Comscore Tracker

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang Instagramable

Ngaku arek Suroboyo? Harusnya pernah ke sini

Kamu gak bakal nyangka kalau ternyata Surabaya punya banyak banget lokasi wisata unik, selain mall-mall dan Tugu Pahlawan yang cukup mainstream. Untuk itu, sisihkan waktu sejenak untuk menjelajahi tempat wisata Surabaya berikut ini.

Setelahnya, kamu pasti ketagihan mengeksplor tempat-tempat seru lainnya, deh! Simak beberapa pilihan tempat wisata di Surabaya yang instagramable berikut. 

1. Monumen Parasamya Purnakarya Nugraha

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableMonumen Parasamya Purnakarya Nugraha (Instagram.com/stevanus1976)

Monumen Parasamya Punakarya Nugraha baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur pada Jumat, 28 Desember 2018. Monumen yang masih jadi satu kawasan dengan kantor gubernur ini sekaligus menjadi penanda Titik Nol Kilometer Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

Kabarnya monumen ini didesain oleh I Nyoman Nuarta, seniman yang juga membuat patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

2. De Javasche Bank

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableDe Javasche Bank (Instagram.com/kukiraminggu)

Hayo, pada tahu gak, nama lain dari Museum De Javasche Bank di Surabaya? Museum mata uang ini disebut juga sebagai Museum Bank Indonesia. Ini dibuka pada 2012, setelah proses restorasi selesai.

Museum ini terdiri dari tiga lantai dan menampilkan sejarah sistem perbankan di Indonesia. Ada tiga bagian utama yang bisa kamu temukan di sini. Pertama, ruangan koleksi mata uang lama, ruangan koleksi dari konservasi, dan ruangan koleksi harta budaya.

Selain wisata sejarah, Museum De Javasche Bank ini juga sering jadi spot foto karena cukup instagramable. Kamu bisa berkunjung ke Jalan Garuda Nomor 1, Krembangan, Surabaya, setiap hari, kecuali Senin atau hari libur.

3. Hutan Kota Pakal

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableHutan Kota Pakal (Instagram.com/exploresurabaya)

Hutan Kota Pakal ini mulai dibangun pada 2008 silam dan kini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Meski begitu, gaungnya belum banyak didengar masyarakat Surabaya secara merata. Ruang terbuka hijau ini berlokasi di daerah Pakal, Benowo, Surabaya Barat. 

Hutan kota seluas 13 hektare tersebut saat ini keadaannya sudah jauh lebih proper dengan akses masuk yang semakin mudah. Ada sekitar tujuh gazebo buat bersantai, lahan bermain, taman bunga, dan kolam-kolam ikan. Terdapat pula pembangkit bertenaga biogas yang tenaganya diperoleh dari kotoran kambing dan sapi.

4. Taman Cahaya

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableTaman Cahaya (Instagram.com/yuyungabdi)

Banyak yang bilang kalau Taman Cahaya ini sengaja diciptakan untuk menyaingi Taman Bungkul di jantung Surabaya. Karena secara infrastruktur, penataannya keren mirip Taman Bungkul. Hanya saja, Taman Cahaya dibangun dengan beragam fasilitas untuk olahraga. Di antaranya ada jogging track, lintasan batu refleksi, lapangan basket, dan sebagainya.

Letaknya masih di Surabaya Barat berdekatan dengan Hutan Kota Pakal, yakni di Jalan Raya Pakal. Saat ini pembangunan masih terus dilakukan terutama fasilitas tambahan seperti lampu dan lahan parkir.

5. Kenjeran Park

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableTempat Hiburan Pantai (THP) Kenjeran akhirnya kembali dibuka. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Kini wajah daerah Kenjeran benar-benar berubah, dari yang asalnya kawasan kumuh dan kurang terawat menjadi area wisata andalan  Surabaya. Ragam destinasinya pun makin kaya, tak hanya mengandalkan wisata pantainya. Sekarang hadir bermacam pilihan wisata mulai dari waterpark, amusement park, wisata sejarah, dan budaya. 

Selain itu, kawasan di Jalan Sukolilo, Desa Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya, ini sekarang punya banyak spot indah untuk berfoto. Di antaranya hamparan taman rumput dengan pohon berjajar, serta padang ilalang. Tak jarang lokasi ini dijadikan tempat untuk foto komersil, seperti pre-wedding atau kebutuhan fashion.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terdekat dari Surabaya yang Indah dan Murah Meriah

6. Patung Budha Empat Wajah

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramablePatung Budha Empat Wajah (Instagram.com/exploresurabaya)

Kamu juga bisa menemukan Patung Budha Empat Wajah atau Four Faces Buddha di sudut Pantai Ria Kenjeran. Patung yang berada di lahan seluas 1,5 hektare ini mulai dibangun pada 2003. Sekilas, patung ini terlihat mirip dengan desain patung Buddha yang ada di Bangkok, Thailand.

Seperti namanya, patung setinggi 36 meter ini merupakan sosok Buddha yang tengah duduk dengan empat wajah menghadap di berbagai sisi. Masing-masing wajahnya melambangkan empat sifat yang baik dari Buddha, yakni murahan hati, adil, pengasih, dan meditasi.

7. Pagoda Tian Ti

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramablePagoda Tian Ti (Instagram.com/gustindra)

Masih di kawasan Kenjeran, Pagoda Tian Ti berdiri kokoh sejak tahun 2010 dan menjadi salah satu tempat wisata populer di sana. Pagoda yang juga sering disebut Sky World ini terinspirasi dari desain Pagoda Tian Tan di Beijing, China. Namun, pagoda ini sengaja dibuat sebagai ikon pariwisata baru di Surabaya dan bukan untuk acara ritual keagamaan.

Pagoda Tian Ti terdiri dari tiga lantai dengan diameter 60 meter dan tinggi 58 meter. Konstruksi utamanya terbuat dari baja dan bukan kayu seperti bangunan aslinya. Meski begitu, kesan megah tetap bisa didapat waktu menyaksikannya dari dekat. Kamu bisa menemukannya di Jalan Sukolilo Nomor 100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya.

8. Taman Harmoni Surabaya

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableTaman Harmoni Surabaya (Instagram.com/masayufirda)

Selain Kota Pahlawan, Surabaya dikenal juga sebagai kota seribu taman, karena hampir di setiap sudut kawasannya terdapat taman bunga yang asri. Salah satunya Taman Harmoni yang ada di Jalan Keputih Tegal Timur Nomor 241, Sukolilo, Surabaya. Sebelum dijadikan taman, kawasan ini merupakan tempat pembuangan sampah yang kumuh di daerah Keputih.

Taman Harmoni sudah punya fasilitas umum yang cukup lengkap seperti arena bermain anak-anak, musala, dan toilet. Selain jalan-jalan menikmati taman bunga yang indah, kamu bisa melipir sedikit ke Hutan Bambu Keputih yang masih berada dalam satu area.

9. Mangrove Gunung Anyar

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableMangrove Gunung Anyar (Instagram.com/baguswiii)

Kalau soal wisata mangrove di Surabaya, kamu pasti ingat sama Wisata Mangrove Wonorejo. Padahal Surabaya punya dua lokasi ekowisata, lho! Satunya lagi ada di Gunung Anyar.

Hampir sama dengan Ekowisata Mangrove Wonorejo, kawasan yang berjarak sekitar 30 menit dari Wonorejo ini dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Surabaya. Ini memiliki walking track panjang menembus hutan.

Kamu bisa berkeliling menembus hutan bakau menggunakan perahu nelayan dengan membayar biaya Rp50 ribu per orang. Lokasinya ada di Jalan Medokan Sawah Timur, Segoro Tambak, Medokan Ayu, Rungkut.

10. Pelabuhan Tanjung Perak

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableIlustrasi kapal di Tanjung Perak. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Pelabuhan Tanjung Perak merupakan salah satu wisata di Surabaya, lho. Di sini, kamu bisa bersantai sembari menikmati pesona senja yang indah.

Selain itu, kamu juga bisa melihat kondisi aktivitas jalur laut nasional secara ekonomi maupun transportasi daerah di Indonesia. Buat yang pertama kali datang, pasti akan terpukau dengan pesona alamnya hingga beragam aktivitas di Pelabuhan Tanjung Perak.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Surabaya yang Buka saat Libur Lebaran

11. Taman Bungkul

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableTaman Bungkul (google.com/maps/bembenk swastika)

Taman Bungkul merupakan salah satu taman populer di Surabaya. Taman ini menyajikan berbagai tanaman hijau yang tertata rapi sekaligus berbagai fasilitas lengkap, seperti wifi gratis, plaza, jogging track, BMX track, hingga tempat bermain anak.

Sistem pengamanan pun cukup bagus, pihak Taman Bungkul turut mengawasi aktivitas pengunjung melalui CCTV. Kebersihan di sini pun terjaga, disediakan tong sampah dengan pemisahan jenis-jenis sampah.

12. Kebun Bibit Wonorejo

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableKebun Bibit Wonorejo Surabaya. IDN Times/Indra Zakaria

Jika tengah suntuk di rumah, mencoba beragam aktivitas di Kebun Bibit Wonorejo tampak menyenangkan. Bisa  bersepeda, memancing, atau sekadar menikmati kesegarannya.

Kamu juga bisa berfoto cantik di beberapa spot Kebun Bibit Wonorejo. Selain itu, terdapat kebun binatang mini hingga kolam-kolam kecil yang menarik untuk didatangi.

 

13. Mangrove Tour Wonorejo

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableMangrove Tour Wonorejo (instagram.com/aslisuroboyo)

Satu lagi wisata Mangrove Tour Wonorejo di Surabaya yang dikenal sebagai paru-paru hijau kota. Luas kawasan ini mencapai 200 herktare dengan bentangan alam indah yang menyejukkan mata.

Ada banyak kegiatan seru di Mangrove Tour Wonorejo, seperti berkeliling lokasi dengan perahu, memancing, hingga menikmati kuliner lezat. Kicauan burung yang bersahutan senantiasa terdengar sepanjang kamu berwisata di sini.

14. Citraland Swimming Pool and Tennis Court

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableCitraland Swimming Pool and Tennis Court (google.com/maps/bli manjaya)

Keseruan bermain air di Citraland Swimming Pool and Tennis Court memang gak ada duanya. Di sini, terdapat kolam air besar dilengkapi seluncuran dan berbagai wahana seru. Jika ingin bermain air dengan lebih tenang, silakan datang di luar hari libur, ya.

15. Masjid Muhammad Cheng Hoo

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableMasjid Muhammad Cheng Hoo (google.com/maps)

Masjid Muhammad Cheng Hoo selalu ramai pengunjung karena visualnya yang unik. Masjid ini bergaya arsitektur China dengan dominasi warna merah dan hijau menawan.

Selain beribadah, banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk selfie. Kalau lagi main ke Surabaya, Masjid Muhammad Cheng Hoo gak boleh dilewatkan, ya.

Baca Juga: 10 Julukan Kota Surabaya yang Kaya Makna, Yakin Kamu Sudah Tahu?

16. Jembatan Merah

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableJembatan Merah Youtefa (Holtekamp) di Kota Jayapura, Papua (15/10/2021). (IDN Times/Herka Yanis)

Wisata Jembatan Merah di Surabaya ini sangat hits dan terbilang cukup legendaris, lho. Pasalnya, arsitektur spot ini tampak lekat dengan suasana kolonial. 

Selain itu, Jembatan Merah turut menawarkan pemandangan yang indah. Kamu bisa lihat aliran sungai deras serta pepohonan hijau di sekelilingnya. Saking cantiknya, banyak pengunjung yang menjadikannya area pre-weddinng.

17. Kebun Binatang Surabaya

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableKebun Binatang Surabaya (google.com/maps/kebun binatang surabaya)

Tertarik mengenalkan beragam jenis binatang pada anak? Datang ke Kebun Binatang Surabaya, yuk! Destinasi ini sempat menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara dengan total koleksi 211 spesies dan lebih dari 2 ribu binatang.

Tarif masuk Kebun Binatang Surabaya pun relatif terjangkau, yakni Rp15 ribu per orang. Namun, jika ingin memberi makan komodo atau buaya, kamu perlu bayar Rp15 ribu lagi.

18. Tugu Pahlawan

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableTugu Pahlawan (instagram.com/mariska.utami)

Julukan Kota Pahlawan pada Kota Surabaya turut diwujudkan melalui Monumen Tugu Pahlawan. Bangunan setinggi 41,15 meter ini  memiliki 10 lengkungan dan 11 ruas, didirikan pada 10 November 1945.

Lokasi Monumen Tugu Pahlawan gak jauh dari Kantor Gubernur Jawa Timur. Jika ingin berkunjung, silakan datang pada akhir pekan atau saat car free day agar lebih ramai.

19. Monumen Bambu Runcing

19 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang InstagramableMonumen Bambu Runcing (instagram.com/shobi_gallery)

Satu lagi wisata Surabaya ikonik, yakni Monumen Bambu Runcing yang menjadi salah satu bentuk penghormatan arek-arek Surabaya. Ini konon merupakan bentuk penghargaan terdapat pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan kala itu.

Waktu terbaik berkunjung ke sini adalah sore menjelang malam. Pasalnya, terdapat lampu pernak-pernik yang membuat visual Monumen Bambu Runcing kian mewah dan memesona.

Itulah beberapa tempat wisata di Surabaya terbaru yang instagramable. Kalau mampir ke Surabaya jangan lupa sempatkan waktu untuk berkunjung, ya!

Selain list di atas, masih banyak rekomendasi tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Cek ulasan lengkapnya di IDN Times, ya!

Baca Juga: Jangan Ngaku Warga Surabaya kalau Belum Pernah ke 10 Wisata Ini!

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Hidayat Taufik
  • Bunga Semesta Int
  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya