Comscore Tracker

6 Tempat di Bali untuk Membeli Kerajinan Khas, Klasik dan Bohemian! 

Tawarlah bila kamu benar-benar akan membelinya

Siapa di sini yang setiap kali traveling atau ke pusat perbelanjaan #DiIndonesiaAja, rasanya kurang lengkap kalau belum mengunjungi toko yang menjual pernak pernik hasil kerajinan tangan?

Pastinya kamu pernah mengalami hal seperti ini terutama kalau sedang bepergian ke tempat yang populer akan kerajinan tangannya seperti Bali. Selain penasaran ingin melihat langsung produk lokal apa saja yang mereka jual, kamu juga ingin membeli produk tersebut untuk dijadikan cendera mata atau untuk koleksi pribadi. 

Sembari jalan-jalan melihat #WonderfulIndonesia, kamu dapat membeli oleh-oleh khas Bali maupun barang untuk koleksi pribadi di toko-toko lokal bahkan di pasar berikut ini.

1. Pasar Seni Ubud

6 Tempat di Bali untuk Membeli Kerajinan Khas, Klasik dan Bohemian! collectivegen.com

Daerah Ubud memang sudah terkenal sebagai pusatnya kesenian di pulau Bali. Di sini terdapat Pasar Seni Ubud yang menjual berbagai kerajinan mulai dari tas rotan, selendang, keranjang rotan hingga patung-patung. Konon tempat ini juga menjadi tempat syuting film Hollywood yang berjudul "Eat, Pray, Love" yang dibintangi oleh Julia Roberts.

Pasar Seni Ubud berada di jalan Raya Ubud no. 35. Pasar ini buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga jam 6 malam. Pengunjung diizinkan untuk menawar di tempat ini.

Lebih disarankan untuk mengunjungi pasar seni di pagi hari lebih baik karena selain sepi, beberapa pedagang di pasar memiliki kepercayaan bahwa dagangan mereka akan laris hari itu apabila mereka berhasil menjual dagangan di pagi hari sesaat setelah mereka membuka toko. Nah, tips ini boleh dicoba nih, karena siapa tahu sewaktu kamu berbelanja di pagi hari, kamu berhasil mendapatkan the best price dari penjual toko. 

 

2. Pasar Seni Sukawati

6 Tempat di Bali untuk Membeli Kerajinan Khas, Klasik dan Bohemian! Instagram/infowisatabali

Pasar seni Sukawati yang berada di jalan Raya Sukawati, Gianyar juga tidak kalah terkenalnya dengan pasar seni Ubud. Di dalam pasar seni ini kamu juga akan menemukan beragam pilihan dari baju, kaos, patung pahat, dan lukisan. Pengunjung juga diizinkan untuk menawar di tempat ini. Sebisa mungkin kamu sudah berkeliling ke beberapa tempat sebelum memutuskan untuk menawar dan akhirnya membeli barang yang kamu incar. 

Perlu kamu ketahui, apabila pasar Sukawati ini terlihat penuh dan mungkin kurang nyaman, kamu dapat mengunjungi pasar seni Guwang yang tidak jauh dari sini. Barang yang dijual hampir sama, kok.  Menurut berbagai sumber, pasar Sukawati ini yang paling sering dikunjungi oleh turis sehingga tidak heran tempat ini selalu ramai. 

Pasar buka pukul 6 pagi. Tetapi apabila ingin mencari benda-benda seperti lukisan, rata-rata toko baru beroperasi pukul 10 pagi. Untuk mengetahui secara pasti jam buka toko, kamu dapat bertanya di hotel tempat menginap bagian concierge atau ke pemandu wisata lokal.   

3. Pasar Seni Guwang

6 Tempat di Bali untuk Membeli Kerajinan Khas, Klasik dan Bohemian! Instagram.com/riannaforto

Pasar Seni Guwang ini juga dikenal dengan nama Pasar Seni Sukawati 2. Pasar ini terletak di jalan Raya Guwang, tidak jauh dari Pasar Sukawati yang pertama.

Alasan utama Pasar Seni Guwang dibuka adalah untuk mengurangi kepadatan pengunjung di Pasar Seni Sukawati. Barang-barang yang dijual sama, hanya saja Pasar Seni Guwang lebih rapi dibandingkan dengan Pasar Sukawati 1. 

Baca Juga: 10 Destinasi Honeymoon Paling Favorit di Dunia, Bali Nomor Satu!

4. Kuta Art Market

6 Tempat di Bali untuk Membeli Kerajinan Khas, Klasik dan Bohemian! Instagram.com/sposatos

Kuta art market terletak di jalan Melasti yang tidak jauh dari Pantai Legian dan beroperasi dari jam 6 pagi hingga 11 malam. Pasar ini menjual aneka macam benda yang dapat dijadikan suvenir atau pun untuk koleksi pribadi. Sama seperti di pasar pada umumnya, kamu bisa melakukan tawar-menawar di tempat ini.

5. Curative Concept Store di Ubud

6 Tempat di Bali untuk Membeli Kerajinan Khas, Klasik dan Bohemian! Instagram.com/curativebali

Curative menjual berbagai macam benda mulai dari aksesori wanita, tas, kaus, baju hingga produk kulit. Curative berada di jalan Hanoman no. 24 di Ubud dan tutup di hari senin. Jam operasional dari jam 11 pagi hingga 5 sore. 

 

6. Jenggala

6 Tempat di Bali untuk Membeli Kerajinan Khas, Klasik dan Bohemian! Instagram.com/jenggala_official

Jenggala adalah sebuah outlet yang menjual beragam peralatan makan dari keramik. Mereka memiliki tiga factory outlet di Bali. Namun selama masa pandemi ini hanya outlet di jalan Sunset no. 1, di daerah Kuta saja yang beroperasi.

Jam operasional untuk outlet ini dimulai dari jam 10 pagi hingga 6 malam. Alternatif lain, kamu juga dapat membeli di laman official mereka di jenggala.com. Mereka juga sering mengadakan program diskon terutama menjelang akhir tahun. 

Itulah 6 tempat di Bali yang menjual kerajinan tangan dalam bentuk lukisan, dekorasi rumah, tas, dan pakaian. Produk-produk ini tidak kalah bagusnya dengan produk buatan luar negeri, sehingga kamu cukup berbelanja di #DiIndonesiaAja. Namun, jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan saat bepergian jauh via kereta maupun pesawat ya.

#WonderfulIndonesia memang menyimpan sejuta pesona. Hanya #DiIndonesiaAja kamu bisa menemukan beragam destinasi menarik, kuliner eksotik, dan pengalaman liburan unik. Untuk informasi wisata Indonesia lainnya, kamu bisa klik https://www.indonesia.travel

 

 

 

Baca Juga: 5 Wisata Bali yang Dekat dengan Bandara Ngurah Rai, Selain Pantai Kuta

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @1001diarycollections.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya