Comscore Tracker

5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Ubud, Gak Cuma Foto Sawah

Biar liburanmu makin berkesan dan stok fotomu melimpah

Mendengar kata Ubud, Bali, kamu pasti langsung terngiang sama lanskap sawahnya yang hits banget di media sosial. Apalagi untuk turis asing, berfoto di Tenggalang Rice Terraces jadi hal yang wajib dilakukan di sana.

Tapi yang bisa kamu lakukan di sana bukan cuma itu saja lho. Jadikan liburanmu di Ubud lebih berkesan dan antimainstream dengan melakukan lima kegiatan seru di bawah ini!

1. Jalan-jalan ke Sacred Monkey Forest Sanctuary

5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Ubud, Gak Cuma Foto Sawahwanderersandwarriors.com

Nama asli tempat ini sebenarnya Mandala Wisata Wenara Wana. Tapi, wisatawan lebih mengenalnya dengan nama Sacred Monkey Forest Sanctuary, karena terletak di Jalan Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar. Seperti namanya, kamu bakal ditemani ratusan kera yang bebas berlalu-lalang. 

Jadi kalau datang membawa buah pisang atau makanan, siap-siap diserbu ya. Kalau datang ke sini, disarankan jangan membawa terlalu banyak barang dan memakai aksesoris seperti bando, anting, atau kalung yang bisa menarik perhatian mereka.

2. The Campuhan Ridge Walk

5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Ubud, Gak Cuma Foto Sawahdolandolen.com/alyona

Campuhan Ridge Walk adalah sebuah jogging track di kawasan Kelusa, Payangan, Jalan Raya Campuan, Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Meski begitu, kamu gak bakal merasa kelelahan karena lintasan sepanjang dua kilometer ini membelah perbukitan dan rumput ilalang yang sangat indah. Apalagi ketika meluncur sejak pagi buta, pemandangan sunrise yang membingkai bukit nampak berkali lipat indahnya.

Jangan lupa bawa perbekalan minum dan makanan ringan, karena selama 1,5 jam perjalananmu menyusuri Campuhan Ridge Walk tak akan ada tempat menjual logistik. Gak perlu membawa banyak uang, karena tempat yang beralamat di Jalan Raya Campuan, Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali ini gratis!

3. Hiking ke Gunung Batur

5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Ubud, Gak Cuma Foto SawahInstagram.com/nuris_lovingwine

Gunung Batur letaknya memang sekitar satu jam perjalanan dari Ubud, tapi masih mudah dijangkau. Waktu trekking yang dibutuhkan sekitar 2,5 jam dengan medan yang cukup menantang. Tapi, kalau sudah mager duluan, pikirkan seindah apa hadiah yang kamu dapatkan ketika sudah tiba di puncaknya. 

Gunung Batur jadi salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit di Bali, dengan pemandangan Gunung Agung dan Rinjani dari puncaknya. Pendaki pemula jangan khawatir, kamu bisa menyewa guide dengan tambahan biaya sekitra Rp400 ribu.

Baca Juga: 10 Wisata yang Dikenal Paling Horor di Pulau Jawa, Berani ke Sini?

4. Ikut kelas memasak

5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Ubud, Gak Cuma Foto SawahTripadvisor.com

Gak seru kalau ke Ubud cuma cari kulinernya aja, sesekali coba ikutan kelas masak di Ketut's Bali Cooking Class, deh. Tempat makan sekaligus kursus yang ada di Banjar Laplapan, Ubud, ini membuka kelas khusus untuk para wisatawan dan turis asing yang ingin coba memasak makanan khas Bali.

Didampingi instruktur, kamu bakal diajak belanja bahan-bahannya di pasar terdekat sampai semua proses memasak selesai.

5. Belanja di Pasar Seni Tradisional Ubud

5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Ubud, Gak Cuma Foto SawahInstagram.com/dayusri07

Tutup perjalanan serumu dengan memilih oleh-oleh di Pasar Seni Tradisional Ubud, yang berlokasi di Jalan Raya Ubud nomor 35, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Kamu yang suka banget dengan pernak-pernik dari rotan dan bergaya Bohemian, jangan sampai melewatkan tempat ini ya. Mulai dari hiasan dinding, topi, hingga tas rotan yang artsy, bisa kamu dapat di sini dengan harga terjangkau.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan selama liburan di Ubud. So, kapan nih mau ke Ubud?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Palembang, Hits dan Instagramable Banget!

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You