Comscore Tracker

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!

Panorama alamnya bisa menghipnotismu 

Lumajang menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang cukup menarik untuk dikunjungi. Mengekplorasi setiap sudut wilayahnya akan membuatmu menemukan surga-surga tersembunyi.

Salah satu destinasi wisata alam di Lumajang yang patut dikunjungi adalah Air Terjun Kapas Biru yang punya ketinggian air terjun 100 meter. Lokasinya pun tidak terlalu jauh. Bisa kamu tempuh dari Lumajang maupun Kota Malang, serta ada penanda yang cukup besar sehingga mudah ditemukan.

Jika kamu penasaran dengan keindahan dari Air Terjun Kapas Biru, berikut sepuluh potret kemegahan dari air terjun tersebut. Wajib masuk bucket list dari perjalananmu, lho!

1. Air terjun Kapas Biru atau biasa disebut Coban Kapas Biru dibuka untuk umum pertama kali pada tahun 2015, lho. Tingginya sendiri diperkirakan mencapai 100 meter 

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!keindahan Air Terjun Kapas Biru, Lumajang (commons.m.wikimedia.org/nurhadi)

2. Lokasinya berada di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Sekitar 48 km dari pusat Kota Lumajang atau 70 km dari pusat Kota Malang

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!keindahan Air Terjun Kapas Biru, Lumajang (commons.m.wikimedia.org/Lutfi adn)

3. Air terjun tersebut dikelilingi oleh tebing-tebing yang cukup tinggi dengan bebatuan cokelat agak kemerahan. Uniknya lagi, tebing-tebing tersebut diselimuti oleh lumut 

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!keindahan Air Terjun Kapas Biru, Lumajang (commons.m.wikimedia.org/irfnrmdhan)

4. Tiket masuknya sendiri cukup murah. Kamu perlu membayar Rp10.000 untuk masuk ke kawasan wisata. Untuk biaya parkir, cukup bayar Rp5.000 per motor dan Rp10.000 per mobil

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!keindahan Air Terjun Kapas Biru, Lumajang (unsplash.com/Arkana Bilal)

5. Di kawasan wisata Air Terjun Kapas Biru sudah tersedia fasilitas yang lengkap mulai dari parkir, kamar mandi, tempat ibadah, warung makan, dan beberapa spot untuk istirahat

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!keindahan Air Terjun Kapas Biru, Lumajang (pexels.com/Asep Abdulrahman)

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Dampar, Tempat Asik Menikmati Ikan Bakar di Lumajang

6. Dari tempat parkir, kamu masih harus berjalan untuk sampai ke air terjunnya. Rutenya sangat menantang, namun cukup menyenangkan. Bakal puas mengeksplorasi deh!

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!keindahan Air Terjun Kapas Biru, Lumajang (unsplash.com/Frans Aldio)

7. Soal keindahan di sana, kamu gak usah khawatir. Air Terjun Kapas Biru punya tempat yang luar biasa kerennya dengan spot menarik yang bisa kamu abadikan

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!keindahan Air Terjun Kapas Biru, Lumajang (unsplash.com/arditoryan)

8. Namun perlu diperhatikan, ya. Air Terjun Kapas Biru punya debit air yang cukup banyak sehingga akan sangat berbahaya jika kamu bermain langsung di bawahnya

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!keindahan Air Terjun Kapas Biru, Lumajang (pexels.com/Movoyagee)

9. Sebagai gantinya, kamu bisa bermain di beberapa aliran sungai yang berada di sana. Dijamin gak kalah menyenangkan juga, lho. Wajib coba! 

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!keindahan Air Terjun Kapas Biru, Lumajang (instagram.com/ari_purwantoro)

10. Waktu yang tepat untuk datang ke sana adalah musim kemarau. Kamu juga bisa datang saat musim hujan, namun hindari datang saat hujan turun demi keselamatan

10 Keindahan Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Bak Negeri Dongeng!keindahan Air Terjun Kapas Biru, Lumajang (instagram.com/hendriwlsss)

Air terjun Kapas Biru layaknya air terjun di negeri dongeng yang menawan. Tempatnya yang masih asri dengan pepohonan hijau menambah kesan cantik saat berada di sana. Suara air ditambah kicauan burung bagaikan nyanyian alam yang romantis. Bikin adem dan tenang.

Baca Juga: 10 Wisata di Lumajang untuk Liburan yang Berkesan

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya