Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelam

Semua ada di darat nih!

Klasik dan penuh sejarah, itulah yang tergambar jika melihat kapal yang terbengkalai. Hidup beratus-ratus tahun tapi tetap berdiri seakan tak termakan oleh zaman. UNESCO melaporkan bahwa terdapat  jtigauta kapal yang hilang di tengah laut.

Walaupun terdengar mengerikan, kapal karam ini memberikan perspektif baru terhadap tempat wisata. Cerita bersejarah dipadu dengan kapal yang sudah termakan karat menambah keseruan imajinasi peristiwa masa lampau. Jika ingin menikmatinya, coba saja kunjungi kapal karam ini. Tak perlu menyelam, 10 kapal terbengkalai ini bisa dinikmati di daratan.

1. MV Panagiotis, Zakynthos, Yunani

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelamhiveminer.com

Kapal Panagiotis adalah kapal yang karam di pantai Zakynthos, Kepulauan Ionia Selatan. Kapal yang melaut tahun 1980 ini ditinggalkan pemiliknya karena pada saat itu terjadi badai. Di Yunani, wisata melihat kapal karam ini diberi nama Navagio, yang artinya bangkai kapal.

2. Sarah, Sandy Ground, Anguilla

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelamimgur.com

Telah menjadi obyek foto instagram bagi pada pengunjung ternyata kapal ini telah mengalami badai yang cukup hebat. Pada tahun 1984, kapal Sarah ini tenggelam karena badai Klaus di dekat Sandy Ground. Kapal dengan panjang 232 kaki ini akhirnya ditarik ke daratan setelah 6 bulan kemudian.

3. Eduard Bohlen, Namibia

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelamnamibiatourism.com.na

Eduard Bohlen adalah kapal terbengkalai yang cukup terkenal dan letaknya Namimbia. Kapal ini menjadi pembicaraan lantaran posisinya yang terbawa jauh di tengah padang pasir. Eduard Bohlen kandas pada tahun 1909 di pulai Skeleton, pulau yang merupakan kuburan kerangka kapal berkarat. 

4. M.V. Dimitrios, Peloponnese, Yunani

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelamcyprusisland.net

M.V. Dimitrios merupakan kapal yang karam pada tanggal 23 Desember 1981. Kapal ini merupakan kapal kargo yang konon merupakan kapal yang digunakan untuk menyelundupkan rokok lalu sengaja dibakar untuk menyembunyikan bukti. Kapal ini merupakan salah satu kapal yang mudah diakses dari pantai pasir di Valtaki. Peloponnese Yunani.

5. Aral Sea, Kazakhstan and Uzbekistan

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelamthedailybeast.com

Dulu laut Aral di Kazakhstan dan Uzbekistan merupakan tempat kapal-kapal disandar. Namun sejak 1960-an, Soviet membuat proyek irigasi besar-besaran dengan membangun 45 bendungan untuk mengalihkan sungai kembar "Mesopotamia kecil" di Asia Tengah ke daerah yang disebut "virgin lands". Akhirnya laut daratan terbesar keempat di dunia ini mengering dan hanya menyisakan kapal-kapal bertengger diatas padang pasir.

Baca Juga: Ini 10 Kota Wisata yang Paling Sering Salah Pengucapannya

6. SS Maheno, Fraser Island, Australia

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelamtrover.com

SS Maheno adalah kapal uap yang memiliki berat 5000 ton dan digunakan sebagai kapal rumah sakit pada perang dunia I. Kapal ini sebenarnya sudah dijual kepada Jepang namun tidak pernah sampai karena badai Topan. Akhinya kapal ini hanyut sekitar 75 mil di pulau Fraser, lepas pantai Queensland selatan.

7. Bessie White, Fire Island, New York

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelamnewsday.com

Pada tahun 1922, Bessie White karam di dekat Smith Point. Kapal dengan jenis sekunar atau kapal layar yang memiliki tinggi 200 kaki ini ditinggal awak kapalnya. Namun beberapa hari kemudian kapal ini hanyut ke arah Nova Scotia dan pecah. Lalu badai Sandy membawanya kerangka kapal ini ke pantai pada Oktober 2012

8. Homebush Bay, Australia

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelamkidbucketlist.com.au

Homebush Bay, Australia telah menjadi rumah bagi kapal yang terbengkalai sejak 1960-an. Walaupun tersembunyi oleh tumbuh-tumbuhan yang menetap di badan kapal, tempat ini tetap menjadi tujuan wisata unik kapal bersejarah. Paling tidak ada dua kapal karam yang bisa terjangkau jika laut sudah surut. 

9. Vila Nova De Milfontes, Portugal

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelamafar.com

Vila Nova de Milfontes adalah desa yang indah yang terletak di barat daya Portugal. Di desa dengan pemandangan yang menakjubkan ini ternyata tersimpan kapal yang berkarat. Kapal ini masih menjadi misteri asal-usul maupun pemiliknya.

10. 7 Point Reyes, California, Amerika

10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelamscottdavenportphoto.com

SS Point Reyes berada pada gundukan pasir di Inverness terdekat sebagai tanda telah banyak kapal tenggelam didaerah ini. Kurang lebih 50 kapal hilang dan ini menjadi pemicu dalam pembangunan US Lighthouse Service atau mercusuar pada tahun 1870.

10 tempat kapal terbengkalai tersebut telah menjadi incaran para wisawatan untuk berwisata. Rekreasi sambil bercerita sejarah nampaknya asyik juga. Pemandangan kapal terbengkalai membuat imajinasi cerita sejarah lebih hidup. Selain itu, berfoto dengan latar belakang kapal karam keren juga loh.

Baca Juga: 10 Potret Noah's Ark, Taman Bertema Bahtera Nabi Nuh di Hong Kong

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya