Comscore Tracker

Wisata Curug Lawe Semarang: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Karena Semarang gak cuma wisata sejarah aja

Semarang merupakan salah satu destinasi paling ramai di Jawa Tengah. Kota ini memang tak memiliki banyak wisata alam seperti Yogyakarta, tapi bukan berarti tidak menarik untuk dijelajahi, lho.

Selain Lawang Sewu, Semarang punya wisata alam yang menawan, salah satunya Curug Lawe. Air terjun yang berada di kaki Gunung Ungaran ini bisa jadi alternatif liburan yang seru banget.

Sebelum pergi ke sana, simak informasi wisata lengkapnya Curug Lawe Semarang di bawah ini! Ada info rute, lokasi, harga tiket, aktivitas serunya, hingga tips liburan.

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Wisata Curug Lawe Semarang: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/tjieuw

Lokasi: Desa Kalisidi, Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-16.00 WIB

Harga tiket: Rp5.000

2. Rute yang bisa kamu lalui

Wisata Curug Lawe Semarang: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/fadhil5002

Kamu bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Semarang. Jarak perjalanan ke Curug Lawe sekitar 23 kilometer dengan waktu tempuh satu jam. 

Ambil jalur ke Jalan Semarang-Surakarta, lalu lanjutkan ke Jalan Perintis Kemerdekaan. Saat bertemu pertigaan, belok ke kanan menuju Jalan Kali Pepe III di Pundakpayung. Ikuti jalannya sampai ada pertigaan lagi, belok ke kanan ke Jalan Pramuka.

Setelah bertemu Taman Amongrogo, belok ke kiri ke Jalan Giok. Teruskan perjalanan sampai ke Jalan Rimau, di sana bakal ada petunjuk jalan menuju parkiran Curug Lawe. Kamu harus turun dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Baca Juga: Wisata ke Curug Leuwi Hejo: Info Rute, Lokasi, dan Harga Tiket

3. Aktivitas seru saat liburan ke Curug Lawe

Wisata Curug Lawe Semarang: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/yuanitaerryw

Setelah memarkirkan kendaraan, bukan berarti kamu bakal langsung melihat air terjunnya, lho. Kamu harus melanjutkan perjalanan dengan trekking di jalur yang cukup menantang.

Selama perjalanan, kamu bakal ditemani pemandangan alam yang menawan. Belum lagi dengan suara alamnya, bikin hati makin tenang. Saat trekking, kamu juga bakal melalui bendungan kecil, yakni Bendungan Sidomble. Bisa banget buat mampir foto.

Wisata Curug Lawe Semarang: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/singgihdatya

Semua rasa lelahmu bakal terbayar ketika sudah sampai di Curug Lawe. Dari kejauhan, kamu sudah bisa melihat air terjun ini yang menyerupai benang-benang halus. Airnya jernih, segar, dan dingin banget.

Airnya pun juga langsung mengalir menuju sungai-sungai kecil. Tetap ada kolam yang menampung debit airnya terlebih dahulu. Dikelilingi tebing cekung membuat Curug Lawe terasa sejuk dan damai.

Wisata Curug Lawe Semarang: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/delfialfa

Setelah puas menikmati suasana alam di Curug Lawe, saatnya 'mencicipi' air kolamnya yang segar. Kamu bisa sekadar bermain air di pinggir kolam atau berenang sekaligus. Kolamnya tak terlalu dalam, sehingga cukup aman bagi pemula.

Kalau sudah lelah menjelajah kolam air terjunnya, beristirahatlah di beberapa kedai makanan. Ada pula beberapa gazebo yang bisa kamu gunakan untuk piknik bersama keluarga.

4. Tips saat berkunjung ke Curug Lawe

Wisata Curug Lawe Semarang: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/hanifusmandanu

Supaya liburanmu di Curug Lawe tetap aman dan nyaman, terapkan beberapa tips berikut ini:

  1. Datanglah saat cuaca sedang cerah, hindari ketika hujan turun. Jalur trekking jadi licin, bisa terjadi hal buruk nantinya.
  2. Sebaiknya datang saat hari masih pagi, karena pemandangannya jadi lebih indah dan kamu bisa berlama-lama di sini.
  3. Pastikan kamu menggunakan alas kaki yang empuk dan nyaman. Mengingat kamu bakal berjalan cukup jauh.
  4. Pulanglah sebelum pukul empat sore, karena suasana di sekitar jembatan dan area hutan bakal gelap setelah jam tersebut.
  5. Bawalah baju ganti dan air minum yang cukup. Memang ada yang jual, tapi kamu pasti kelelahan saat berjalan jauh.

Nah, itulah informasi lengkap ke Curug Lawe di Semarang yang bisa kamu jadikan panduan wisatamu nantinya. Bakal jadi obat hati dan pikiran yang penat, nih. Dijamin langsung fresh kembali.

Baca Juga: 20 Curug di Bogor Terbaru 2020 untuk Pelesiran Akhir Pekan Tanpa Cuti 

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya