Comscore Tracker

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budaya

Wisata edukasi menarik bagi anak-anak

Banyuwangi, Jawa Timur merupakan sebuah kota di ujung timur Pulau Jawa yang terkenal dengan keindahan alamnya. Berbatasan langsung dengan Pulau Bali, Kota Banyuwangi juga memiliki potensi wisata yang tak kalah indah. Mulai dari wisata alam, budaya, hingga sejarah ada di sana. 

Nah, bagi yang mencari sensasi wisata yang berbeda di Banyuwangi, kalian bisa datang ke Desa Tamansari. Di sana wisawatan dapat menikmati keindahan alam, sekaligus belajar dan mencoba pengalaman baru yang pastinya seru untuk dilakukan. Cocok sebagai wisata edukasi yang bermanfaat bagi anak-anak sebagai generasi penerus dan pelestari budaya bangsa Indonesia. 

Bagi yang masih penasaran. Berikut 10 pesona Desa Wisata Tamansari yang wajib dikunjungi saat ke Banyuwangi. 

1. Lokasinya berada di Desa Tamansari, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi, Jawa Tengah

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budayapemandangan alam desa tamansari (instagram.com/hengki_lana)

2. Desa ini mempunyai jarak 24 km dari pusat Kota Banyuwangi, dengan waktu perjalanan berkisar 45 menit

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budayailustrasi kawah ijen (instagram.com/kawahijenindonesia)

3. Mengutamakan keberlangsungan lingkungan dan kearifan lokal adalah daya tarik dari Desa tamansari

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budayapesona desa tamansari (instagram.com/desawisatamansari)

4. Desa ini mempunyai potensi wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, keragaman budaya, hingga produk UMKM yang inovatif

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budayailustrasi kawah ijen (instagram.com/kawahijenindonesia)

Baca Juga: Anak Muda Desa Burai Ogan Ilir, Ubah Desa Kumuh jadi Desa Wisata

5. Desa Tamansari mempunyai sebuah taman bernama Gandrung Terakota yang menyajikan deretan patung-patung penari Gandrung khas Banyuwangi

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budayataman Gandrung Terakota (instagram.com/pesonabwi)

6. Desa Tamansari juga terkenal dengan kesenian Jaranan yang masih lestari hingga sekarang

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budayailustrasi seni jaranan (instagram.com/jaranan.banyuwangi)

7. Soal keindahan alamnya, Desa Tamansari memiliki Kawah Ijen dan Sendang Seruni yang telah terkenal hingga mancanegara

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budayailustrasi sendang seruni (instagram.com/desawisatatamansari)

8. Desa Tamansari juga terkenal dengan produk kopinya yang sering dijadikan buah tangan oleh para wisatawan

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budayakopi desa tamansari (instagram.com/wisata_desa_tamansari)

9. Bagi wisatawan yang ingin menginap, juga disediakan Homestay dengan tarif mulai dari Rp 150 ribu

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budayapesona desa tamansari (instagram.com/desawisatamansari)

Baca Juga: Dua Desa Percontohan SVN PT Telkom Raih Anugrah Desa Wisata Indonesia

10. Karena keindahannya, Desa Tamansari masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021

10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budayapesona desa tamansari (instagram.com/landofosing.banyuwangi)

Itulah 10 pesona yang dimiliki Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi. Rekomendasi wisata edukasi menarik yang ramah bagi anak-anak. Bagaimana apakah tertarik untuk mengunjunginya?

Moh Solihul Anshori Photo Verified Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya