Comscore Tracker

Ada Emas hingga Baju Perang, Ini 5 Pasar Jalanan Terbesar di Dunia

Tempat favorit di kalangan wisatawan, nih!

Mengunjungi berbagai tempat-tempat indah di belahan dunia kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pusat barang-barang lokal. Selain memanjakan lidah, street market atau pasar jalanan menawarkan produk yang bisa dijadikan suvenir saat berlibur. Barang-barang yang dijual biasanya berasal dari pengrajin lokal yang tidak bisa diragukan lagi kualitasnya.

Ada berbagai pasar buruan wisawatan yang cukup populer di dunia. Barang-barang yang ditawarkan seperti emas, pernak-pernik hingga baju perang dunia. Pasar-pasar ini memiliki keunikan tersendiri yang tentunya membuat liburanmu lebih menyenangkan. Berikut pasar-pasar terbesar di dunia yang perlu kamu ketahui. 

1. Pasar Kashgar, Cina 

Ada Emas hingga Baju Perang, Ini 5 Pasar Jalanan Terbesar di DuniaUnsplash.com/ Weiqi Xiong

Pasar Kashgar merupakan pasar yang berada di Xinjang, Cina. Pasar ini cukup terkenal di dunia karena berada di sepanjang Jalur Sutra. Para pedagang dari timur dan barat berkumpul untuk menjual barang-barang lokal. Bahkan bagi wisatawan, pasar Kashgar memiliki keunikan tersendiri yang sayang jika tidak diabadikan dengan kamera. 

Wisatawan bisa berburu rempah-rempah, suuvenir, tekstil hingga hewan ternak yang beraneka ragam. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pasar adalah hari Minggu, di mana ada banyak pengunjung dari berbagai macam etnis. Kamu juga bisa menemukan permadani khas Asia Tengah dengan kualitas dan harga yang menarik. 

2. Gold Souk, Dubai 

Ada Emas hingga Baju Perang, Ini 5 Pasar Jalanan Terbesar di Duniathrillophilia.com

Gold Souk merupakan pasar emas terkenal yang berada di Diera, Dubai. Jika kamu berkunjung ke pasar ini, maka sepanjang jalan terlihat berkilauan dengan berbagai macam perhiasan emas.

Semua barang di pasar ini terlihat otentik dengan keaslian yang diawasi pemerintah. Selain perhiasan emas, kamu juga bisa menemukan pernak-pernik lucu yang dikombinasikan dari berlian, mutiara, platinum hingga perak. 

Keunikan lain dari Gold Souk ini adalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan pasar-pasar lain. Diperkirakan ada sekitar 10 ton emas yang dipamerkan pada 300 toko di Gold Souk. Selain itu, pedagang-pedagang yang berjualan di sini bersedia untuk tawar menawar hingga mendapatkan harga yang pas. 

Baca Juga: 10 Benda di Dubai yang 'Biasa' Dilapisi Emas

3. Grand Bazaar, Turki 

Ada Emas hingga Baju Perang, Ini 5 Pasar Jalanan Terbesar di DuniaPixabay.com/Polat Dover

Grand Bazaar atau Kapalicrasi merupakan pasar paling populer di Istanbul, Turki. Pembangunan dimulai sejak tahun 1455 hingga 1461 atas perintah Sultan Mehmed II. Semula, pasar ini didirikan untuk meningkatkan perekonomian pasca penaklukan Konstantinopel. Ada sekitar 22 pintu masuk yang menjangkau seluruh sudut pasar.

Hingga saat ini, Grand Bazaar menjadi pasar tertua dan terbesar di dunia yang diminati jutaan wisatawan. Sepanjang pasar dipenuhi 4000 toko yang menjual berbagai macam perhiasan, barang-barang antik, tekstil hingga karpet. Ada banyak produk lokal yang dibuat oleh tangan-tangan pengrajin dengan kualitas yang tinggi. 

4. Pasar loak Saint Ouen, Paris

Ada Emas hingga Baju Perang, Ini 5 Pasar Jalanan Terbesar di Dunialesoir.be

Berlibur ke Perancis tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Paris. Jangan lupa untuk mengunjungi pasar barang antik yang cukup terkenal, yaitu Saint Ouen.

Pasar ini merupakan rumah bagi ribuan pasar antik di Paris. Salah satu pasar terkenal yang berada di Saint Ouen adalah Marche aux Puces de Cignancourt yang menawarkan berbagai barang-barang antik yang berkualitas.

Pasar ini memiliki luas sekitar 7 hektar  dan menggabungkan setidaknya 15 pasar loak. Ada sekitar 3000 kios yang bisa kamu kunjungi dengan berbagai barang antik yang berbeda.

Barang-barang antik seperti perabotan dari perak, karpet, jam dinding, lampu kristal hingga baju Perang Dunia I dan II bisa ditemukan di pasar ini. Selain berbelanja, kamu juga bisa menikmati live music yang menambah keseruan saat berbelanja.

5. Queen Victoria Market, Melbourne

Ada Emas hingga Baju Perang, Ini 5 Pasar Jalanan Terbesar di DuniaPixabay.com/ Konkarampelas

Queen Victoria Market merupakan pasar yang terletak di jantung kota Melbourne, Australia. Pasar ini memiliki luas sekitar 17 hektar dan cukup terkenal dikalangan turis mancanegara. Desain bangunan khas Eropa menjadikan pasar ini menarik untuk dikunjungi. Ada berbagai makanan dan produk lokal yang membuat liburanmu lebih menyenangkan.

Berdiri sekitar 1000 kios yang ditata dengan rapi dan bersih. Selain produk lokal dan souvenir, kamu juga bisa menemukan kios daging kanguru. Tak ketinggalan berbagai macam kuliner dan festival yang pasti membuatmu jatuh hati ketika mengunjungi Queen Victoria Market. 

 

Nah, itulah beberapa pasar paling populer yang menjadi destinasi wisata para turis dalam berburu produk lokal dan suvenir. Mulai nikmati liburanmu dengan mengunjungi pasar-pasar yang memanjakan mata, yuk. 

Baca Juga: 5 Tempat Belanja Batik di Solo Selain Pasar Klewer, Sekalian Cuci Mata

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya