Comscore Tracker

6 Hal Menarik dari Kastil Egeskov, Destinasi Sejarah Odense-Denmark

Bisa banget dikunjungi saat liburan ke Odense

Odense merupakan salah satu kota di Denmark yang menjadi pusat kota dari Pulau Finen. Perlu waktu sekitar dua jam dari Kopenhagen untuk mencapai Kota Odense. Salah satu bangunan bersejarah di kota Odense adalah kastil Egeskov, kastil parit yang paling terawat di Eropa.

Kastil ini dapat dicapai kurang lebih 30 menit dari pusat kota Odense. Kastil Egeskov selesai dibangun pada tahun 1554 oleh Frands Brockenhuus. Pada awalnya Kastil ini dibangun sebagai bangunan pertahanan pada saat terjadi kerusuhan politik dan agama.

Oleh karena itu, kastil ini dibangun di tengah danau untuk menghindari serangan sekaligus untuk menyimpan cadangan air pada saat terjadi pengepungan. Mari kita lihat enam hal yang menarik di Kastil Egeskov berikut ini. 

1. Museum Mobil Veteran

6 Hal Menarik dari Kastil Egeskov, Destinasi Sejarah Odense-DenmarkKoleksi Mobil dan Pesawat Terbang/instagram/egeskovslot

Mulai dibuka sejak tahun 1967 museum mobil di kastil Egeskov menyimpan banyak koleksi pesawat terbang dan kendaraan bermotor. Kalian bisa melihat delapan pesawat terbang dan satu helikopter yang berusia sekitar 50 tahun di museum ini.

Selain itu, kalian juga bisa melihat koleksi mobil klasik yang sudah dirawat dengan indah dari akhir abad 19 hingga tahun 1980an. Salah satu mobil tertua yang dapat dikendarai di museum ini adalah mobil tenaga uap dari tahun 1889. Jangan lupa untuk berjalan-jalan di bagian atas museum, kalian bisa melihat sekitar 60 mobil, 15 motor, dan beberapa moped yang siap untuk direstorasi.

2. Museum Falck

6 Hal Menarik dari Kastil Egeskov, Destinasi Sejarah Odense-Denmarkkoleksi mobil pemadam kebakaran/egeskov.dk

Museum ini menampilkan sejarah perkembangan layanan penyelamatan masyarakat dari tahun 1906 ketika stasiun penyelamatan pertama didirikan di Kopenhagen hingga saat ini. Falck merupakan perusahaan ambulan, pemadam kebakaran, dan penyelamatan internasional yang beroperasi di seluruh dunia.

Museum Falck menampilkan sejarah Falck di dua aula besar, berisi koleksi kendaraan darurat dan benda-benda bersejarah lainnya. Kalian bisa melihat ambulans bersejarah dan stasiun penyelamatan asli, seperti pada tahun 1970-an dengan pusat kendali, kendaraan, dan tempat tinggal kru.

Baca Juga: 9 Fakta Kastil Himeji di Jepang yang Kabarnya Menjadi Kastil Berhantu 

3. Rumah Boneka "Istana Titania"

6 Hal Menarik dari Kastil Egeskov, Destinasi Sejarah Odense-Denmarkkoleksi rumah boneka istana titania/instagram/egeskovslot

Rasakan keajaiban menakjubkan di Istana Titania, rumah boneka yang dibangun oleh perwira dan pelukis Tentara Inggris Sir Nevile Wilkinson.

Kalian bisa melihat sekitar 3000 benda-benda unik, dan juga harta budaya kecil yang dikumpulkan dari segala penjuru dunia. Istana ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1922.

4. Camping Outdoor Museum

6 Hal Menarik dari Kastil Egeskov, Destinasi Sejarah Odense-Denmarkfoto museum camping outdoor/egeskov.dk

Ingin melihat bagaimana orang-orang danish menikmati hari liburnya di luar ruangan? Kastil Egeskov sejak Mei 2021 menawarkan objek wisata berupa museum perkemahan di luar ruangan

Kalian bisa melihat dari dekat segala sesuatu yang membentuk perkemahan Denmark dan kehidupan luar ruangan yang telah dilakukan selama beberapa dekade. Mulai dari tenda-tenda katun kecil yang berangin, melalui retro-idyll di karavan pada 1960-an, hingga glamping ultra-modern dan sejarah kehidupan luar ruang bagi jiwa-jiwa petualang hari ini

5. Taman Bunga Kastil

6 Hal Menarik dari Kastil Egeskov, Destinasi Sejarah Odense-DenmarkTaman Bunga/instagram/egeskovslot

Taman kastil di Egeskov dirancang oleh Niels Krag Muda yang berada di Egeskov dari tahun 1722-1740. Desain taman terinspirasi dari taman kastil di Fredensborg dan Frederiksborg serta di Versailles.

Kebun bunga di kastil ini terdiri dari area-area luas yang dikelilingi oleh pagar tanaman tinggi, yang tertinggi berukuran 8 meter. Taman bunga ini menyajikan pemandangan hamparan bunga-bunga indah yang menyegarkan mata dan juga menenangkan pengunjungnya. Tidak hanya menikmati taman berbunga, paduan danau di kastil ini sangat menarik untuk menghabiskan waktu.

6. Café Jomfru Riborg di Tengah Kebun Egeskov

6 Hal Menarik dari Kastil Egeskov, Destinasi Sejarah Odense-Denmarkcafe jomfru riborg/Instagram/egeskovslot

Menikmati kopi dan kue di tengah-tengah kebun menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Menawarkan konsep dan menu yang menarik, cafe ini menyajikan beragam masakan yang menggoda termasuk pasta buatan sendiri dan hidangan yang dimasak dengan bumbu-bumbu dan sayuran segar dari kebun Egeskov.

Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan satu keranjang makanan untuk piknik ditengah kebun, tapi kalian harus memesan ini 3 hari sebelumnya. 

Seru-seru banget kan spot yang ada di kastil ini? Apakah kalian berminat untuk mengunjungi tempat ini suatu saat nanti?

Oki Silvie Wildiyanti Photo Writer Oki Silvie Wildiyanti

everything will be okay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya