Comscore Tracker

Pesona Desa Wisata Lerep di Lereng Gunung Ungaran yang Memikat

Wisata alam dan tradisinya menunggu untuk dieksplorasi

Desa Wisata Lerep merupakan sebuah desa yang ada di Semarang dengan keindahan alam yang menakjubkan. Tak hanya alamnya saja, kamu juga bisa berwisata budaya karena banyak tradisi yang masih dijaga.

Desa Wisata Lerep juga menyediakan wisata Edu-Ecotour di mana para wisatawan akan diajak untuk bercocok tanam atau berternak. Selain itu, kamu juga bisa belajar untuk mengelola susu sapi, kopi, dan lain sebagainya.

Desa Wisata Lerep sangat cocok kamu kunjungi bareng keluarga karena di sini juga banyak sarana edukasi untuk anak-anak. Nah, jika kamu tertarik untuk pergi ke Desa Lerep, berikut adalah beberapa informasi yang bisa kamu baca terlebih dahulu sebelum mengunjunginya.

1. Sekilas tentang Desa Wisata Lerep 

Pesona Desa Wisata Lerep di Lereng Gunung Ungaran yang MemikatDesa Wisata Lerep (instagram.com/jadesta.official)

Dilansir dari situs kemenparekraf, Desa Wisata Lerep ditetapkan sebagai desa wisata pada tahun 2015.

Awalnya Desa Wisata Lerep dikelola oleh Pokarwis Rukun Santosa. Kemudian di tahun 2017, pengelolahan Desa Wisata Lerep dialihkan ke Badan Usaha Milik Desa. Berkat kreativitas dari para kaum mudanya yang ada di sana, kini Desa Lerep menjadi sangat terkenal, lho.

Desa Wisata Lerep diubah menjadi desa menarik dengan Mengusung konsep wisata edukasi yang mampu menambah pengetahuan untuk wisatawan yang datang. Ditambah dengan alam yang indah dengan udara yang sejuk dan suasana yang damai, Desa wisata Lerep memang pantas dijadikan tujuan wisata baik secara individual maupun rombongan.

2. Lokasi lengkap Desa Wisata Lerep 

Pesona Desa Wisata Lerep di Lereng Gunung Ungaran yang MemikatWatu Gunung Desa Wisata Lerep (instagram.com/achmad_noer_cholis)

Desa Wisata Lerep berada di kaki Gunung Ungaran, tepatnya berada di Kecamatan Ungaran Barat, Semarang. Nama Ungaran mungkin tak asing bagi kalian yang menyukai dunia traveling maupun hiking. Ya, Gunung Ungaran memang sangat menarik untuk dijelajahi keindahannya.

Berada di kaki gunung membuat udara Desa Lerep masih sangat sejuk dan adem. Tak akan rugi jika kamu traveling ke tempat ini.

Baca Juga: 5 Tempat Belanja Batik di Semarang, Banyak Pilihan Motif dan Model!

3. Rute menuju ke Desa Wisata Lerep 

Pesona Desa Wisata Lerep di Lereng Gunung Ungaran yang MemikatDesa Wisata Lerep (instagram.com/prabandana_putra)

Jarak Desa Wisata Lerep dari Kota Semarang sekitar 24 km atau jika kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 45 menit perjalanan.

Dari Kota Semarang kamu harus menuju ke daerah Ungaran terlebih dahulu. Setelah sampai Ungaran, kamu bisa memulai perjalanan dari Ungaran Public Square kemudian masuk ke Jalan Kaligarang. Ikuti jalan tersebut hingga bertemu dengan tempat wisata Watu Gunung. Lurus sedikit saja sampai Gereja Lerep.

Sampai di Gereja Lerep, belok kiri lurus saja. Lokasi dari Desa Wisata Lerep tidak jauh dari tempat tersebut, kok. Kamu bisa memanfaatkan Google Maps ataupun bertanya warga sekitar untuk lebih jelasnya.

4. Fasilitas dan biaya untuk memasuki Desa Wisata Lerep 

Pesona Desa Wisata Lerep di Lereng Gunung Ungaran yang MemikatDesa Wisata Lerep (instagram.com/prabandana_putra)

Menurut laman Jejaring Desa Pariwisata atau Jadesta, Desa Wisata Lerep sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari tempat parkir, ATM Center, tempat makan, tempat ibadah, penginapan, dan juga tempat berburu oleh-oleh sudah tersedia lengkap.

Untuk biaya masuk tergantung dari wisata apa yang akan kamu kunjungi saat berada di Desa Wisata Lerep tersebut. Terdapat banyak tempat yang menarik mulai dari air terjun dan tempat berburu kuliner. Gimana, unik kan?

5. Hal menarik di Desa Wisata Lerep 

Pesona Desa Wisata Lerep di Lereng Gunung Ungaran yang MemikatCurug Indrokilo Desa Wisata Lerep (instagram.com/bayu_anggara_daniel)

Desa Wisata Lerep menjadi salah satu destinasi unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Semarang. Ada banyak hal-hal menarik yang ada di desa wisata ini, antara lain:

1. Liburan sambil belajar

Ada banyak aktivitas alam yang bisa kamu lakukan di Desa Wisata Lerep. Kamu bisa ikut bercocok tanam, memerah susu sapi, membuat permen, membuat keripik, dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut masuk dalam satu paket tour yang biasanya ditawarkan.

2. Menikmati keindahan alam

Selain wisata sambil belajar, kamu bisa melakukan kegiatan lainnya seperti menikmati keindahan alam di Air Terjun Indrokilo atau berenang di Watu Gunung yang ada di dalam Desa Wisata Lerep.

3. Menikmati kuliner dan berfoto

Diubahnya Desa Lerep menjadi desa wisata tentu memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian warga sekitar. Sebab kamu bisa mencicipi makanan khas yang dijual oleh penduduk setempat. beragam penjual makanan khas wilayah tersebut.

Desa Wisata Lerep memang sangat indah dan unik. Destinasi wisata ini cocok kamu kunjungi bareng keluarga tercinta. Jika ke Semarang, jangan lupa mampir, ya!

Baca Juga: 10 Pesona Sunrise Hill Gedong Songo, Destinasi Cantik di Semarang

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya