Comscore Tracker

Wisata Air Terjun Moramo Konawe Selatan : Info Lokasi, Rute dan Tips 

Lanskap air terjunnya menarik dan berbeda dari lainya

Panorama alam yang disajikan di bagian wilayah timur Indonesia sudah begitu populer hingga mancanegara. Salah satu provinsi yang menyimpan keindahan alam menawan adalah Sulawesi Tenggara. 

Di Kabupaten Konawe yang terletak di provinsi ini, terdapat air terjun yang menarik banyak wisatawan. Namanya adalah Air Terjun Moramo. Tempat ini bahkan menjadi spot wisata populer di Konawe yang selalu ramai saat akhir pekan tiba.

Ditemukan tahun 1980 oleh seorang warga, lanskap air terjunnya yang unik siap membuat siapa saja kagum melihatnya. Semakin penasaran? Ini dia informasi lengkap Air Terjun Moramo yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi saat liburan ke Sulawesi Tenggara.

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket 

Wisata Air Terjun Moramo Konawe Selatan : Info Lokasi, Rute dan Tips Air Terjun Moramo (instagram.com/kakabrewok)

Lokasi : Desa Sumber Sari, Kec. Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Jam operasional : Setiap hari, 07.00-17.00 WITA.

Tiket masuk : Rp 10.000 per orang.

2. Rute menuju Air Terjun Moramo 

Wisata Air Terjun Moramo Konawe Selatan : Info Lokasi, Rute dan Tips Air Terjun Moramo (instagram.com/anjelina_tri_sari)

Lokasi Air Terjun Moramo dapat dijangkau dengan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil. Berada di Kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Air Terjun Moramo dapat ditempuh dari Kota Kendari dengan jarak sekitar 62 km. 

Sedangkan jika menempuhnya dari Kecamatan Andoolo, maka berjarak 93km. Setelah sampai ke wahana wisata, kamu masih perlu berjalan kaki dengan media trekking yang disediakan. Di sepanjang jalan trekking, pemandangan balutan alam sekitar dan kolam-kolam kecil dengan air berwarna kehijauan akan memanjakanmu. 

Baca Juga: 10 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara, Aktivitas Lautnya Bikin Happy! 

3. Fasilitas yang ada di Air Terjun Moramo 

Wisata Air Terjun Moramo Konawe Selatan : Info Lokasi, Rute dan Tips Air Terjun Moramo (instagram.com/wisatasombori)

Sebagai tempat wisata alam yang populer, fasilitas yang ada di Air Terjun Moramo sudah memadai dan cukup lengkap. Mulai dari area lahan parkir yang luas, toilet, dan kamar ganti bagi yang ingin atau seusai berendam di air terjun.

Tambah lengkap dan bikin betah berlama-lama, disediakan juga gazebo bagi pengunjung untuk menikmati balutan alam dipadu kecantikan dan gemericik Air Terjun Moramo. 

4. Air terjun berundak yang memukau 

Wisata Air Terjun Moramo Konawe Selatan : Info Lokasi, Rute dan Tips Air Terjun Moramo (instagram.com/dunialoka.id)

Berbeda daripada air terjun pada umumnya, keunikan Air Terjun Moramo terletak pada airnya yang turun dari undak-undak. Ada 7 undakan utama dan 60 undakan kecil yang sekitarnya dialiri kolam yang jernih dan berwarna kehijauan. Dari total undakan, ketinggian Air Terjun Moramo ini bisa mencapai 100 meter.

Makin memukau, suasana sekitar yang dipenuhi pepohonan besar dan udaranya yang sejuk seolah membuat pengunjung berada di nirwana. 

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat ini seperti bermain air di kolam air terjunnya yang tidak terlalu dalam dan berfoto dengan latar air terjun yang menawan. 

5. Tips berkunjung ke Air Terjun Moramo 

Wisata Air Terjun Moramo Konawe Selatan : Info Lokasi, Rute dan Tips Air Terjun Moramo (instagram.com/kusti_whu)

Ini dia tips-tips yang bisa kamu persiapkan saat mengunjungi Air Terjun Moramo:

  1. Siapkan kondisi fisik yang prima karena untuk menuju spot utama air terjun, kamu perlu berjalan kaki sepanjang 1,5 km.
  2. Bawalah bekal dan minuman dari rumah agar dapat menghemat saat perjalanan.
  3. Datanglah di pagi hari di mana udara masih sejuk dan segar.
  4. Jika ingin menikmati liburan dengan suasana yang tenang dan sepi, hindari berkunjung di saat hari libur nasional atau hari besar lainnya, ya!

Keindahan Air Terjun Moramo akan bikin kamu terpesona. Gak lengkap jika tempat ini belum masuk bucketlist  liburanmu. Yuk, rasakan keseruan di alam Indonesia yang menawan ini! 

Baca Juga: 10 Pesona Air Terjun Moramo, Wisata Unik di Sulawesi Tenggara

May Paramita Photo Verified Writer May Paramita

Indeed, with hardship will be ease.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya