. Jangan membeli ikan di hari Senin 

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!unsplash.com/@garybpt

Nah, untuk hal yang sebaiknya tidak dilakukan dimulai dari jangan membeli ikan di hari Senin. Kebanyakan penjual ikan di pasar tradisional Spanyol tidak pergi berlayar di hari Minggu, sehingga barang yang dijual keesokan harinya kemungkinan besar kurang segar dibanding hari yang lain. 

7. Jangan lupa membeli keju dan ham 

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!unsplash.com/@nickkarvounis

Ini juga larangan yang sangat rugi bila tidak diketahui, tak lain adalah jangan lupa membeli keju dan ham. Mengapa begitu? Karena harga keju dan ham di pasar tradisional Spanyol sangat murah. Kamu gak akan menemukan harga semurah di Spanyol, apalagi daging jamon khasnya yang mendunia. 

8. Jangan mengambil foto tanpa izin 

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!unsplash.com/@thaian_99

Meskipun pedagangnya cukup ramah namun hindari mengambil foto tanpa izin. Jika ingin mengabadikan momen kalian selama berbelanja di pasar tradisional Spanyol, gunakan kamera ponsel saja. Dan jika ingin lebih detail menjepret pedagang dan tokonya, usahakan untuk meminta izin terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

9. Jangan mengambil barang sendiri 

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!unsplash.com/@jblesly

Selain disiplin secara antrian kamu juga harus paham bahwa kebanyakan pedagang di pasar tradisional Spanyol akan melayani pembelinya secara penuh. Jangan mengambil barang sendiri sebab tindakan itu dapat membuat pedagang merasa tersinggung bahkan marah karena salah paham. 

10. Tidak membeli buah tangan 

10 Aturan Unik Saat Belanja di Pasar Tradisional Spanyol, Ketahui Ya!unsplash.com/@danfreemanphoto

Bukan larangan atau hal yang tidak boleh dilakukan, namun poin terakhir lebih mengarah kepada anjuran. Yaitu tentang jangan sampai melewatkan kesempatan untuk membeli buah tangan.

Di pasar tradisional Spanyol semua hal bisa kamu temukan dan dijual dengan harga yang murah! Ini merupakan surganya para pencinta belanja sebab dompetmu gak akan bolong meskipun banyak membeli banyak barang. 

Itu tadi beberapa aturan unik yang sebaiknya kamu ketahui sebelum mengunjungi pasar tradisional di Spanyol. Kalau pandemi COVID-19 ini sudah berakhir, rencana liburanmu ke Spanyol bisa dilanjutkan dan mencoba tips-tips di atas sendiri secara langsung!

Baca Juga: 10 Wisata Indah yang Bikin Pengin Segera Liburan, Kebelet Banget!

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya