Comscore Tracker

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!

Ada banyak tempat wisata menarik di Prabumulih

Prabumulih mungkin nama kota yang cukup asing buatmu. Namun, soal keindahan, Prabumulih tak mau kalah dengan kota lainnya di Sumatra Selatan. Prabumulih lebih dikenal dengan kota minyak, lho.

Lantas, bagaimana dengan keindahan tempat wisatanya? Nyatanya, Prabumulih mampu menyuguhkan beragam tempat wisata menarik yang bisa kamu jelajahi saat berada di sana.

Mulai dari kampung wisata hingga wisata alam yang ciamik, berikut sepuluh tempat wisata Prabumulih yang cocok masuk bucket list perjalananmu. Wajib datang!

1. Taman Kota Prabumulih 

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!Tugu Taman Kota Prabumulih (instagram.com/exploresemende)

Kita awali dengan tempat yang tak jauh dari pusat kota atau bahkan menjadi pusat dari Kota Prabumulih itu sendiri. Yap, Taman Kota Prabumulih jadi ikon andalan kota Prabumulih.

Biasanya saat sore hari, Taman Kota Prabumulih selalu ramai pengunjung. Mereka datang untuk sekadar berkumpul ataupun berolahraga. Kamu bisa menjelajah tiap sudut taman tersebut.

Taman yang sebelumnya adalah lapangan bola tersebut juga ramai saat hari Minggu. Pasalnya, Taman Kota Prabumulih menjadi pusat diadakannya car free day yang rutin dilakukan tiap minggunya.

2. Taman Wonosari 

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!Taman Wonosari Kota Prabumulih (facebook.com/Info Prabumulih)

Menjadi taman yang juga dijadikan tempat berkumpulnya warga Prabumulih, Taman Wonosari menyuguhkan suasana yang cukup berbeda namun tetap menyenangkan.

Bukan tanpa sebab, Taman Wonosari dibangun dengan arsitek cukup unik. Beberapa fasilitas juga ada di sana, seperti lintasan jogging, tempat bermain anak, taman bunga, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, di Taman Wonosari juga dibangun gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai. Serunya lagi, Taman Wonosari tidak memungut biaya untuk masuk ke dalamnya.

3. Kampung Wisata Prabumulih 

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!Desa Wisata Prabumulih (facebook.com/Aisyah Prabumulih)

Tak lengkap jika mengunjungi Prabumulih tapi tidak mampir ke kampung wisatanya. Nah, salah satu destinasi di Prabumulih adalah Kampung Wisata Prabumulih di Desa Muara Dua.

Letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 7,5 km atau 16 menit perjalanan saja dengan kendaraan pribadi. Uniknya, ada beragam fasilitas di sana yang bisa kamu nikmati.

Ada waterboom mini dengan fasilitas waterpark sederhana dan kolam renang serta taman rekreasi lainnya yang berada dalam satu wilayah. Dengan mudah kamu bisa mengeksplornya.

Di Kampung Wisata Prabumulih terdapat bangkai pesawat dari Kartika Airlines yang bisa jadi background foto ciamik. Buat liburanmu makin berkesan di sana.

4. Kolam Biru 

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!Kolam Biru Desa Muara Sungai, Prabumulih (facebook.com/Aditya Yogi Syahputra)

Melipir ke Kecamatan Cambai, Prabumulih, terdapat satu spot menarik yang wajib didatangi. Kolam Biru menjadi salah satu wisata alam yang dimiliki Prabumulih itu sendiri.

Berada di tengah perkebunan karet, Kolam Biru yang merupakan kolam alami ini cukup menarik perhatian para wisatawan. Airnya sangat jerih dengan warna kebiruan memang memesona.

Tips jika kamu ingin mengunjungi Kolam Biru adalah datang saat cuaca cerah. Pantulan sinar matahari akan membuat Kolam Biru makin memikat karena keindahannya yang luar biasa.

5. Pantai Pasir Payuputat 

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!Pantai Pasir Payuputat yang terbentuk dari aliran Sungai Lematang (instagram.com/bedi_prabu)

Di bayanganmu, pantai selalu dipenuhi deru ombak yang indah. Buang jauh bayangan tersebut, karena Pantai Pasir Payuputat ini terbilang cukup unik, lho.

Bukan seperti pantai yang kamu bayangkan, Pantai Pasir Payuputat merupakan pantai yang terbentuk dari aliran Sungai Lematang. Alamnya masih asri dan cukup memikat hati.

Menjadi satu-satunya wisata pantai di Prabumulih, tempat ini menyajikan suasana yang cukup khas. Alam, keunikan, dan suasananya menyatu, sehingga membuat wisatawan yang datang betah berlama-lama.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Prabumulih yang Menggugah Selera, Bikin Cepat Lapar!

6. Wisata Danau Bujoan

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!Wisata Danau Bujoan Prabumulih (instagram.com/indahmisdar)

Sudah cukup bermain di pantai, saatnya melipir ke tempat selanjutnya, Danau Bujoan. Wisata ini berada di Desa Karang Bindu, Rambang Kapak Tengah dengan jarak 24 km dari pusat kota.

Danau Bujoan adalah danau buatan yang sejak 2020 dikembangkan dengan baik oleh BUMD setempat. Danau yang dulunya hanya sebuah danau biasa ini kini menjelma menjadi salah satu tempat yang cukup istimewa.

Penambahan beragam fasilitas selalu dilakukan untuk membuat wisatawan yang datang merasa nyaman. Kini tempat tersebut menjadi salah satu destinasi yang wajib didatangi saat mengunjungi Prabumulih.

7. Caroline Island 

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!Caroline Island Water Boom Prabumulih (instagram.com/vya_angga)

Jika kamu ingin berwisata air yang cukup lengkap saat ke Prabumulih, maka Caroline Island bisa jadi tujuan liburan selanjutnya. Tempat ini merupakan wisata air terbesar di Prabumulih.

Banyaknya wahana dan lengkapnya fasilitas di Caroline Island menjadi poin penting yang bisa kamu pertimbangkan. Luasnya tempat parkir, kuliner, dan beragam permainan air sudah tersedia di sana.

Untuk biaya masuknya sekitar Rp40 ribu. Caroline Island dibuka dari pukul 08.00-17.00 waktu setempat. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung yang mengajak keluarga untuk berlibur.

8. Monumen Patung Kuda 

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!Tugu Patung Kuda Prabumulih (instagram.com/yoga24652)

Setiap kota memiliki ikon untuk dikenal masyarakat luas, tak terkecuali Kota Prabumulih. Salah satu ikon kota tersebut adalah Monumen Patung Kuda.

Monumen tersebut tampak indah di malam hari. Warna-warni lampu melengkapi keindahan tersebut. Monumen Patung Kuda yang diresmikan pada 2015 ini melambangkan semangat dan kekuatan yang tak kenal lelah.

Biasanya, para wisatawan yang datang ke Prabumulih akan berhenti sejenak dan berfoto di monumen tersebut. Atau, mereka akan datang dan menghabiskan malam di sana sambil bersantai.

9. Lubuk Mas Rambang River 

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!Camp Ground Lubuk Mas Rambang River (maps.google.com/Nurseman Hidayat)

Melakukan kegiatan outdoor memang menyenangkan, apalagi sambil menikmati suasananya yang tenang dan damai. Di Prabumulih, jika kamu ingin berkemah, maka datanglah ke Lubuk Mas Rambang River.

Tempatnya berada di tengah hutan tropis yang masih alami. Kamu tak perlu capek mendaki gunung. Bawa peralatan lengkap jika ingin datang, jangan lupa bawa jaket serta krim antinyamuk.

10. Desa Sindur 

10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Cocok buat Liburan, Seru Banget!Perhelatan kebudayaan di Desa Sindur Prabumulih (twitter.com/Astra Honda Care)

Jadi salah satu desa wisata di Prabumulih, Desa Sindur memberikan pengalaman yang cukup menarik untuk wisatawan yang datang. Kamu bisa berwisata edukasi di desa tersebut.

Desa Sindur masih menjaga ketat tradisi serta kebudayaan Prabumulih. Budaya-budaya yang cukup kental masih dilestarikan sedemikian rupa. Tentu menjadi sebuah kebanggaan yang wajib di apresiasi.

Selain unsur budaya yang menjadi daya tarik, panorama di desa tersebut juga gak mau kalah. Tempatnya yang cukup damai dan tenang akan membuatmu betah di sana.

Berbicara tentang Prabumulih, Sumatra Selatan memang tak akan ada habisnya. Kota dengan beragam tempat wisata dan sumber minyak serta gas bumi ini sangat menarik untuk dijelajahi. Gimana, sudah siap untuk liburan ke Prabumulih?

Baca Juga: 7 Wisata Hidden Gems Bali Timur, Gak Hanya Wisata Pantai!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya