Comscore Tracker

5 Gunung yang Ada di Bandung Untuk Menghindari Sumpeknya Kota

Tempat untuk melepas penat dari padatnya Bandung #LokalIDN

Tidak hanya terkenal dengan panorama kotanya, Bandung juga cukup terkenal dengan kawasan wisata alam yang ada seperti daerah Lembang dan Ciwidey. Selain wisata alam biasa, Bandung juga punya beberapa gunung yang puncaknya bisa didaki lho!

Nah, di bawah ini adalah 5 gunung di Bandung yang bisa kamu daki jika ingin melihat kota Bandung dari atas awan. Simak kelima daftarnya di bawah ini.

1. Gunung Manglayang

5 Gunung yang Ada di Bandung Untuk Menghindari Sumpeknya KotaPemandangan di puncak Gunung Manglayang. (instagram.com/alghifaryma)

Yang pertama ada Gunung Manglayang yang terletak di perbatasan Kota Bandung dan Sumedang. Dengan ketinggian 1.818 mdpl, dari puncak Manglayang kamu bisa melihat kelap-kelip lampu kota Bandung di malam hari. Untuk sampai ke puncaknya diperlukan waktu pendakian sekitar 5 jam.

2. Gunung Burangrang

5 Gunung yang Ada di Bandung Untuk Menghindari Sumpeknya Kotapendaki di Gunung Burangrang (instagram.com/syahrulgugun10_)

Lalu ada Gunung Burangrang yang berlokasi di utara Kabupaten Bandung. Gunung Burangrang memiliki ketinggian 2.050 mdpl dan lokasinya lumayan dekat dengan Kota Cimahi. Waktu pendakian menuju puncak Burangrang adalah sekitar 4 jam.

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat 

3. Gunung Rakutak

5 Gunung yang Ada di Bandung Untuk Menghindari Sumpeknya Kotapendaki di Gunung Rakutak (instagram.com/boyypratamaa)

Lalu ada gunung yang terletak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung yaitu Gunung Rakutak. Gunung ini puncaknya tidak kerucut, namun berbentuk punggungan. Vegetasi dari Gunung Burangrang ini cukup terbuka, sehingga pemandangan kawasan Bandung bisa terlihat dengan jelas. Gunung Rakutak memiliki ketinggian 1.922 mdpl.

4. Gunung Puntang

5 Gunung yang Ada di Bandung Untuk Menghindari Sumpeknya KotaPendaki di Gunung Puntang (instagram.com/dwisl)

Lalu ada Gunung Puntang yang puncak gunungnya dinamai Puncak Mega. Gunung Puntang memiliki ketinggian 2.343 mdpl dan terletak di beberapa kecamatan di Kabupaten Bandung. Yang menarik dari Gunung Puntang adalah adanya puing-puing bekas pemancar radio yang dibangun pada tahun 1923.

5. Gunung Tangkuban Parahu

5 Gunung yang Ada di Bandung Untuk Menghindari Sumpeknya Kotakawah Gunung Tangkuban Parahu (commons.wikimedia.org)

Lalu ada gunung yang paling terkenal seantero Bandung maupun Jawa Barat, yaitu Gunung Tangkuban Parahu. Walau pemandangan Kota Bandung tidak terlihat jelas di atas gunung, namun kamu masih bisa melihatnya di sepanjang jalan menuju Tangkuban Parahu. Kestimewaan dari gunung ini tentu ada pada kawahnya yang cukup besar beserta legenda Sangkuriang-nya yang sudah melegenda.

Nah, itulah kelima gunung yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati indahnya lanskap Bandung Raya. Mau nyoba gunung yang mana dulu nih?

Baca Juga: Cocok untuk Pendaki Pemula, Inilah 10 Gunung Pendek di Indonesia 

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

Instagram @mimarfakhruddin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya