Tempat Wisata Taman Safari Bogor: Harga Tiket, Rute, dan Tipsnya

Wisata asyik bareng keluarga di akhir pekan

Taman Safari Indonesia menjadi salah satu ikon wisata di Bogor. Destinasi yang cocok dikunjungi bareng keluarga ini menawarkan pengalaman liburan yang seru, sekaligus menjadi sarana edukasi. 

Kamu bisa mengenalkan dunia satwa kepada anak. Lokasinya yang berada di kawasan Puncak bikin kita makin betah berlama-lama di sini. Sebelum ke sana, cek dulu informasi lengkap mengenai tempat wisata Taman Safari Bogor di bawah ini ya!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket Taman Safari Bogor

Tempat Wisata Taman Safari Bogor: Harga Tiket, Rute, dan Tipsnyainstagram.com/taman_safari

Lokasi: Jalan Raya Puncak Nomor 601, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam operasional: 

  • Senin-Jumat: 08.30-17.00 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan hari libur: 08.00-17.00 WIB
  • Safari malam: 18.30-21.00 WIB

Harga tiket:

  • Senin-Jumat (anak-anak): Rp170 ribu
  • Senin-Jumat (dewasa): Rp195 ribu
  • Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur (anak-anak): Rp210 ribu
  • Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur (dewasa): Rp230 ribu

2. Rute menuju ke Taman Safari Bogor

Tempat Wisata Taman Safari Bogor: Harga Tiket, Rute, dan Tipsnyainstagram.com/taman_safari

Rute:

  1. Menggunakan kereta api: dari Stasiun Bogor bisa naik angkutan umum nomor 02 ke arah Sukasari. Setelah itu, naik angkutan umum lagi untuk turun di pertigaan Taman Safari Cisarua. Kamu bisa melanjutkan dengan naik ojek motor. 
  2. Menggunakan bus: dari Jakarta naik bus dari Kampung Rambutan jurusan Jakarta-Bandung. Jangan lupa turun di pertigaan Taman Safari, lalu dilanjutkan dengan ojek.
  3. Menggunakan mobil pribadi: dari Jakarta masuk ke Tol Jagorawi, lalu keluar di Gadod atau Ciawi untuk menuju ke Cisarua, Bogor. Ketika sampai di Jalan Raya Puncak, belok ke kanan, dan masuk ke Jalan Taman Safari. 

3. Kilas sejarah Taman Safari Bogor

Tempat Wisata Taman Safari Bogor: Harga Tiket, Rute, dan Tipsnyainstagram.com/taman_safari

Sebenarnya, Taman Safari Bogor merupakan yang pertama hadir di Indonesia, sebelum bermunculan Taman Safari Prigen dan Bali. Taman safari ini dibangun di atas perkebunan kina yang tidak produktif pada 1980. Setelah itu, taman safari dijadikan Pusat Penangkaran Satwa Langka Indonesia pada 1990.

Sebelumnya, luas taman safari hanya sekitar 50 hektare. Kini, berkembang menjadi sekitar 168 hektare yang dilengkapi beragam koleksi satwa dan wisata edukasi terkini. 

Baca Juga: 10 Hotel Murah di Bogor, Pilihan Staycation Asyik Saat Liburan

4. Koleksi hewan Taman Safari Bogor

Tempat Wisata Taman Safari Bogor: Harga Tiket, Rute, dan Tipsnyainstagram.com/taman_safari

Kategori satwa di Taman Safari Bogor dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu Baby ZooBird Aviary, Komodo Island, Penguin House, Primate Center, dan Reptile Tunnel. Di Baby Zoo, kamu bisa berinteraksi dengan leopard, singa, dan orangutan.

Sesuai namanya, Bird Aviary  menjadi "rumah' untuk berbagai jenis burung. Komodo Island, Penguin House, Primate Center, dan Reptile Tunnel sesuai dengan namanya pula, menunjukkan koleksi komodo, penguin, reptil, serta hewan primata di Taman Safari. 

5. Jenis-jenis safari yang ditawarkan

Tempat Wisata Taman Safari Bogor: Harga Tiket, Rute, dan Tipsnyainstagram.com/taman_safari

Jenis safari:

  • Safari siang: dilakukan dengan petualangan menyusuri habitat hewan selama 45 menit. Setelah selesai, kamu bisa menikmati wahana permainan, seperti rumah hantu dan bom-bom car. Bisa juga melihat pameran satwa dan pertunjukan edukasi. 
  • Istana Panda menawarkan interaksi langsung dengan panda. Kamu bisa menemui sepasang Giant Panda dari China, Cai Tao dan Hu Chun. Kamu juga akan merasa seolah berada di China, karena desain arsitekturnya khas Negeri Tirai Bambu.
  • Safari Malam cocok buat kamu yang ingin pengalaman berbeda. Kamu bisa menikmati jelajah kehidupan malam satwa dengan naik kereta wisata terbuka. Selesai tur, kamu bisa naik wahana permainan, seperti komidi putar. Ada juga pertunjukan malam, salah satunya Wild Hunter Show and Firedance
  • Safari Trek dan Outbound: lebih mengajarkan bagaimana caranya menyusuri trek-trek tertentu. Kamu juga akan diajarkan soal beragam tanaman obat dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata Taman Safari Indonesia di Bogor. Liburan asyik di akhir pekan bareng keluarga, nih!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Horor di Bogor, Pesona Alamnya Tetap Indah 

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You