Comscore Tracker

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Dua

Alternatif liburan ke Yunani

Dengan 650 mil garis pantai, Kreta adalah surga bagi pecinta pantai bagi orang Yunani. Penting untuk mengetahui bahwa 400 pantai di Kreta telah dianugerahi status Blue Flag, sebutan internasional yang berarti masuk daftar perlindungan dan tindakan pencegahan lingkungan.

Pengunjung dapat membantu menjaga tempat-tempat indah ini dengan tidak mengganggu satwa liar, tidak merusak tumbuh-tumbuhan serta yang terpenting tidak membuang sampah apa pun. Dan berikut beberapa pantai terbaik untuk dikunjungi di Kreta.

1. Pantai Falassarna

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duagreeka.com

Falasarna adalah resort tepi laut yang sangat populer di pantai barat Kreta, di Teluk Livadi. Falasarna adalah salah satu pantai terindah di Kreta. Terletak 52 kilometer dari kota Chania dan dapat dicapai dengan mobil dalam waktu satu jam melalui desa Platanos. Pantai ini berpasir putih dan didukung fasilitas olahraga air, kursi berjemur, dan payung. Airnya memiliki warna seperti pirus.

Di dekat pantai ada beberapa bar dan di sisi selatan ada pelabuhan nelayan kecil. Pesta-pesta pantai diselenggarakan secara teratur di pantai Falasarna, menarik ribuan orang dari daerah sekitarnya. Matahari terbenam di Falasarna sangat spektakuler.

2. Pantai Elafonisi

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duavivaelafonisi.com

Pantai Elafonisi terletak di dekat sebuah pulau kecil dengan nama yang sama, yang terletak di seberang desa Elafonisos. Pulau itu mungkin kecil, tetapi pantai Elafonisi tentu saja tidak. Elafonisi adalah pantai terbesar kedua di Kreta barat, dan mulai Juni terlihat seperti pantai di wilayah tropis. Elafonisi dapat dengan mudah dicapai dengan mobil atau naik bus dari Chania dan Paleochora.

Pantai ini dikelilingi oleh enam tempat di mana ada kursi dan payung tersedia untuk disewa. Ada banyak kedai minuman di sini tempat kamu bisa makan dan minum. Air di Elafonisi sangat jernih sehingga kamu dapat melihat dasarnya.

3. Pantai Glyka Nera

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duaelizabethestateagency.com

Pantai Glyka Nera terletak di pantai selatan Kreta. Nama lain untuk pantai ini adalah "pantai air manis" karena terdapat sumber air tawar di pantai. Pantai Glyka Nera hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki atau dengan perahu. Ada jalur hiking dari Chora Sfakion dan Loutro.

Sepanjang jalan ada beberapa tebing curam, teluk dan kapel.

4. Pantai Balos

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duamadeincrete.com

Pantai Balos terletak di semenanjung kecil Imeri Gramvoúsa. Ini adalah area yang dilindungi, yang menjamin kualitas habitat alami flora dan fauna. Kamu akan menemukan 400 tanaman (laut) yang berbeda, hampir 100 spesies burung yang dilindungi atau hampir punah, keledai liar, penyu hijau dan lobus laut Mediterania di Gramvoúsa.

Pantai Balos adalah laguna dan terletak di teluk berbentuk mangkuk. Warna-warna air laut di laguna dangkal sangat eksotis karena warna hijau kebiruan. Disini juga terdapat benteng Venesia abad ke-16 di tebing yang layak dikunjungi. Pantai ini adalah salah satu yang paling indah di Yunani.

5. Pantai Kedrodasos

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duavivaelafonisi.com

Pantai berpasir yang indah ini terletak di barat daya Kreta dekat Elafonisi. Pantai adalah pilihan bagi pencari kedamaian dan penikmat alam yang ingin menghindari kerumunan orang banyak. Kedrodasos dapat dicapai dengan mengambil jalan ke Sklavopoula tepat sebelum Elafonisi

6. Pantai Stavros

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duahttps://www.booking.com

Pantai Stavros terletak di sisi utara semenanjung Akrotiri di sebelah timur Chania. Ini adalah pantai berpasir di teluk bundar yang dilalui oleh sungai dan ini diketahui karena bagian dari film "Zorba the Greek".

Satu sisi didominasi oleh gunung tinggi. Di sebelah pantai utamaadalah pantai lain yang lebih tenang. Ada juga sisa-sisa kota tua atau benteng tua yang diukir di bebatuan dan gua pemujaan kuno Minoan yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

7. Pantai Seitan Limania

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duacreti.co

Pantai Seitan Limania adalah sebuah teluk kecil dekat Chania di Kreta. Pantai ini terletak di teluk berbentuk S di semenanjung Akrotiri, tidak jauh dari bandara. Dari kota Chania, jaraknya sekitar 22 kilometer atau sekitar setengah jam perjalanan dengan mobil. Jalan menuju pantai Seitan Limania bagus, tapi tidak mudah untuk dilalui. Tidak ada jalan beraspal dan harus berjalan kaki. Tidak ada fasilitas di pantai Seitan Limania jadi bawalah cukup air minum dan makanan.

Baca Juga: 10 Potret Cantik 'Santorini Greece', Pulau Memesona di Daratan Yunani

8. Pantai Aspri Limni

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duagreece.terrabook.com

Aspri Limni atau Danau Putih adalah salah satu pantai teraneh di Kreta yang sedikit diketahui orang. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan bebatuan dan dikelilingi oleh bebatuan tajam yang mengingatkan pada sebuah danau kecil berwarna keputihan di dalam laut. Untungnya, pantai tidak dieksploitasi oleh industri pariwisata dan tetap menjadi surga yang tak tersentuh.

Tidak ada tempat teduh alami di daerah tersebut. Pantai ini terletak 500 m di barat biara Chrysoskalitissa dan 70 km barat daya kota Chania. Ribuan pengunjung tertarik dengan laguna Elafonissi yang eksotis di dekatnya.

8. Pantai Triopetra

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duaarsinoi-studios.gr

Triopetra adalah surga yang tidak jarang dijamah di Kreta, terletak di daerah antara Agia Galini dan Preveli, di pantai selatan Rethymnon. Airnya sangat jernih. Ada tempat untuk berjemur dipantai dan di tavernas ada shower. Jalannya sempit, tapi beraspal namundengan pemandangan yang indah. Triopetra dapat dicapai dengan mobil dalam waktu satu jam dari kota Rethymnon.

10. Pantai Preveli

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duacreti.co

Preveli, juga dikenal sebagai Préveli, adalah magnet di pantai selatan Kreta dan terkenal bagi semua pengunjung pulau. Daerah ini memiliki dua biara (Kato Moni dan Piso Moni) dan pantai yang indah juga dipenuhi dengan pohon-pohon palem yang orang sering menyebutnya sebagaiPalm Beach.

Jarak dari Rethymnon adalah 38 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Hutan pohon palem dan pantai Preveli berada di ujung ngarai Kourtaliotiko. Bagian terakhir dari ngarai ini panjangnya sekitar tiga kilometer dan di tengah jalan ada aliran kecil yang mengalir dari Megalo Potamo ke Laut Libya.

11. Pantai Plakias

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duafamilygoesout.com

Bagi pencari ketenangan dan kedamaian, mengunjungi pantai ini menjadi suatu keharusan. Pantai ini adalah salah satu yang terbesar di selatan Kreta. Karena di sini bisa sangat berangin, wisatawan sering berselancar disini. Desa Plakias di dekatnya menawarkan banyak fasilitas dan akomodasi wisata.

12. Pantai Livadi

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duacrete-beaches.com

Livadi adalah sebuah desa nelayan kecil di semenanjung Akrotiri di bagian barat laut Kreta. Livadi memiliki pantai berpasir sepanjang 60 meter. Air jernihnya sangat dangkal dan pantainya terlindungi dengan baik dari ombak. Sangat cocok untuk liburan dengan anak kecil. Kamu dapat menyewa kursi berjemur dan payung di pantai. Ada juga ruang ganti dan toilet.

13. Pantai Matala

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duacreti.co

Matala adalah resor tepi laut yang unik di antara bebatuan di Selatan Tengah Kreta. Kota tepi laut Matala adalah salah satu tempat wisata terbesar di Kreta. Matala memiliki lokasi yang unik di antara tebing kapur di mana lubang-lubang di bebatuan memberikan tempat ini tampilan yang terkenal.

Teluk Matala yang indah sempit dan terbuka ke barat, sehingga pengunjung dan penduduk Matala memiliki pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan dari pantai. Matala sangat populer di tahun enam puluhan karena merupakan titik pertemuan bagi hippie dari seluruh Eropa dan masih memiliki karakter hippy hingga hari ini.

14. Pantai Agiofarago

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duacretanbeaches.com

Pantai ini mengambil namanya dari sebuah ngarai. Ngarai Agio Farago terletak di dekat Matala dan berakhir di salah satu pantai terbaik di Kreta. Ngarai ini menawarkan pemandangan indah dari bebatuan tinggi. Setengah jalan melalui ngarai, kamu juga akan menemukan gereja yang indah dengan sebuah gua. Perjalanan berakhir dengan pemandangan indah pantai dengan laut. Ini adalah perjalanan yang layak dilakukan.

15. Pantai Malia

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duacretanbeaches.com

Pantai Malia terletak di teluk yang indah dan juga disebut sebagai pantai terindah dan terbaik di Kreta. Ada total enam pantai yang berbeda dengan total panjang 4,5 kilometer. Pantai Malia sangat ideal untuk keluarga dengan anak-anak karena airnya tenang dan tidak terlalu dalam.

Tempat berjemur dan payung bisa disewa di pantai. Ada juga banyak bar dan restoran. Pantai terbesar di Malia adalah Pantai Golzanie, pantai selebar 700 meter ini juga disebut. Mudah dijangkau melalui jalan utama dari pusat Malia ke pantai.

16. Pantai Vai

16 Pantai Kece di Pulau Kreta, Yunani yang Keindahannya Tiada Duawe-love-crete.com

Di timur laut Kreta, kamuakan menemukan Pantai Bounty atau Vai Beach yang terkenal di dunia. Dikelilingi oleh hutan palem yang membuat merasa bahwa kamu berada di sebuah pulau tropis alih-alih di Eropa. Pantai ini sangat populer dan bisa sangat ramai di musim liburan. Pantai Vai mudah dijangkau dengan mobil dari Agios Nikolaos, Sitia atau Ierapetra.

Meski terpisah dari daratan Eropa khususnya Yunani, namun jangan anggap remeh keindahan Pulau Kreta. Karena disana menyimpan berbagai pantai yang indah dan sangat layak untuk dikunjungi.

Baca Juga: 5 Dessert yang Wajib Dicoba di Yunani, Yummy Abis!

Muhammad Ubaidillah Photo Community Writer Muhammad Ubaidillah

Fans Liverpool FC yang mengisi waktu luangnya dengan membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You