Comscore Tracker

Sedih, Ini 7 Wisata di Dunia yang Hilang dalam Lima Tahun Terakhir!

Disebabkan ulah manusia, erosi, hingga kebakaran

Bukan rahasia lagi kalau setiap tahun jumlah pariwisata di dunia semakin bertambah, karena selalu muncul yang baru. Jenis wisata yang ditawarkan pun sangat beragam, sehingga pengunjung tak akan merasa bosan.

Namun, tahukah kamu kalau beberapa wisata populer di dunia hancur dalam beberapa tahun terakhir?

Dalam lima tahun terakhir, ada beberapa destinasi wisata andalan dunia yang hancur karena berbagai sebab. Dilansir dari Brightside, berikut beberapa tempat wisata populer di dunia yang "hilang".

1. Notre-Dame de Paris, Prancis

Sedih, Ini 7 Wisata di Dunia yang Hilang dalam Lima Tahun Terakhir!nst.com.my

Dipandang sebagai salah satu contoh arsitektur bergaya gotik terbaik di dunia, Notre-Dame de Paris di Prancis harus tutup sementara. Hal itu disebabkan kebakaran yang terjadi pada April 2019. Padahal, katedral Katolik ini jadi jujugan andalan saat ke Paris.

Menurut polisi setempat, api yang membakar habis bagian atas hingga tengah Notre-Dame de Paris ini berasal dari konstruksi. Selama delapan abad, tempat ini difungsikan sebagai pusat agama, budaya, dan pendidikan yang menginspirasi masyarakat dunia.

2. Legzira Beach, Maroko

Sedih, Ini 7 Wisata di Dunia yang Hilang dalam Lima Tahun Terakhir!usgs.gov

Pantai indah ini sempat jadi salah satu landmark paling disanjung di Maroko. Sepasang gapura melengkung dari bebatuan cokelat ini jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Namun, gapura alam tersebut runtuh pada September 2016.

Pengunjung yang datang mengaku sudah sering melihat retakan dan bebatuan berjatuhan dari lengkungan tersebut. Banyak yang menganggap hal itu disebabkan karena erosi, sehingga cepat atau lambat pasti akan runtuh.

3. Temple of Bel, Suriah

Sedih, Ini 7 Wisata di Dunia yang Hilang dalam Lima Tahun Terakhir!english.alaraby.co.uk

Terletak di Tadmur, Suriah, kuil ini merupakan reruntuhan bangunan dengan banyak pilar. Suasananya yang gersang menambah kesan kuno yang estetik. Sayangnya, kuil utama Temple of Bel dihancurkan pada 2015 karena perang.

Padahal, kuil tersebut sudah masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Kini, yang tersisa dari kuil tersebut hanyalah sepasang tiang yang berdiri rapuh di tengah reruntuhan.

4. Joshua Tree National Park, Amerika Serikat

Sedih, Ini 7 Wisata di Dunia yang Hilang dalam Lima Tahun Terakhir!ktla.com

Taman nasional di California, Amerika Serikat, ini menawarkan ekosistem gurun dengan geologi yang unik. Berbagai macam tanaman dengan bentuk tak biasa tumbuh subur di sini.

Gak heran kalau itulah yang menjadi daya tarik utama taman nasional ini ramai. Salah satu tanaman paling tersohor adalah pohon joshua yang berasal dari Gurun Mojave.

Sayangnya, banyak kasus penebangan dan kebakaran membuat populasinya berkurang. Sedihnya lagi, tanaman tersebut membutuhkan waktu 200-300 tahun untuk pulih.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Dunia yang Sempat Hilang, Termasuk Candi Borobudur

5. The Little Mermaid, Denmark

Sedih, Ini 7 Wisata di Dunia yang Hilang dalam Lima Tahun Terakhir!chinadaily.com

Siapa sih yang gak pernah mendengar cerita The Little Mermaid? Patung putri duyung ini dibuat oleh Edvard Erisken pada 1909. Bentuknya yang indah dan menawan membuatnya tampak indah, apalagi letaknya yang berada di pinggir sungai.

Sebenarnya, warga dunia sudah kehilangan patung ini berkali-kali. Bahkan, mungkin tak ada orang yang pernah melihatnya secara lengkap. Sebab, patung ini telah dipenggal dua kali, kehilangan lengan, dan dirusak dengan cat dan ukiran grafiti.

6. Lake Mackenzie, Australia

Sedih, Ini 7 Wisata di Dunia yang Hilang dalam Lima Tahun Terakhir!thesaturdaypaper.com.au

Danau di Tasmania ini menjadi salah satu destinasi paling indah di Australia. Dikelilingi pegunungan dan ditumbuhi beragam tanaman membuat suasananya menakjubkan. Namun, pada Januari dan Februari 2016, Tasmania mengalami insiden kebakaran semak.

Hal tersebut mempengaruhi ekosistem di Lake Mackenzie. Tanaman unik pun juga terbakar habis, yakni pinus pensil kuno.

Sedihnya lagi, tak ada kesempatan untuk beregenerasi karena keadaan tanah yang rusak. Butuh waktu lama untuk melihat tempat ini hijau kembali.

7. Brimham Rocks, Inggris

Sedih, Ini 7 Wisata di Dunia yang Hilang dalam Lima Tahun Terakhir!bliss.com

Brimham Rocks sebenarnya hanya tumpukan bebatuan yang jadi lokasi peninjauan ilmiah. Namun, kecantikannya tak terbantahkan, apalagi susunan bebatuannya terbilang ekstrem tapi tetap seimbang.

Kerusakan terjadi pada Juni 2018, anak-anak menjatuhkan salah satu batu penyeimbang dan akhirnya hancur berkeping-keping. Padahal, batu tersebut sudah dibentuk oleh angin dan es selama jutaan tahun.

Itulah beberapa tempat wisata populer di dunia yang hilang dalam lima tahun terakhir. Sangat disayangkan karena apa yang dirusak merupakan warisan bumi yang sepatutnya kita jaga. Semoga hal buruk ini tidak terjadi lagi, ya!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Ekstrem di Indonesia, Surganya Pencinta Adrenalin

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya