Comscore Tracker

7 Jalur Kereta Api dengan View Paling Epik di Indonesia

Pemandangan yang indah bikin kamu gak bakalan bosan

Selain pesawat terbang, kereta api jadi andalan banyak orang saat harus menempuh perjalanan jauh. Kereta jelas bisa 'berlari' lebih cepat ketimbang mobil dan karena kita penumpangnya, kita gak perlu repot menyetir selama berjam-jam.

Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah menikmati perjalanan sambil menatap pemandangan di luar. Beruntungnya, banyak jalur kereta di Indonesia memiliki pemandangan yang indah. Mau tahu jalur mana saja? Yuk cari tahu sama-sama!

1. Jalur kereta api Argo Parahyangan

7 Jalur Kereta Api dengan View Paling Epik di Indonesiagambar kereta api Argo Parahyangan (instagram.com/suhardadiariefriyanto)

Buat warga Jabodetabek dan sering ke Bandung dengan menggunakan kereta, maka jalur ini pasti udah gak asing lagi buat kamu. Pasalnya jalur ini memang merupakan jalur kereta dengan tujuan Jakarta-Bandung dan sebaliknya.

Selama 3 jam perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan berupa pegunungan, lembah, perkebunan, persawahan, hingga melewati jembatan Cikubang yang terkenal itu. Jalur ini sendiri dibuka pada tahun 2010 lalu dan konon merupakan jalur kereta api terindah di Indonesia.

2. Jalur kereta api Argo Anggrek Pagi 

7 Jalur Kereta Api dengan View Paling Epik di Indonesiagambar jalur kereta api Argo Anggrek Pagi (instagram.com/fadly_trainphoto)

Dari jalur Jakarta-Bandung, sekarang kita beralih ke jalur menuju Jakarta-Pasar Turi Surabaya dengan menggunakan kereta api Argo Anggrek Pagi. Jarak yang jauh antara dua kota membuat perjalanan ini memakan waktu selama 11 jam.

Tenang, tenang! Meski perjalanannya lumayan panjang, tapi kamu gak bakalan bosan. Pasalnya selain disuguhi pemandangan berupa petak sawah, jalur kereta api Argo Anggrek Pagi juga melewati pesisir utara Jawa. Letak rel persis di pinggir pantai dengan lautan biru sebagai pemandangan utamanya.

3. Jalur kereta api Lodaya 

7 Jalur Kereta Api dengan View Paling Epik di Indonesiagambar jalur kereta api Lodaya (instagram.com/rizkybbr)

Kalau soal pemandangan, jalur kereta api Lodaya yang menghubungkan Bandung-Solo juga gak kalah cantiknya. Pemandangan pedesaan dan persawahan sih udah pasti keliatan, tapi view yang paling epik itu kalau sudah melewati Stasiun Lebak Jero.

Dari sana, jalur akan menanjak dan membuatmu bisa menikmati pemandangan dari ketinggian lebih dari 818 mdpl. Selain itu kamu juga akan melewati Stasiun Nagreg yang mendapat predikat sebagai stasiun tertinggi di Indonesia.

Baca Juga: 5 Jalur Kereta Api Paling Unik di Dunia, Ada yang Lewati Landasan Pacu

4. Jalur kereta wisata Ambarawa 

7 Jalur Kereta Api dengan View Paling Epik di Indonesiagambar jalur kereta wisata Ambarawa (instagram.com/andissari)

Kalau kamu pengin naik kereta dengan view memikat, tapi ogah duduk lama-lama, kereta wisata Ambarawa bisa jadi pilihannya. Kereta satu ini hanya beroperasi di hari weekend dan hari libur nasional.

Berangkat dari Museum Kereta Api di Ambarawa Semarang menuju Stasiun Tuntang, kamu akan diajak menikmati pemandangan pedesaan, persawahan, dan ladang perkebunan dengan vibe yang menenangkan. Oh ya karena yang mau naik kereta ini lumayan banyak, ada baiknya kalau kamu memesan tiket dari jauh-jauh hari, ya!

5. Jalur kereta api Malabar 

7 Jalur Kereta Api dengan View Paling Epik di Indonesiagambar jalur kereta api Malabar (instagram.com/slmanalfrisi_97)

Balik lagi ke Bandung, ada jalur kereta api Malabar yang akan mengantarmu menuju Malang melalui Kediri. Istimewanya dari jalur satu ini adalah kamu akan menyaksikan indahnya Gunung Sadakeling dari dekat.

Untuk bisa sampai ke Malang, jalur kereta api Malabar ini memang harus melewati wilayah pegunungan, termasuk Gunung Sadakeling. Udah kebayang dong gimana indahnya perjalanan kamu nanti? 

6. Jalur kereta api Prambanan Ekspress 

7 Jalur Kereta Api dengan View Paling Epik di Indonesiagambar jalur kereta api Prambanan Ekspress (instagram.com/kenny20145)

Jalur kereta api Prambanan Ekspress ini melayani perjalanan tiga kota yakni Yogyakarta, Solo, dan Kutoarjo. Kamu yang tinggal di salah satu kota ini mungkin sudah hafal sama kereta api Prambanan Ekspress, termasuk jalurnya yang memikat mata.

Jalur yang terkenal adalah jalur Jembatan Progo yang melintasi Sungai Progo. Ketika pagi tiba, pemandangan di area Jembatan ini akan terlihat semakin cantik dengan cahaya matahari dan pepohonan hijau di salah satu sisi jalur.

7. Jalur kereta api Danau Singkarak   

7 Jalur Kereta Api dengan View Paling Epik di Indonesiagambar jalur kereta api Danau Singkarak (instagram.com/rusen_ilmw | keretaanakbangsa)

Gak mau kalah dari Pulau Jawa, jalur kereta api Danau Singkarak di Sumatera Barat juga punya pemandangan yang gak kalah ciamik. Kereta api ini melayani perjalanan Solok-Sawahlunto-Batubata dengan waktu tempuh 3 jam.

Sesuai dengan namanya, sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Danau Singkarak yang apik banget. Sama seperti kereta wisata Ambarawa, kereta api Danau Singkarak ini hanya melayani perjalanan di akhir pekan dengan kuota terbatas. 

Perjalanan panjang kadang membosankan. Tapi kamu gak akan bosan kalau perjalanannya menggunakan kereta api di atas. Dengan jalur seindah itu, gak bakalan bikin bosan kan? 

 

Baca Juga: 6 Tips Naik Kereta Api Lokal bagi Pemula, Gak Perlu Bingung Lagi

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya