Comscore Tracker

Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan Tips

Pesona alam di gunung tertinggi di Pulau Jawa

Salah satu gunung berapi yang masih dikenal aktif di Jawa Timur yakni Gunung Semeru. Puncaknya berada pada ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, sehingga menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. 

Pemandangan sungguh memesona, terlebih keindahan dari Ranu Kumbolo yang berada di tengah-tengah jalur pendakian. Meski butuh perjuangan yang tak main-main, Gunung Semeru selalu jadi tujuan favorit para pendaki.

Sebelum mendaki ke sana, simak dulu info wisata Gunung Semeru berikut yuk!

1. Rute perjalanan

Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan TipsIlustrasi pendakian Semeru. instagram.com/mariabeatrce

Kalau ingin memulai perjalanan menuju Gunung Semeru, ada baiknya berangkat dari Kota Malang. Berikut rute perjalanan yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi.

  • Dari Malang, melajulah menuju Tumpang, Poncokusumo, Gubuk Klakah, Ngadas, dan Ranu Pane. Perjalanan ini memakan waktu selama kurang lebih 3-4 jam. 

Rute yang bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan umum.

  • Dari Terminal Arjosari, gunakan angkot dengan kode TA menuju Pasar Tumpang. Setelah sampai di Tumpang, lanjutkan perjalanan menuju Ranu Pane dengan menyewa mobil jeep. Satu mobil jeep bisa mengantarkan 14 orang sekaligus, dengan harga Rp38 ribu per orang. Kamu juga bisa menyewa satu jeep sekaligus dengan ongkos Rp550 ribu.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/johanwa_

Lokasi: Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga tiket: WNI Rp19 ribu pada hari biasa dan Rp24 ribu di akhir pekan, sedangkan WNA Rp210 ribu pada hari biasa dan Rp310 ribu di hari libur

3. Jalur pendakian

Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/_botol_kecap_

Berikut jalur yang bisa kamu ambil untuk mencapai puncak Mahameru:

  • Ranu Pane - Ranu Kumbolo: Perjalanan akan dimulai dari Ranu Pane menuju ke Ranu Kumbolo melalui Watu Rejeng. Jika takut tersesat, kamu bisa menyewa pemandu atau hanya tinggal mengikuti jalanan setapak hingga Ranu Kumbolo. Perjalanan melalui jalur ini memakan waktu selama kurang lebih tiga jam.
  • Ranu Kumbolo - Kalimati: Meninggalkan Ranu Kumbolo, pemandangan menuju Kalimati akan sangat memanjakan mata. Butuh waktu sekitar tiga jam untuk sampai di Kalimati, sehingga pastikan botol minum terisi penuh. Sesampainya di Kalimati, kamu bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Gugusan bintangnya bakal sangat cantik.
  • Kalimati - Mahameru: Pada sesi akhir ini, dari Kalimati, sebaiknya berangkat pada pukul 02.00 untuk menikmati suasana matahari terbit yang memesona.

Baca Juga: Info Wisata Gunung Ijen Banyuwangi: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

4. Ada apa aja sih di Gunung Semeru?

Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/erwin_armansyah

Hal utama yang bisa kamu lakukan di Gunung Semeru adalah menikmati keindahan Ranu Kumbolo. Danau air tawar yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru, ini punya luas area sekitar 15 hektare.

Ranu Kumbolo bukan tempat yang asing lagi bagi para pendaki. Di pinggiran danau inilah, biasanya mereka transit dengan mendirikan tenda sebelum melanjutkan perjalanan mendaki menuju puncak Mahameru.

Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/zulfanboy

Kamu juga bisa menikmati keindahan dari Tanjakan Cinta yang merupakan jalan setapak menuju bukit. Kemiringannya sekitar 45 derajat dan letaknya pun tepat di setelah Ranu Kumbolo menuju Oro-oro Ombo.

Terdapat mitos yang beredar, ketika kamu melewati Tanjakan Cinta, jangan sesekali menoleh ke belakang. Konon, kamu akan mengalami putus cinta nantinya. Terlepas dari itu semua, hamparan rumput hijau di Tanjakan Cinta ini begitu menawan. 

Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/citilink

Salah satu tempat yang paling favorit untuk mendapatkan foto indah adalah Oro-oro Ombo. Di tempat ini, kamu akan disuguhi pemandangan indah berupa padang savana yang amat luas dengan bunga-bunga cantik.

Uniknya, pada musim tertentu, bunga-bunga lavender bermekaran, sehingga membuat padang savana menjadi hamparan lautan berwarna ungu. Lokasi yang sangat sempurna untuk dijadikan latar berfoto yang kece.

5. Tips mengunjungi Gunung Semeru

Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/pendakilawas

Berikut tips yang bisa kamu terapkan saat liburan ke Gunung Semeru:

  1. Pastikan membawa semua persyaratan untuk melakukan pendakian, seperti fotokopi KTP, surat keterangan sehat, dan sudah melakukan registrasi.
  2. Bawalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, jangan hanya membawa mie instan!
  3. Bawalah obat-obatan pribadi dan mendasar.
  4. Pastikan persediaan air minummu cukup sampai pendakian selesai ya.

Nah, itulah info seputar wisata di Gunung Semeru yang bisa kamu jadikan panduan saat liburan ke sana. Jadi, kapan nih mau mendaki?

Baca Juga: Info Wisata Danau Sentani Papua: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya