Comscore Tracker

5 Gunung di Bali yang Indah, Wajib Dielajahi untuk Para Pendaki

Siapkan fisikmu, guys

Indonesia dikenal dengan banyaknya pegunungan yang menawan. Di balik cantik dan indahnya pegunungan tersebut, ternyata medannya juga menantang untuk para pendaki tapi para pendaki akan merasa puas kita sudah di atas puncak gunung.  Yuk, simak beberapa gunung di Bali yang wajib banget d kunjungi karena memiliki sunrise yang begitu indah!

1. Gunung Agung

5 Gunung di Bali yang Indah, Wajib Dielajahi untuk Para PendakiGunung Agung (Intsagram.com/rajarimba_adventure)

Gunung Agung ini merupakan puncak tertinggi di Pulau Bali dengan ketinggian mencapai 3.031 meter di atas permukaan laut dan Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovulkan, gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang kadang-kadang mengeluarkan asap dan uap air.

Gunung ini berlokasi di Kabupaten Karangasem, tidak hanya menjadi gunung tertinggi di Pulau Bali, namun juga menjadi gunung yang dianggap suci oleh masyarakat Bali, terdapat dua jalur pendakian yang bisa kamu pilih, yaitu dari Desa Junggul dan jalur Pura Pasar Agung. 

2. Gunung Batukaru

5 Gunung di Bali yang Indah, Wajib Dielajahi untuk Para PendakiGunung Batukaru (Instagram.com/dinadinathi)

Gunung Batukaru  menempati peringkat kedua sebagai gunung tertinggi di Bali dengan ketinggian mencapai 2.276 meter di atas permukaan laut.

Gunung Batukaru adalah gunung yang sudah mati dan terletak di wilayah Tabanan Gunung ini diselimuti oleh hutan lebat, Gunung Batukaru ini memiliki 3 jalur pendakian yang bisa kamu pilih, yaitu Pura Batukaru, Desa Jatiluwih dan yang terakhir adalah Desa Pujungan 

Baca Juga: Sejarah Gunung Batukaru, Gunung yang Dikeramatkan di Tabanan Bali

3. Gunung Abang

5 Gunung di Bali yang Indah, Wajib Dielajahi untuk Para PendakiGunug Abang (Instagram/oktasaragih_)

Gunung Abang memiliki ketinggian mencapai 2.152 meter di atas permukaan laut dan berada di Kabupaten Bangli dan diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Agung di sebelah timur dan Gunung Batur di sebelah barat.

Di antara Gunung Abang dan Gunung Batur ini terdapat sebuah danau cantik yang cukup populer dan sering menjadi tujuan wisata, yaitu Danau Batur. Jika kamu ingin mendaki Gunung Abang ini, terdapat dua jalur yang bisa dilalui. Jalur pertama adalah jalur Songan  dan jalur desa Suter.

4. Gunung Batur

5 Gunung di Bali yang Indah, Wajib Dielajahi untuk Para PendakiGunung Batur (Instagram/gabywijayaa)

Gunung Batur sangat indah memiliki tinggi 1.717 meter di atas permukaan laut, memang menjadi salah satu puncak yang cukup terkenal di kalangan wisatawan karena jalur pendakiannya yang tergolong mudah.

Selain memiliki jalur pendakiannya yang mudah dan nyaman, gunung ini juga bisa dicapai dari beberapa desa.

Meskipun jalan menuju puncaknya tidak terlalu susah, namun bukan berarti pemandangannya tidak indah, Gunung Batur terkenal dengan keindahan sunrise-nya.

5. Gunung Lesung

5 Gunung di Bali yang Indah, Wajib Dielajahi untuk Para PendakiGunung Lesung (Instagram.com/mdplmedia)

Gunung Lesung adalah salah satu gunung di Pulau Dewata yang memiliki keindahan luar biasa karena gunung setinggi 1.865 meter di atas permukaan laut tersebut dikelilingi oleh pepohonan hijau dan juga bangunan tua yang ada di sekitarnya membuat gunung ini menjadi semakin menarik.

Di sebelah selatan gunung ini terdapat Danau Tamblingan yang membuat pemandangan di sekitar gunung ini jadi semakin indah. Bahkan, gunung ini juga memiliki sebuah kawah yang kerap mengeluarkan uap panas. Meskipun dibutuhkan perjuangan lebih untuk mencapai puncaknya, namun semua rasa lelah akan sirna setelah melihat pemandangan yang menawan tersebut.

Bali memang sangat unik. Memiliki banyak pantai dan gunung yang indah, keindahan alam dari gunung-gunung tersebut bahkan gak kalah indah dari tempat wisata yang sudah populer di Bali, lho.

Baca Juga: Turis Asing Telanjang di Gunung Batur Bali, Viral di TikTok

Likha Molo Photo Writer Likha Molo

Hidupku hanya untuk Memuliakan-Mu Tuhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya