Comscore Tracker

5 Pesona Teluk Tomini, Destinasi Wajib untuk Para Pencinta Diving 

Teluk Tomini, surga terpendam di Sulawesi #LokalIDN

Sebagai negara kepulauan, laut Indonesia menyimpan berbagai pesona indah yang tersembunyi, salah satunya yaitu Teluk Tomini. Terletak di 3 wilayah provinsi di pulau Sulawesi, Teluk Tomini dikenal sebagai teluk terbesar di Indonesia.

Dengan puluhan pulau dan alam bawah laut yang masih alami, Teluk Tomini menjadi salah satu destinasi wisata taman laut terbaik bagi para penyelam.

Penasaran dengan kecantikan pantai dan taman bawah laut teluk satu ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Teluk terbesar Indonesia

5 Pesona Teluk Tomini, Destinasi Wajib untuk Para Pencinta Diving Instagram.com/tedydj

Teluk Tomini atau Teluk Gorontalo adalah perairan luas yang terletak di Pulau Sulawesi. Dengan luas kurang lebih 6 hektar, Teluk Tomini berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. Di teluk ini, terdapat sekitar 90 pulau indah dengan potensi wisata yang beragam.

2. Heart of the coral triangle

5 Pesona Teluk Tomini, Destinasi Wajib untuk Para Pencinta Diving Instagram.com/parigiequatordiving

Teluk Tomini terletak persis di garis khatulistiwa. Berperan penting bagi dunia, Teluk Tomini memiliki ekosistem laut semi tertutup yang menjadi rumah bagi terumbu karang endemik, mangrove, sumber daya pesisir, dan sumber daya perikanan yang melimpah.

Dengan segala kekayaannya, Teluk Tomini disebut sebagai jantung dari segitiga terumbu karang dunia (heart of coral triangle).

Baca Juga: 6 Resort di Tanjung Bira Ini Suguhkan Panorama Pantai yang Eksotis

3. Terdapat ratusan titik diving

5 Pesona Teluk Tomini, Destinasi Wajib untuk Para Pencinta Diving Instagram.com/parigiequatordiving

Teluk Tomini adalah destinasi sempurna bagi para penyelam dan pencinta wisata bahari. Dengan 4 buah taman laut yang terletak di 3 provinsi, terdapat sekitar 210 titik diving yang tersebar di seluruh teluk. Keempat taman laut tersebut antara lain yaitu Taman Laut Olele, Taman Laut Pulau Bitila, Taman Laut Buyat, dan Taman Nasional Kepulauan Togean.

4. Surganya terumbu karang

5 Pesona Teluk Tomini, Destinasi Wajib untuk Para Pencinta Diving Instagram.com/parigiequatordiving

Berada di kawasan gunung api aktif bernama Gunung Colo, teluk ini adalah surga bagi berbagai spesies terumbu karang dengan luas kawasan mencapai 1.031 hektar. Salah satu spot strategis untuk melihat kekayaan terumbu karang di Teluk Tomini yaitu Taman Nasional Kepulauan Togean di Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Dilansir dari publikasi LIPI, tercatat bahwa di Kepulauan Togean terdapat hingga 216 jenis karang keras pembentuk terumbu.

5. Beragam kegiatan seru

5 Pesona Teluk Tomini, Destinasi Wajib untuk Para Pencinta Diving Instagram.com/tripinc_id

Tak hanya diving dan snorkeling, para wisatawan juga dapat menikmati berbagai kegiatan seru lainnya di Teluk Tomini. Mulai dari berenang, berlayar, memancing, atau sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan pulau dan keunikan budaya penduduk sekitar. Salah satu rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi adalah pemukiman suku Bajoe, suku pelaut asli Sulawesi.

Nah, itu dia 5 keelokan yang bisa kamu nikmati jika berkunjung ke Teluk Tomini. Bagaimana, tertarik menelusuri keindahan bawah lautnya?

Baca Juga: 5 Titik Diving dan Snorkeling di Bunaken yang Wajib Didatangi

Nurul M Photo Verified Writer Nurul M

Berusaha menulis sesuai fakta. Mohon maaf jika terdapat misinformasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya