Comscore Tracker

7 Museum Paling Keren di Indonesia, Dijamin Gak Bikin Bosan!

Kata siapa main ke museum itu ngebosenin? 

Banyak yang enggan mengunjungi museum kecuali untuk tugas sekolah dan lebih memilih mall dan kafe-kafe hits sebagai tempat untuk menghabiskan waktu luang. Memang benar banyak museum yang menyuguhkan suasana yang membosankan.

Namun, saat ini sudah banyak berdiri museum yang keren di Indonesia. Meski banyak dari koleksi mereka berusia ribuan tahun, tapi museum ini memamerkannya dengan cara kekinian lho!

1. Museum of Modern and Contemporary Art In Nusantara (MACAN), Jakarta

7 Museum Paling Keren di Indonesia, Dijamin Gak Bikin Bosan!instagram.com/rutvialfiani

Museum MACAN memang dikenal memiliki banyak spot foto kece, tapi lebih dari itu museum ini juga merupakan museum bertaraf internasional dan memamerkan koleksi seniman dalam dan luar negeri seperti Andy Warhol, Yayoi Kusuma, hingga lukisan karya Raden Saleh.

Setiap minggu, museum MACAN juga menggelar diskusi seni yang melibatkan kritikus seni, artis ibu kota, juga masyarakat umum yang ingin ikut terlibat.

Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, buka Selasa-Minggu pukul 10.00-18.00.

2. Museum Angkut, Batu

7 Museum Paling Keren di Indonesia, Dijamin Gak Bikin Bosan!mldspot.com

Sesuai dengan namanya, museum ini memang memajang koleksi kendaraan atau angkutan dari mulai jadul seperti sado, di sini juga terdapat koleksi mobil-mobil hingga helikopter pertama milik Presiden Soekarno pun bisa kamu temukan di Museum Angkut.

Di sini juga tersedia banyak spot selfie dengan beragam tema mulai dari Hollywood sampai tema keren lainnya. Satu tips kalau mau jalan-jalan ke Museum Angkut, kamu wajib bawa teman buat motret kamu.

Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314, buka setiap hari pukul 12.00 - 20.00.

3. Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

7 Museum Paling Keren di Indonesia, Dijamin Gak Bikin Bosan!instagram.com/ullensentalu

Ullen Sentalu adalah museum pribadi, di museum ini kamu bisa melihat dan mempelajari budaya Jawa melalui artefak kunon dari kerajaan Jawa prasejarah hingga Kesultanan Yogyakarta.

Di sini terdapat gamelan, batik, surat, maupun foto masa lalu para bangsawan di tanah Jawa. Suasana di museum ini juga menyenangkan, dengan bangunan bergaya modern ditambah sentuhan tradisional plus dikelilingi taman rimbun yang memanjakan mata.

Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582, buka Selasa-Jumat pukul 08.30-16.00, Sabtu-Minggu pukul 08.30-17.00.

4. Rumah Batik Danar Hadi, Surakarta

7 Museum Paling Keren di Indonesia, Dijamin Gak Bikin Bosan!phinemo.com

Museum batik yang memamerkan karya batik dari ratusan tahun yang lalu sebelum masa penjajahan, selama masa penjajahan, hingga era sesudahnya. Kamu juga akan diberi kesempatan untuk mengenal berbagai jenis batik termasuk batik Kraton yang hanya digunakan oleh raja dan bangsawan Jawa. Jalan-jalan ke Rumah Batik Danar Hadi juga semakin menyenangkan karena kamu bisa membuat batik karyamu sendiri.

Alamat: Jl. Dr. Rajiman No.164, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57149, buka: setiap hari pukul 09.00-21.00.

Baca Juga: 6 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Museum Fatahillah, Gak Cuma Foto!

5. Agung Rai Museum of Art, Bali

7 Museum Paling Keren di Indonesia, Dijamin Gak Bikin Bosan!instagram.com/vafinaguzel

Kalau kamu penggemar lukisan dan punya rencana untuk menghabiskan liburan di Bali, datanglah ke Agung Rai Museum of Art yang berada di Ubud, Bali. Agung Rai Museum of Art adalah museum seni yang memamerkan lukisan dari tahun 1930 hingga lukisan dari pelukis Bali masa kini. Tidak hanya mencakup museum seni, tempat ini juga meliputi resor, restoran, hingga toko suvenir.

Alamat: Jl. Raya Pengosekan Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571, buka: setiap hari, 09.00-18.00.

6. Museum Neka, Bali

7 Museum Paling Keren di Indonesia, Dijamin Gak Bikin Bosan!instagram.com/cyrillegin

Museum Neka memamerkan karya seni yang berhubungan dengan Bali dan perkembangan seni di Bali sejak abad ke 19. Disini ada 300 lebih karya yang berasal dari berbagai era yang berbeda.

Alamat: Jalan Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571, buka: setiap hari, 09.00-17.00.

7. Museum Kata Andrea Hirata, Bangka Belitung

7 Museum Paling Keren di Indonesia, Dijamin Gak Bikin Bosan!instagram.com/anisamalia

Selain menerbitkan buku-buku best seller, Andrea Hirata juga mendirikan museum Kata di Belitong. Museum Kata sendiri merupakan museum sastra pertama yang ada di Indonesia. Di sini, kamu dapat membaca kutipan dan gambar-gambar yang berasal karakter dari karya Andrea Hirata.

Alamat: Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung 33516, buka: Senin sampai Sabtu, 09.30-17.00, khusus hari Minggu, 24 jam.

Gak semua museum membosankan, buktinya ketujuh tempat di atas berisi informasi dan karya menarik yang bisa menambah wawasan kamu.

Baca Juga: Tambah Wawasan, 5 Museum di Jawa Barat Ini Wajib Banget Dikunjungi 

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You