Comscore Tracker

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi 

Sempat ditutup ketika Gunung Merapi meletus

Berbicara keindahan alam Yogyakarta memang gak akan pernah ada habisnya. Selain menjadi tujuan wisata budaya, Kota Pelajar juga menyimpan banyaknya keindahan alam yang harus kamu jelajahi keunikannya.

Plunyon Kalikuning menjadi salah satu di antara banyaknya wisata alam yang dimiliki oleh Yogyakarta. Dulunya, tempat ini sangat populer di kalangan para traveler. Namun setelah letusan Gunung Merapi, tempat ini akhirnya harus ditutup untuk umum.

Kini, Plunyon Kalikuning sudah dibuka kembali dengan keindahan yang berbeda dari wajahnya dulu. Berikut sebelas keindahan Plunyon Kalikuning yang wajib kamu datangi saat berada di Yogyakarta.

1. Plunyon Kalikuning merupakan bekas wisata yang harus tutup karena letusan Gunug Merapi. Namun, kini tempat tersebut sudah dibuka kembali

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Keindahan Plunyon Kalikuning (instagram.com/muchmarco)

2. Lokasi dari wisata alam ini berada di Desa Umbulharjo, tepatnya di Kecamatan Sleman, Kaliurang Timur, Kabupaten Yogyakarta

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Keindahan Plunyon Kalikuning (instagram.com/dhian_hardjodisastro)

3. Jarak dari Yogyakarta sekitar 24 kilometer, atau butuh waktu tempuh sekitar satu jam dengan rute langsung mengarah ke Jalan Kaliurang

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Gowes di kawasan Plunyon Kalikuning (instagram.com/rommydhano)

4. Udara di sekitar wisata ini sangat sejuk. Kamu bakal disuguhi pemandangan alam dengan kontur perbukitan hijau

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Sejuknya kawasan di Plunyon Kalikuning (instagram.com/johanis249)

5. Plunyon Kalikuning dikelola oleh pihak Taman Nasional Gunung Merapi dan menjadi tujuan wisata favorit saat tur ke Yogyakarta

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Salah satu spot di kawasan Plunyon Kalikuning (instagram.com/andri.jeepmerapi)

Baca Juga: 10 Objek Wisata Yogyakarta Paling Hits Tahun 2022, Wajib Mampir! 

6. Ada jembatan gantung yang harus kamu coba. Jembatan tersebut menghubungkan satu pohon dengan pohon lainnya, lho!

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Jembatan gantung di Plunyon Kalikuning (instagram.com/romelmela)

7. Selain jembatan, ada banyak spot foto estetik yang bisa kamu manfaatkan untuk berfoto. Feeds Instagram bakal makin menawan, deh

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Spot foto di Plunyon Kalikuning (instagram.com/ikahanifah)

8. Fasilitas yang ada di Plunyon Kalikuning cukup lengkap, bahkan pihak pengelola masih berusaha menambah agar pengunjung makin nyaman

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Spot foto di Plunyon Kalikuning (instagram.com/bukan.aji__)

9. Kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan di sana, seperti camping, bersepeda, fotografi, atau sekadar jalan menikmati udara sejuk

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Kegiatan camping di kawasan Plunyon Kalikuning Jogjakarta (instagram.com/kalikuning_plunyon)

10. Selain tempatnya yang mudah dijangkau, tiket masuknya juga terbilang murah. Cukup dengan Rp10 ribu, kamu sudah bisa menelusuri Plunyon Kalikuning

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Obyek wisata Plunyon Kalikuning Jogjakarta (instagram.com/nuristiii)

11. Dengan satu tiket, kamu bisa mengeksplor tiga wisata yang ada di Taman Nasional Gunung Merapi, yaitu Plunyon Kalikuning, Kali Kuning, dan Kali Talang

11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi Kawasan wisata Plunyon Kalikuning Jogjakarta (instagram.com/wihandr)

Yogyakarta memang sangat unik. Ada banyak tempat indah yang belum banyak di ketahui. Keindahan alam dari tempat-tempat tersebut bahkan gak kalah indah dari tempat wisata yang sudah populer di Yogyakarta, lho.

Baca Juga: Wisata Bukit Turgo Yogyakarta: Info Lokasi, Rute, dan Tips

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya