Comscore Tracker

Deretan Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Dataran Tinggi Dieng

Dari kawah, candi, goa, hingga telaga, semuanya ada!

Dataran tinggi Dieng terletak di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Wonosobo. Kawasan ini merupakan kawasan vulkanik yang masih aktif yang terletak di sebelah barat gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Dataran tinggi Dieng memiliki ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, hal ini membuat kawasan ini memiliki suhu udara yang sangat dingin.

Di abad ke 7, dataran tinggi Dieng sering disebut sebagai gunung tempat persemayaman para dewa. Nama Dieng sendiri berasal dari penggabungan dua kata bahasa kawi, yakni "Di" yang artinya gunung, dan "Hyang" yang artinya dewa. Itulah alasan mengapa dataran tinggi Dieng disebut sebagai gunung tempat para dewa bersemayam.

Setiap tahunnya kawasan ini selalu ramai dikunjungi, apalagi karena memang Dieng Culture Festival selalu diadakan di tempat ini. Kalau kamu berkunjung ke dataran tinggi Dieng, jangan lupa untuk menjelajahi area di sekitar kawasan ini karena banyak sekali destinasi wisata menarik. Seperti beberapa destinasi wisata dataran tinggi Dieng berikut ini.

1. Kawah Sikidang

Deretan Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Dataran Tinggi Dienginstagram.com/purwadi_siswana

Kawah ini merupakan salah satu kawah yang ada di sekitar dataran tinggi Dieng, dan merupakan kawah yang sangat fenomenal karena kawahnya bisa berpindah-pindah seperti kidang atau kijang. Oleh karena itulah kawah ini diberi nama sikidang. Kijang adalah hewan yang gemar melompat berpindah-pindah. Kawah sikidang biasanya berpindah letaknya setiap empat tahun sekali. Menarik banget ya?

2. Kompleks Candi Dieng

Deretan Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Dataran Tinggi Dienginstagram.com/tiya_traveldiaries

Di dataran tinggi Dieng ternyata terdapat kompleks candi Hindu yang dibangun pada abad ke 7, kawasan ini sering disebut sebagai kompleks candi Dieng. Bangunan ini dipercaya berasal dari jaman kerajaan Kalingga, namun tidak diketahui secara pasti sejarah dari candi-candi tersebut. Namun sebuah prasasti yang ditemukan di dekat candi Arjuna mengungkapkan bahwa candi dieng sudah dihuni sejak pertengahan abad ke 7.

Kompleks candi Dieng memiliki luas area sekitar 152 hektar, dan dibagi menjadi tiga wilayah dan satu candi tunggal. Tiga wilayah di kompleks candi ini diberikan nama berdasarkan nama-nama tokoh di kisah Mahabharata, yakni kelompok Candi Arjuna, Gatotkaca, dan Dwarawati. Sedangkan satu candi tunggal diberi nama candi Bima. 

Baca Juga: [FOTO] Keindahan Kawah Sileri di Dataran Tinggi Dieng, Sudah Kesana?

3. Telaga Pengilon Dieng

Deretan Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Dataran Tinggi Diengpicluck.net/user/antohiking/1980142028

Telaga ini merupakan salah satu yang disebut telaga kembar yang ada di dataran tinggi Dieng. Uniknya nih telaga ini terbentuk dari kawah purba ribuan tahun yang lalu. Dinamakan Telaga Pengilon karena air dalam telaga ini sangat bening dan jernih.

Nama Pengilon sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang artinya cermin atau tempat untuk berkaca. Telaga Pengilon sendiri berlokasi di dalam Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Para pengunjung masih harus berjalan sejauh 300 meter dari pintu masuk, untuk mencapai telaga ini.

4. Telaga Warna

Deretan Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Dataran Tinggi Dienginstagram.com/centraldieng

Di samping telaga Pengilon ada satu lagi telaga yang juga sangat terkenal di dataran tinggi Dieng, yakni Telaga Warna. Namun berbeda dengan telaga Pengilon yang memiliki air bening dan jernih, telaga Warna sendiri memiliki air yang warnanya bisa berubah-ubah. Terkadang airnya berwarna biru, kuning, ataupun hijau, seperti pelangi.

Fenomena ini terjadi karena telaga ini memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi, sehingga ketika airnya terkena cahaya matahari maka air telaga tampak berwarna-warni. Karena letaknya yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, maka waktu paling tepat untuk berkunjung ke sini adalah saat pagi atau siang hari. Di waktu sore hari telaga ini biasanya tertutup oleh kabut tebal.

5. Goa Semar Dieng

Deretan Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Dataran Tinggi Dienginstagram.com/alghie_fari

Masih di dalam kawan Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Warna dan Telaga Pengilon, kamu bisa mengunjungi Goa Semar. Goa ini merupakan salah satu bagian dari kompleks goa yang ada di dataran tinggi Dieng. Goa semar sendiri terletak di paling atas perbukitan, diantara telaga warna dan telaga pengilon.

Sama seperti goa-goa lainnya yang ada di kompleks ini, goa Semar termasuk goa yang dikeramatkan sehingga banyak dipakai untuk bersemedi oleh para raja-raja Jawa di masa lalu. Bahkan di tahun 1974, Presiden ke 2 Indonesia yakni Bapak Soeharto dikabarkan juga pernah melakukan semedi di goa ini.

Nah banyak banget kan destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di dataran tinggi Dieng? Akses untuk menuju ke tempat ini pun bisa dibilang sangat mudah. Dari tempat asalmu, kamu bisa menaiki bus dengan tujuan Magelang, lalu lanjutkan ke Wonosobo. Setelah itu dari sana, kamu bisa naik bus kecil menuju Dieng.

Jalan menuju kesana pun sudah terbilang mulus, dihiasi dengan pemandangan alam yang cantik. Jadi tunggu apa lagi? Yuk berkunjung ke destinasi wisata dataran tinggi Dieng di atas!

Baca Juga: 9 Hal Mulai dari Unik hingga Mistis Bisa Ditemukan di Pegunungan Dieng

Maria Verena Photo Verified Writer Maria Verena

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Septi Riyani

Just For You