Comscore Tracker

5 Fakta Siborongborong "Sayur Kol", Bikin Kamu Terpesona!

Sayur kol... Sayur kol...

Dunia maya sempat heboh dengan lagu sayur kol yang sempat viral akhir-akhir ini. Dalam liriknya, lagu Sayur Kol ini menyebutkan nama sebuah kota di Sumatera Utara, yaitu Siborongborong.

Mungkin sewaktu menyanyikannya, kita masih tidak tahu apa itu Siborongborong dan di mana itu? Nah, di artikel ini akan kita ulas hal-hal menarik dari kota yang viral ini. Berikut 5 hal yang membuat kamu lebih terkejut lagi dengan kota Siborongborong!

1. Mempunyai jajanan khas yang dikenal dengan "ombus-ombus"

5 Fakta Siborongborong Sayur Kol, Bikin Kamu Terpesona!cookpad.com

Jajanan yang satu ini dapat kita jumpai dengan mudah jika kita pergi ke Siborongborong. Biasanya, jajanan ini dijual dengan sepeda yang berkeliling ke tempat-tempat yang ramai. Jajanan ini terbuat dari tepung beras yang diberi gula di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang. 

2. Lokasi Siborongborong ini ternyata dekat dengan dengan Danau Toba, lho!

5 Fakta Siborongborong Sayur Kol, Bikin Kamu Terpesona!www.mba-sensational.com

Siborong-borong merupakan wilayah yang dekat dengan Danau Toba. Jika ingin berwisata ke Danau Toba melalui Siborongborong terdapat 2 tempat berbeda yang memiliki pesona masing-masing. Pertama, yaitu Balige yang berjarak sekitar 31,8 Km. Pesona Danau Toba di Balige terdapat pada pantai pasir putih dan lumban silintong. Kedua, adalah Muara yang berjarak sekitar 32,5 Km. Di Muara kita dapat menikmati keindahan Danau Toba melalui ketinggian dari puncak bukit Muara.

Selain kedua itu kita juga dapat menikmati pesona Danau Toba dari ketinggian yang hanya sekitar 20 menit dari Siborongborong yaitu di Huta Ginjang dan Sipinsur.

Baca Juga: Gak Cuma Danau Toba, Ini 5 Tempat Wisata yang Instagenic di Sumut

3. Mempunyai bandara internasional

5 Fakta Siborongborong Sayur Kol, Bikin Kamu Terpesona!tapanulitoday.com

Siborongborong mempunyai bandar udara yang bernama Bandar Udara Internasional Sisingamangaraja XII. Sebelumnya bernama Bandar udara Internasional Silangit. Bandara ini berlokasi tepat di Siborongborong. Jadi bagi wisatawan jauh yang ingin mengunjungi Siborongborong maka tidak perlu pusing memikirkan transportasi. 

4. Setiap tahun diadakan pacuan kuda "Hoda Marisadu"

5 Fakta Siborongborong Sayur Kol, Bikin Kamu Terpesona!hitabatak.com

Pacuan kuda biasanya diselenggarakan bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini sudah lama dilaksanakan dan selalu dipenuhi oleh antusiasme warga sekitar. Bagi yang tertarik untuk melihat pacuan kuda ini dapat datang ke desa Silait-lait pada waktu 17 agustus. Di sana juga akan terdapat banyak makanan daerah yang dijual khusus pada hari itu.

5. Suasana di Siborongborong ini terbilang masih asri

5 Fakta Siborongborong Sayur Kol, Bikin Kamu Terpesona!tourtoba.com

Siborongborong adalah tempat yang sangat asri. Pepohonan dapat kita jumpai di sekeliling kita, begitu juga dengan beragam bunga yang indah. Jika yang pernah berkunjung ke Siborongborong maka akan mengerti seberapa segar udara disana dibandingkan tempat lain. Selain itu Siborongborong juga termasuk kota yang sejuk. Bahkan pada siang hari berjalan santai menjadi tidak persoalan berat. 

Begitulah penjelasan singkat tentang kota yang dikenal dari lagu sayur kol. Masih terdapat banyak pesona lainnya yang mungkin bisa terjelaskan jika kamu berkunjung ke kota ini. Tunggu apalagi? Mungkin Siborongborong bisa jadi destinasi wisata kamu selanjutnya.

Baca Juga: Bukan Cuma Toba, Ini Lima Danau Keren yang Ada di Sumatera Utara

Maya Lubis Photo Verified Writer Maya Lubis

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya