Comscore Tracker

7 Tempat Wisata Asia yang Disucikan, Candi Borobudur Salah Satunya!

Tempat ini disucikan karena juga dipakai sebagai tempat ibadah

Benua Asia menjadi salah satu benua yang paling menarik di dunia. Terdiri dari 48 negara, benua Asia terkenal akan alamnya yang indah, budaya yang beragam dan unik, juga segudang tempat wisata populer. Sebut saja Candi Borobudur di Indonesia atau Angkor Wat di Kamboja.

Tiga tempat di atas adalah tempat wisata yang sangat populer bukan hanya di kalangan orang Asia sendiri, tapi juga di negara-negara barat. Namun di balik popularitasnya yang meroket, siapa sangka kalau tempat-tempat wisata di atas nyatanya merupakan tempat yang dianggap sakral atau disucikan oleh penduduk setempat?

Dilansir Tripsavvy, berikut 7 tempat wisata Asia yang disucikan. Perlu izin khusus untuk memasukinya.

1. Angkor Wat, Kamboja 

7 Tempat Wisata Asia yang Disucikan, Candi Borobudur Salah Satunya!gambar Angkor Wat (pexels.com/Phuong Nguyen)

Dari Pagoda Shwedagon sekarang kita beralih ke Angkor Wat. Terletak di Kamboja, Angkor Wat adalah salah satu destinasi wisata paling populer saat ini.

Awalnya Angkor Wat difungsikan sebagai tempat untuk beribadah. Kuil ini dibangun oleh Raja Khmer Suryawarman II sekitar 900 tahun yang lalu sebagai tempat ibadah bagi agama Hindu. Namun sejak abad ke 12, diubah menjadi tempat peribadatan bagi umat Buddha.

Saat ini, kuil dengan lima menara ini sudah gak digunakan sebagai tempat ibadah, namun keberadaannya tetap penting bagi penduduk Kamboja.

 

2. Tiger's Nest, Bhutan 

7 Tempat Wisata Asia yang Disucikan, Candi Borobudur Salah Satunya!gambar Kuil Tiger's Nest (unsplash.com/Adli Wahid)

Meski namanya adalah Tiger's Nest, namun kamu gak perlu khawatir akan berhadapan dengan harimau di tempat ini. Tiger's Nest sendiri merupakan nama sebuah biara paling suci di Bhutan.

Menurut legenda yang dipercaya oleh penduduk setempat, pada abad ke 8, Guru Rinpoche datang ke tempat ini dengan menunggangi harimau. Di tempat ini jugalah ia mengalahkan iblis lalu bermeditasi selama 3 bulan.

Untuk mencapai biara Tiger's Nest, kamu memang harus sedikit berjuang. Pasalnya Tiger's Nest sendiri berada di ketinggian 900 meter di Lembah Paro. Cukup tinggi, ya!

 

3. Pagoda Shwedagon, Myanmar 

7 Tempat Wisata Asia yang Disucikan, Candi Borobudur Salah Satunya!gambar Pagoda Shwedagon (pexels.com/Zaw Win Htun)

Pagoda Shwedagon merupakan pagoda paling suci bagi para pemeluk agama Buddha di negara ini. Bukan hanya karena tingginya yang mencapai 98 meter, emas yang melapisinya, atau berlian yang menjadi mahkota utamanya; lebih dari itu, Pagoda Shwedagon juga menyimpan delapan helai Sidharta Gautama, pendiri agama Buddha.

Di tempat ini jugalah para biksu berdoa siang dan malam. Tenang saja, kamu yang bukan pemeluk agama Buddha tetap bisa datang untuk mengagumi arsitektur serta keindahan pagoda ini. Jadi, tertarik berkunjung?

Baca Juga: 5 Fakta Pagoda Batu Emas di Myanmar, Keajaiban Alam Melawan Gravitasi

4. Candi Borobudur, Indonesia 

7 Tempat Wisata Asia yang Disucikan, Candi Borobudur Salah Satunya!gambar Candi Borobudur (instagram.com/hanakrisna_)

Dibangun pada abad ke 9, Candi Borobudur hanya digunakan selama 50 tahun untuk peribadatan umat Buddha setempat sebelum akhirnya terkubur oleh abu letusan Gunung Merapi pada tahun 950 Masehi. Setelah seribu tahun 'tertidur', Candi Borobudur akhirnya digali kembali pada tahun 1814 oleh pemerintah Hindia Belanda.

Di sini, para pengunjung bisa menikmati kemegahan bangunan candi terbesar di dunia yang dikelilingi oleh hutan. Datanglah di pagi atau sore hari agar kamu bisa menyaksikan momen sunrise atau sunset.


5. Kuil Pashupatinath, Nepal 

7 Tempat Wisata Asia yang Disucikan, Candi Borobudur Salah Satunya!gambar Kuil Pashupatinath (pexels.com/Mehmet Turgut Kirkgoz)

Nepal merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali tempat wisata suci di Asia. Salah satu yang paling istimewa adalah Kuil Pashupatinath di ibukota Kathmandu. Kuil ini merupakan tempat peribadatan bagi umat Hindu dan dibangun untuk menghormati Dewa Siwa.

Kompleks kuil sendiri terdiri 235 kuil kecil yang juga digunakan sebagai tempat ibadah dan upacara kremasi. Sayangnya, kuil hanya terbuka bagi para pemeluk agama Hindu saja. Sedangkan turis yang beragama non Hindu bisa menyaksikan aktivitas di kuil dari seberang Sungai Bagmati yang juga dianggap sebagai sungai suci oleh penduduk Nepal.

 

6. Kuil Fushimi Inari, Jepang 

7 Tempat Wisata Asia yang Disucikan, Candi Borobudur Salah Satunya!gambar Fushimi Inari (pexels.com/Pixabay)

Kuil Fushimi Inari terletak di Kyoto dan merupakan salah satu tempat bersejarah sekaligus sakral di Jepang, terutama bagi mereka yang beragama shinto. Untuk menuju ke kuil ini, para pengunjung akan melewati seribu torii kayu (gerbang lengkung) spektakuler yang membawa mereka menuju kuil utama.

Bangunan kuil sendiri dibangun pada tahun 965 Masehi oleh Kaisar Mukarami dan biasanya paling ramai dikunjungi saat Tahun Baru tiba. Kabar baiknya, kuil ini menyambut ramah para turis yang hendak berkunjung. Pulangnya, kamu bisa membeli oleh-oleh beberapa suvenir berbentuk rubah yang menjadi maskot kuil ini.

7. Wat Phra Kaew, Thailand 

7 Tempat Wisata Asia yang Disucikan, Candi Borobudur Salah Satunya!gambar Wat Phra Kaew (id.m.wikipedia.org/Ninara)

Terletak di halaman Grand Palace Bangkok, Wat Phra Kaew jelas bukan kuil sembarangan. Selain menjadi tempat untuk beribadah, kuil ini juga menyimpan patung Phra Kaew Morakot, patung Buddha berwarna zamrud yang terbuat dari batu giok berusia 1.500 tahun.

Setiap tahunnya, patung Buddha ini akan diganti jubahnya sebanyak tiga kali yang disesuaikan dengan musim. Pengunjung diperbolehkan masuk dan melihat upacara pergantian jubah, namun dilarang menyentuh patung tersebut.

Orang Thailand percaya Patung Phra Kaew Morakot dapat membawa kemakmuran bagi rakyat serta negara dan satu-satunya orang yang boleh menyentuhnya selain para biksu adalah Raja Thailand yang sedang berkuasa.

Itu dia beberapa tempat wisata yang dikeramatkan di Asia. Mengingat mayoritas tempat wisata ini berfungsi sebagai tempat peribadatan, pastikan kamu mematuhi semua aturan dan selalu bersikap sopan. Hindari membuat kegaduhan karena itu akan mengganggu orang-orang sekitar yang sedang beribadah.

 

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Spektakuler di Thailand yang Memanjakan Mata!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya