Comscore Tracker

6 Masjid Dunia yang Punya Arsitektur Menawan, Satunya di Indonesia

Bangga dengan Indonesia

Masjid merupakan tempat suci bagi umat Islam yang bukan hanya sebagai tempat menyembah Yang Maha Kuasa, tetapi juga menjadi wadah yang menyatukan umat di bawah payung Islam. Lebih dari sekadar arsitekturnya yang indah, masjid yang ada di berbagai negara ini juga membuktikan, Islam bisa masuk ke budaya yang berbeda.

Berikut 6 masjid di berbagai negara yang bukan hanya menawan dari segi arsitektur, tetapi juga menjadi penanda penting dalam sejarah perkembangan Islam di negara tersebut.

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei

6 Masjid Dunia yang Punya Arsitektur Menawan, Satunya di Indonesiawondermondo.com

Berlokasi di ibukota Bandar Seri Begawan, masjid yang merupakan personifikasi dari arsitektur Islam modern ini dibangun sejak 1958. Mengusung konsep kombinasi antara Mughal dan gaya Italia, masjid ini didedikasikan untuk Sultan Omar Ali Saifuddin. Arsitekturnya yang menawan menjadi tampak lebih indah dengan hiasan kebun nan hijau yang ada di sekelilingnya.

2. Masjid Faisal Shah, Pakistan

6 Masjid Dunia yang Punya Arsitektur Menawan, Satunya di Indonesialonelyplanet.com

Diklaim sebagai masjid terbesar nomor 4 di dunia, Masjid Faisal Shah menjadi salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Islamabad. Didedikasikan untuk Raja Faisal Shah, masjid ini mampu menampung hingga 10 ribu jamaah. Desain Islam modern dengan pengaruh Turki membuat masjid ini nampak menawan, dan menjadi satu alasan kuat mengapa kamu perlu mengunjungi tempat ibadah terbesar di Asia Selatan ini.

3. Masjid Hassan II, Maroko

6 Masjid Dunia yang Punya Arsitektur Menawan, Satunya di Indonesiarepublika.co.id

Selesai dibangun pada 1993, masjid ini menjadi salah satu masjid tertinggi di dunia yang dilengkapi dengan sinar laser mengarah ke Mekkah. Sisi menarik lain yang ada pada masjid ini adalah lantai kaca di ruang doa yang memberikan pemandangan dasar laut. Masjid Hassan II mampu menampung jamaah hingga 100 ribu orang lebih.

4. Masjid Biru, Turki

6 Masjid Dunia yang Punya Arsitektur Menawan, Satunya di Indonesiaistanbultourstudio.com

Masjid Biru merupakan masjid paling terkenal sejak awal 1600-an di Istanbul, Turki. Nama Masjid Biru diambil karena hampir seluruh bagian masjid ini berwarna biru. Menjadi salah satu destinasi wisata religi, masjid ini dibuka untuk umum. Meski terbuka untuk umum, masjid akan ditutup untuk pengunjung non-muslim di waktu salat.

5. Masjid Akbar Sheikh Zayed,Uni Emirate Arab

6 Masjid Dunia yang Punya Arsitektur Menawan, Satunya di Indonesiajulianjohnphotography.com

Dubai dan Abu Dhabi selalu memberikan kejutan kepada dunia dengan kemajuannya. Di kawasan ini kamu akan mudah sekali menemukan tempat perbelanjaan terbesar dan gedung pencakar langit paling tinggi di dunia. Berlokasi di Abu Dhabi, masjid ini menjadi contoh arsitektur Islam kontemporer, termasuk pada ornamen yang ada di dalamnya.

6. Masjid Istiqlal, Indonesia

6 Masjid Dunia yang Punya Arsitektur Menawan, Satunya di Indonesiaejudy.duckdns.org

Setelah perang kemerdekaan Indonesia, mulai berkembang gagasan besar untuk mendirikan masjid nasional. Ide pembangunan masjid tercetus setelah empat tahun proklamasi kemerdekaan. Gagasan pembangunan masjid kenegaraan ini sejalan dengan tradisi bangsa Indonesia yang sejak zaman kerajaan purba pernah membangun bangunan monumental keagamaan yang melambangkan kejayaan negara. Misalnya pada zaman kerajaan Hindu-Buddha bangsa Indonesia telah berjaya membangun candi Borobudur dan Prambanan.

Karena itulah pada masa kemerdekaan Indonesia terbit gagasan membangun masjid agung yang megah dan pantas menyandang predikat sebagai masjid negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Muhammad rafi aliefanto Photo Community Writer Muhammad rafi aliefanto

Orang berakal hidup untuk masyarakatnya, bukan buat dirinya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You