Comscore Tracker

Tips Berlibur ke Hutan De Djawatan Banyuwangi, Supaya Asyik & Nyaman

Hutan ini hits banget, mirip hutan di film Lord of The Rings

Gak bisa bohong, Banyuwangi punya banyak destinasi wisata yang menarik untuk didatangi. Sebut saja ada Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, dan juga Pantai Plengkungan. Namun selain itu, Banyuwangi juga punya satu destinasi unik yakni hutan De Djawatan. Keunikan dari hutan ini adalah lokasinya mirip dengan hutan di dalam film The Lord of The Rings. Sehingga hutan ini nyaris tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan.

Apalagi kini banyak sekali spot foto yang instagramable yang bisa ditemukan di sekitar lokasi hutan. Bahkan banyak juga pasangan yang melakukan sesi foto pre-wedding di hutan ini.

Kalau kamu tertarik ingin datang mengunjungi hutan De Djawatan ini juga, perhatikanlah beberapa tips berikut ini supaya liburanmu tetap nyaman.

1. Datang berkunjung pada saat hari kerja

Tips Berlibur ke Hutan De Djawatan Banyuwangi, Supaya Asyik & Nyamaninstagram.com/merrwatson

Di saat weekend banyak wisatawan yang datang berkunjung ke hutan De Djawatan, karena itu suasana di sana sudah pasti penuh sesak. Di situasi seperti ini, jangan berharap kamu bisa mendapatkan foto-foto yang bagus di sana. Hampir di setiap sudut hutan, pasti kamu akan menemui banyak orang yang sedang berfoto.

Kalau kamu ingin menikmati keindahan hutan dan mengambil foto dengan lebih leluasa, datanglah ke hutan De Djawatan ini saat hari kerja atau weekdays. Karena pengunjung yang datang ke tempat ini jauh lebih sedikit, sehingga kawasan hutan menjadi lebih sepi.

2. Datang pagi atau menjelang sore hari

Tips Berlibur ke Hutan De Djawatan Banyuwangi, Supaya Asyik & Nyamaninstagram.com/gatusso_gt

Waktu yang paling tepat untuk datang mengunjungi hutan De Djawatan adalah pada saat pagi hari, atau menjelang sore hari. Di waktu pagi hari saat sinar matahari baru mulai menyinari hutan De Djawatan, maka pemandangan hutan akan terlihat seperti hutan mistis. 

Kalau kamu tidak sempat datang di waktu pagi hari, kamu bisa mengunjungi hutan ini di waktu menjelang sore hari. Pemandangan yang sama bisa kamu dapatkan dari sinar matahari yang akan tenggelam dan menyinari hutan ini. Hasil foto-foto kamu pasti akan terlihat lebih cantik. 

3. Gunakan aplikasi penunjuk jalan

Tips Berlibur ke Hutan De Djawatan Banyuwangi, Supaya Asyik & Nyamaninstagram.com/aqilavviv

Hutan De Djawatan lokasinya memang tidak jauh dari kota Banyuwangi. Kurang lebih 30 menit perjalanan menuju ke arah barat dari kota Banyuwangi. Walaupun letaknya tidak jauh dari kota Banyuwangi, namun kalau kamu hendak datang berkunjung kesana sebaiknya manfaatkan aplikasi penunjuk jalan supaya tidak nyasar.

Apalagi karena papan penunjuk jalan yang menunjukkan lokasi hutan De Djawatan berukuran sangat kecil, sehingga bisa saja tidak terlihat dan akhirnya terlewatkan oleh kamu. Daripada harus mutar-mutar karena nyasar, lebih baik gunakan saja aplikasi penunjuk jalan di ponsel kamu.

4. Tidak mencoret-coret pohon di hutan

Tips Berlibur ke Hutan De Djawatan Banyuwangi, Supaya Asyik & Nyamaninstagram.com/andreadii_

Tidak bisa dipungkiri, pohon-pohon Trembesi yang ada di hutan De Djawatan memang sangat cantik dan instagramable banget. Namun pohon-pohon cantik ini harus dijaga keindahannya, bukan malah dicoret-coret. Pohon-pohon yang penuh coretan, malah akan merusak keindahan hutan.

Selain dilarang mencoret-coret pohon yang ada di hutan ini, kamu juga dilarang untuk memetik atau mematahkan ranting-ranting pohonnya. Sebagai pengunjung, sudah menjadi kewajiban kamu untuk menjaga kelestarian hutan.

5. Jaga kebersihan kawasan hutan

Tips Berlibur ke Hutan De Djawatan Banyuwangi, Supaya Asyik & Nyamaninstagram.com/anwar_bab

Selama berkunjung ke dalam kawasan hutan De Djawatan, kamu memang tidak dilarang untuk makan dan minum. Namun kamu tetap harus menjaga kebersihannya. Jangan membuang sampah bekas makanan dan minuman secara sembarangan.

Pihak pengelola hutan De Djawatan sudah menyediakan banyak sekali tempat sampah di dalam kawasan hutan. Buanglah sampah bekas makanan dan minuman kamu pada tempatnya.

Selama ini banyak sekali kasus tempat wisata yang rusak akibat ulah para wisatawan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang belajarlah menjadi wisatawan yang bertanggung jawab. Karena menjaga kelestarian alam adalah tugas kita semua. Selamat berlibur di hutan De Djawatan, guys!

Baca Juga: 8 Spot Terbaik untuk Hunting Foto di Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You