Comscore Tracker

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur, Wajib Kamu Eksplor!

Jadi habitat beberapa tumbuhan dan satwa endemik 

Taman nasional merupakan tempat yang dilindungi oleh pemerintah. Tempat ini biasanya untuk menjaga beberapa ekosistem agar tidak terjadi kepunahan. Ekosistem tersebut bisa berupa tumbuhan atau hewan.

Di Indonesia, khususnya di Jawa Timur, terdapat banyak tempat yang difungsikan sebagai taman nasional. Bukan berarti kita tidak boleh datang ke tempat tersebut. Selama berada di sana, kita diwajibkan untuk ikut menjaga apa yang ada di taman nasional tersebut.

Beberapa taman nasional yang ada di Jawa Timur ini bisa kamu jadikan tujuan wisata. Apalagi, jika kamu memang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan suasana terbuka.

Pesonanya sungguh eksotis, berikut beberapa taman nasional terbaik di Jawa Timur yang wajib kamu eksplorasi keindahannya. Dijamin bikin betah!

1. Taman Nasional Baluran 

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur, Wajib Kamu Eksplor!Taman Nasional Baluran (instagram.com/bayupanjifirmansyah)

Jika ke Situbondo, jangan lupa untuk menyempatkan ke Taman Nasional Baluran. Lokasinya berada di Perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. Luasnya sekitar 20 ribu meter persegi.

Taman Nasional Baluran sangat unik. Di kawasan tersebut terdapat beberapa tipe vegetasi sabana. Selain itu, terdapat pula vegetasi hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan, dan hutan rawa.

Nama taman tersebut diambil dari sebuah gunung yang ada di dalam kawasan taman nasional, yaitu Gunung Baluran. Uniknya lagi, taman nasional yang ada di wilayah Banyuputih Situbondo ini juga mendapat julukan sebagai Afrika Van Java, lho.

Julukan tersebut didapatkan karena alamnya yang mirip dengan Benua Afrika. Saat memutuskan untuk mampir ke taman nasional ini, jangan lupa untuk mendatangi beberapa pantai unik yang ada di sana, ya.

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru 

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur, Wajib Kamu Eksplor!Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (instagram.com/misbahafef27)

Siapa yang gak tahu Gunung Bromo atau Semeru? Gunung ini dapat diakses dari tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, dan Lumajang. Gunung Bromo dan Gunung Semeru masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Luasnya sekitar 500.000 meter persegi dengan kekayaan flora dan fauna yang luar biasa. Untuk floranya sendiri banyak terdapat pepohonan dan tumbuhan yang sudah berusia ratusan tahun, seperti cemara gunung, jamuju, dan edelweis.

Untuk fauna di sana ada luwak, macan tutul, elang, ayam hutan merah, kijang, belibis, dan lain sebagainya. Selain itu, Gunung Bromo dan Gunung Semeru dijadikan sebagai tempat pendakian oleh sebagian besar pendaki karena alamnya yang memikat hati.

Jika ingin menikmati suasana di Gunung Bromo atau Gunung Semeru, kamu bisa datang ke sana. Untuk tiketnya harus reservasi melalui online. Patikan untuk segera memesannya agar tidak kehabisan kuota, apalagi jika ingin ke Semeru.

3. Taman Nasional Alas Purwo 

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur, Wajib Kamu Eksplor!Taman Nasional Alas Purwo (instagram.com/adityagusetyawan)

Beberapa akhir ini, nama Alas Purwo memang kerap dibicarakan. Bukan hanya karena keindahannya, tetapi juga keangkerannya. Alas atau hutan ini berada di Kabupaten Banyuwangi. Posisinya berada di ujung timur dan selatan Banyuwangi.

Taman seluas 43.000 hektare ini ditetapkan sebagai taman nasional pada 1992 oleh Menteri Kehutanan. Memiliki beberapa jenis hutan, antara lain hutan bambu, hutan pantai, hutan bakau, dan hutan alam, Alas Purwo wajib untuk dijelajahi.

Taman Nasional Alas Purwo merupakan tempat diadakannya ritual Pagerwesi untuk umat Hindu, lho. Di dalam hutan terdapat Pura Luhur Giri Salaka yang indah.

Kamu juga bisa mengunjungi beberapa pantai di kawasan taman nasional tersebut. Setidaknya ada banyak pantai indah yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Baca Juga: 10 Harga Tiket Masuk Taman Nasional Dunia, Berapa ya?

4. Taman Nasional Meru Betiri 

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur, Wajib Kamu Eksplor!Taman Nasional Meru Betiri (instagram.com/rizalulala)

Taman Nasional Meru Betiri berada di Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Luasnya sekitar 52.000 hektare dengan beragam ekosistem, antara lain hutan pantai, hutan payau, hutan hujan tropika, hutan rawan, dan hutan reofit.

Ada sekitar 500 jenis tumbuhan yang bisa dijumpai di sana. Tak hanya tumbuhannya saja, ada lebih dari 300 jenis satwa, mulai dari mamalia, reptil, burung, serangga, dan lain sebagainya. Nah, untuk tumbuhan endemik yang ada di sana adalah Bunga Padmosari.

Selain tumbuhannya, ada juga satwa endemiknya, seperti kijang, macan tutul banteng, merak, elang jawa, dan lain sebagainya.  Menariknya lagi, terdapat beberapa pantai yang indah di sana.

Salah satu pantai yang tak pernah sepi oleh pengunjung adalah Pantai Sukamade. Pantai tersebut berfungsi sebagai konservasi penyu. Kamu juga bisa mengikuti kegiatan melepas bayi penyu yang kerap kali dilakukan untuk menarik para wisatawan.

5. Kebun Raya Puwodadi 

5 Taman Nasional Terbaik di Jawa Timur, Wajib Kamu Eksplor!Kebun Raya Purwodadi (instagram.com/yuliawijayantii)

Kebun Raya Purwodadi memang bukan sebagai taman nasional. Namun, sebagai tambahan saja, tempat ini juga cocok kamu jadikan tujuan wisata baik sendiri, ataupun dengan keluarga, lho. Lokasinya ada di wilayah Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

Kawasan yang berada di jalur utama Malang Pasuruan ini luasnya 85 hektare. Kebun ini memiliki sekitar 157 jenis polong-polongan dari 70 marga yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Di sana juga terdapat sekitar 2.000 lebih spesies anggrek yang terbagi atas 300-an jenis dari 69 marga. Di antara anggrek-anggrek tersebut ada yang masuk sebagai tumbuhan endemik di Jawa Timur, seperti Anggrek Selop.

Kelima taman nasional di atas memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bertualang. Tak hanya itu, kamu juga bisa belajar banyak hal. Alamnya yang masih asri akan membuatmu makin betah. Tetap harus jaga kebersihan lingkungan, ya!

Baca Juga: 10 Potret Indah Taman Nasional Joshua Tree, Penuh Dengan Pohon Joshua

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya