Comscore Tracker

Wisata Pantai Siung Gunung Kidul: Lokasi dan Aktivitas Seru

Bisa berenang dan berkemah di sini

Siapa, nih, yang suka healing di pantai? Ada rekomendasi pantai cantik dengan pasir putih yang bersih di Yogyakarta, lho. Namanya Pantai Siung.

Selain cantik, pantai ini juga luas serta dilengkapi tanaman pandan di sisi-sisinya. Permukaan airnya pun jernih dan bebas sampah. Bisa terbayang kan, gimana cantiknya pantai ini. Buat kamu yang tertarik berwisata ke Pantai Siung, simak terlebih dahulu informasi lengkapnya di bawah ini.

Lokasi Pantai Siung

Wisata Pantai Siung Gunung Kidul: Lokasi dan Aktivitas Seruinstagram.com/rudi_purnomo25

Pantai Siung berada di Duwet, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya cukup terpencil, tapi kamu sudah bisa mengakses rute ini dengan jalan yang cukup bagus. Selain itu, letaknya juga terdeteksi di Google Maps.

Untuk datang ke sini, pengunjung direkomendasikan membawa kendaraan pribadi, karena jalurnya lumayan menanjak dan berkelok. Di samping itu, ruas jalannya pun sempit. Maka dari itu, pastikan pula kendaraanmu dalam kondisi baik supaya gak mogok di perjalanan.

Baca Juga: Wisata Pantai Baron Gunung Kidul: Rute, Harga Tiket dan Keindahannya

Harga tiket dan jam operasional Pantai Siung

Wisata Pantai Siung Gunung Kidul: Lokasi dan Aktivitas Seruinstagram.com/lalangbayyu

Keindahan Pantai Siung bisa dinikmati hanya dengan membayar Rp3 ribu saja per orang. Namun, kamu juga perlu mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp2 ribu jika membawa motor dan Rp5 ribu apabila mengendarai mobil. Terjangkau banget, kan?

Serunya lagi, gak ada jam malam di sini, sehingga kamu bisa berkunjung ke Pantai Siung kapan pun. Bahkan bisa menginap juga, lho. Namun, bagi pengunjung yang ingin bermalam di sini, ada baiknya melakukan booking  penginapan supaya gak kehabisan tempat.

Aktivitas seru di Pantai Siung

Wisata Pantai Siung Gunung Kidul: Lokasi dan Aktivitas Seruinstagram.com/exploreyogyajateng

Pesona Pantai Siung jangan sampai dilewatkan begitu saja. Pasalnya, terdapat beberapa rekomendasi kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sini. Yuk, intip daftarnya!

1. Bermain air

Pengunjung Pantai Siung diperbolehkan bermain air dan pasir di tepi pantai. Bagi yang ingin berenang pun kawasan ini sudah cukup aman, kok. Namun, untuk keselamatan, silakan pakai pelampung jika kamu takut tenggelam.

2. Jalan-jalan di Bukit Pengilon

Terdapat kawasan Bukit Pengilon di sebelah timur Pantai Siung. Bukit ini akan menyambutmu dengan hamparan rumput hijau indah. Gak jarang, banyak pengunjung datang ke sini untuk menikmat momen sunset saat sedang berkemah.

3. Panjat tebing

Meskipun pesona Pantai Siung begitu menawan, siapa sangka tempat ini punya tebing tinggi dengan 250 spot yang menatang. Deretan tebing ini pun meraih penghargaan sebagai The Best Climbing Rocks Site in Yogyakarta. Kamu berani coba gak?

4. Berkemah

Bagi pencinta alam, Pantai Siung dapat menjadi rekomendasi spot berkemah yang tepat. Umumnya, pengunjung akan memasang tenda di belakang karang besar, dengan tarif Rp10 ribu. Jika ingin lebih praktis, cobalah sewa rumah panggung di sekitar kawasan pantai.

5. Hammock

Jangan lupa bawa hammock saat berwisata ke Pantai Siung. Kamu bisa memasangnya di antara tebing untuk mendapat sensasi yang berbeda. Baiknya, gunakan kaca mata hitam saat bersantai di atasnya, supaya sinar matahari gak mengganggu aktivitas bersantaimu.

Nah, itulah informasi menarik Pantai Siung yang harus kamu ketahui sebelum ke sana. Oh, iya, jangan lupa selfie saat berada di kawasan tebing, pasti keren banget.

Next, mau liburan kemana, nih? Cek rekomendasi tempatnya di IDN Times, ya.

Baca Juga: Wisata Pantai Slili Gunung Kidul Jogja: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya