Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Taman Nasional Meru Betiri, Serpihan Alam Jawa Timur

Bentangan hutan dan pantainya memukau #LokalIDN

Jawa Timur merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki banyak taman nasional. Salah satu taman nasioal yang ada di Jawa Timur adalah Taman Nasional Meru Betiri yang di dalamnya terdapat beragam kekayaan alam.

Bagi kamu yang masih asing dengan TN Meru Betiri, simak 5 fakta menarik TN Meru Betiri di bawah ini untuk menambah wawasanmu tentangnya.

1. Terletak di 2 kabupaten

5 Fakta Menarik Taman Nasional Meru Betiri, Serpihan Alam Jawa TimurPantai Bandealit di Meru Betiri (instagram.com/saifularf._)

Taman nasional di provinsi Jawa Timur termasuk ke dalam wilayah 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi di timur dan Kabupaten Jember di sebelah barat.

2. Punya banyak objek wisata

5 Fakta Menarik Taman Nasional Meru Betiri, Serpihan Alam Jawa TimurTaman Nasional Meru Betiri (instagram.com/yogagde)

Karena lokasinya yang berada di ujung selatan Jawa Timur dan memasuki garis pantai, di Meru Betiri ini ada banyak pantai yang bisa kamu kunjungi. Selain pantai juga ada wisata alam lainnya seperti hutan liar.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Keren, Bikin Kebelet Traveling 

3. Didirikan sejak 1982

5 Fakta Menarik Taman Nasional Meru Betiri, Serpihan Alam Jawa TimurTeluk Hijau di TN Meru Betiri (instagram.com/nashiruddin)

Taman Nasional Meru Betiri ini sudah didirikan menjadi taman nasional sejak tahun 1982. Sebelum itu kawasan Meru Betiri sempat berstatus hutan lindung dan suaka margasatwa.

4. Ditumbuhi banyak tanaman langka

5 Fakta Menarik Taman Nasional Meru Betiri, Serpihan Alam Jawa TimurTeluk Hijau di Meru Betiri (instagram.com/gandhanganom)

Karena mencakup luasnya hutan belantara, tidak salah jika di TN Meru Betiri ini banyak hewan langka. Salah satunya adalah Rafflesia zollingeriana. Selain itu masih banyak tumbuhan langka lain yang tumbuh di Meru Betiri.

5. Dihuni banyak jenis hewan

5 Fakta Menarik Taman Nasional Meru Betiri, Serpihan Alam Jawa Timuranak penyu di TN Meru Betiri (instagram.com/ridhime)

Ada banyak jenis hewan yang mendiami TN Meru Betiri, salah satunya adalah hewan penyu yang banyak mendiami kawasan Pantai Sukamade. Selain itu ada hewan lain seperti banteng, elang jawa, rangkong badak, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah kelima fakta menarik dari Taman Nasional Meru Betiri. Kawasan ini layak untuk jadi tujuan wisatamu yang tinggal di sekitar Jember dan Banyuwangi. Ayo berwisata ke Taman Nasional Meru Betiri!

Baca Juga: 8 Taman Nasional di Hokkaido Jepang yang Indah nan Memanjakan Mata

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

Instagram @mimarfakhruddin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya