Comscore Tracker

Selain Labuan Bajo, Ini 5 Tempat Wisata Memukau di Pulau Flores

Banyak permata tersembunyi! #LokalIDN

Pulau Flores pun menjadi tempat wisata terkenal dan banyak diminati oleh wisatawan asing. Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata populer di pulau ini, namun ternyata masih banyak lho destinasi wisata di Pulau Flores dengan keindahan alam luar biasa yang belum banyak terjamah oleh orang-orang.

Nah, untuk kamu yang berencana ingin berwisata ke Pulau Flores, lima tempat wisata ini wajib kamu masukkan ke dalam list tempat liburanmu!

1. Desa Wae Rebo

Selain Labuan Bajo, Ini 5 Tempat Wisata Memukau di Pulau Floresinstagram.com/barli8js

Desa Wae Rebo merupakan salah satu destinasi wisata wajib yang harus kamu kunjungi saat ke Pulau Flores yang berada di Kabupaten Manggarai. Selain menikmati keindahan alamnya yang luar biasa, kamu bisa mengenal lebih dekat tentang adat penduduk lokal di desa ini. Meskipun untuk mencapai desa ini tidak mudah, namun semuanya akan terbayarkan sesampai kamu tiba.

Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat penduduk lokal Desa Wae Rebo yang melakukan upacara adat "Penti" sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang dilakukan setiap tahun di pertengahan bulan November.

2. Danau Kelimutu

Selain Labuan Bajo, Ini 5 Tempat Wisata Memukau di Pulau Floresinstagram.com/martunanda/

Destinasi memukau selanjutnya yang bisa memanjakan matamu yaitu Danau Kelimutu yang berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau yang terletak di Gunung Kelimutu ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki tiga warna air yang berbeda. Warna air di danau ini pun sering berubah-ubah sewaktu-waktu yang disebabkan oleh faktor iklim dan cuaca.

Baca Juga: Wisata Danau Kelimutu Flores: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

3. Pantai Koka Maumere

Selain Labuan Bajo, Ini 5 Tempat Wisata Memukau di Pulau Floresinstagram.com/barli8js/

Destinasi selanjutnya yang tak banyak diketahui yaitu Pantai Koka Maumere yang berada di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Flores. Keindahan pantai Koka ini seperti permata tersembunyi karena keberadaannya yang belum diketahui banyak wisatawan. Pantai ini memiliki keunikan pada pesisir pantainya yang terbelah oleh bukit kecil dan seperti membentuk angka 3 jika dilihat dari atas.

Pantai Koka Maumere juga diapit oleh dua bukit kecil yaitu Bukit Rodja di sebelah barat pantai dan Bukit Ndate Sare di sebelah timur pantai. Menariknya lagi di bagian bawah kaki Bukit Rodja terdapat sebuah gua batu bernama Lia Wio yang hanya bisa dilihat saat air surut. Sedangkan pada Bukit Ndate Sare terdapat gua buatan atau bunker bekas peninggalan prajurit Jepang saat Perang Dunia II. Kedua gua ini dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat sakral.

4. Bukit Wolobobo

Selain Labuan Bajo, Ini 5 Tempat Wisata Memukau di Pulau Floresinstagram.com/z_arman7/

Jika kamu ingin merasakan sensasi seperti berada di negeri di atas awan, Bukit Wolobobo yang terletak di Desa Turekisa, Kecamatan Gelowa Barat, Kabupaten Ngada, Flores ini bisa jadi destinasi wisatamu. Di atas Bukit Wolobobo ini kamu bisa menikmati keindahan alam Flores yang menawan dengan pemandangan Gunung Inerie yang merupakan gunung berapi tertinggi di Flores.

Di Bukit Wolobobo ini kamu bisa beristirahat atau bersantai di lopo yang sudah disediakan sambil menikmati suasana asri dengan hawa sejuk yang bakal bikin kamu betah berlama-lama di tempat ini.

5. Lingko Spider Web Rice Fields

Selain Labuan Bajo, Ini 5 Tempat Wisata Memukau di Pulau Floresinstagram.com/martunanda/

Gak kalah memukau dengan destinasi lainnya, sawah yang berbentuk seperti sarang laba-laba atau biasa juga disebut dengan "Lingko" ini bisa jadi tujuan tempat wisatamu yang berada di Desan Cancar, Kabupaten Manggarai, Flores. Bentuknya yang unik dan berbeda dari sawah-sawah pada umumnya membuat tempat ini cukup banyak dilirik para wisatawan untuk melihat keindahannya yang menawan. 

Tempat wisata yang memukau di Pulau Flores, Nusa Tenggara Barat, layak banget kamu kunjungi. Meskipun kamu akan melakukan liburan, tetap patuhi protokol kesehatan dan tak lupa untuk menjaga kelestarian alam sekitar ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui sebelum Berkunjung ke Desa Wae Rebo, NTT

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya