Comscore Tracker

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Dunia

Perjalanan wisatamu akan terasa lebih meriah

Lain kali jika kamu bepergian ke luar negeri, cobalah untuk berjalan-jalan ke tempat yang biasa dilewati banyak orang. Kamu mungkin akan menemukan beberapa festival lokal yang penuh semangat dan penuh warna. Siapkan kameramu karena kamu tidak akan mau ketinggalan saat-saat menyenangkan yang terbentang di depanmu. Berikut adalah cara orang merayakan 10 festival terbaik dari seluruh dunia:

1. Festival Lentera Terapung

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Duniahawaiimagazine.com

Diadakan setiap tahun pada Hari Peringatan di pantai selatan O'ahu, Festival Lentera Terapung di Hawaii menyatukan lebih dari 40.000 orang di pantai, bergabung dengan ribuan orang di seluruh dunia melalui siaran langsung dan siaran televisi untuk menghormati orang-orang terkasih serta menghasilkan harapan kolektif menuju masa depan.

Festival Lentera Terapung adalah sebuah upacara di mana semua orang dapat berkumpul bersama untuk momen pribadi dan kolektif untuk mengingat, merenung, dan mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah meninggal. Ini adalah kesempatan untuk dikelilingi oleh cinta, pengertian, dan dukungan dari orang lain - bahkan orang asing. Mereka memperkuat diri sebagai sebuah komunitas untuk mendukung orang lain dan membangun pemahaman tentang nilai-nilai serta pengalaman bersama.

2. Festival Melompati Bayi

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Duniaeuroweeklynews.com

Penduduk desa di Spanyol, Castrillo de Murcia, melakukan upacara pemberkatan bayi. Selama acara tahunan ini, bayi dibaringkan di atas kasur untuk ritual. Para pria dengan kostum iblis melompati bayi-bayi itu untuk membersihkan dosa-dosa kecil, keberuntungan dan kesehatan yang baik. Perintah Kepausan baru-baru ini telah meminta para pendeta setempat untuk menjauh dari ritual yang telah berlangsung sejak 1620 itu.

3. Festival Melempar Makanan

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Duniaspanishsabores.com

Sebagian besar dari kita tahu tentang pertarungan La Tomatina Bunol di Spanyol yang terkenal dengan melempar tomat. Tetapi di Spanyol tidak hanya ada festival melempar tomat. Di Batalla del Vino, orang Horo mempersenjatai diri dengan barel untuk perang anggur dan ada juga pertarungan air tahunan di Alpujarras dekat Granada.

Beberapa orang Spanyol yang tidak senang dengan pesta-pesta melempar makanan, justru merayakan pesta mereka sendiri menggunakan tikus mati, semut, dan cat. Itu adalah beberapa benda yang dilemparkan pada perayaan tahunan Spanyol ini.

4. Festival Melubangi Wajah

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Duniacbsnews.com

Nyanyian, doa, dan pesta hampir membuat Thaipusam seperti festival Hindu lainnya yang diadakan untuk menghormati jajaran Dewa. Festival Tamil ini melakukan sesuatu yang berbeda ketika beberapa orang mulai menusuk kulit dan wajah mereka dengan tusuk sate dan berbagai benda lainnya. Rasa sakit dipandang sebagai ujian ketahanan dan cinta untuk Lord Murugun.

5. Festival Telanjang

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Duniatravelbeginsat40.com

Bulan Januari di Jepang sedingin di belahan utara bumi lainnya. Tetapi suhu yang membeku tidak menghalangi ribuan orang berlari di jalan-jalan tanpa mengenakan pakaian. Hadaka Matsuri adalah festival ritual pemurnian yang diadakan dalam berbagai bentuk di seluruh Jepang. Di Inazawa, para pria yang mengenakan kain berjuang menyentuh seorang pria telanjang bernama Shin-otoko untuk mendapat keberuntungan. Festival telanjang ini adalah acara yang menyenangkan tetapi dengan nada signifikansi spiritual.

Baca Juga: 5 Kuliner Nusantara di Ubud Food Festival Mulai Rp30 Ribuan

6. Festival Pengalaman Mendekati Kematian

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Duniaimagenesmy.com

Kembali ke Spanyol lagi, kita sekarang menuju ke Fiesta de Santa Marta de Ribarteme. Festival ini merayakan orang-orang yang telah menghadapi kematian dan hidup untuk menceritakan kisah itu. Di kota kecil Las Nieves, festival ini diadakan untuk menghormati Santa Marta de Ribarteme, santo pelindung kebangkitan.

Pada hari perayaan diadakan parade dimana para korban yang selamat dibawa dalam peti mati ke kuburan dan di sekitar gereja. Persembahan dibuat dan berkah dicari oleh ribuan orang yang memenuhi kota kecil itu setiap tahun.

7. Festival Melempar Warna

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Duniabharatabharati.wordpress.com

Ini adalah satu-satunya festival Hindu di mana orang-orang tidak berpakaian bagus untuk acara ini. Bahkan, pakaian terlama diambil dari lemari untuk persiapan festival melempar warna yang disebut Holi. Dalam festival musim semi ini yang berhubungan dengan Lord Krishna, orang bermain dengan bubuk berwarna-warni yang disebut gulal.

Warna basah juga digunakan di banyak wilayah di India. Makanan dan minuman dicampur dengan tanaman ganja lokal yang disebut bhang disajikan selama festival.

8. Festival Prasmanan Monyet

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Dunialoupak.fun

Seperti namanya, festival ini adalah pesta besar yang diadakan untuk primata Lopburi, Thailand. Banyak buah dan sayuran diletakkan oleh para penyembah untuk menghormati Hanuman, Dewa Monyet. Yang terjadi selanjutnya adalah sebuah kekacauan ketika gerombolan monyet berkerumun di sebuah tempat, mulai menyerang tumpukan makanan dan berinteraksi dengan penonton. Festival ini selama bertahun-tahun telah menjadi lebih mewah dan telah menempatkan provinsi kecil ini di peta pariwisata dunia.

9. Festival Menelan Ikan

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Duniaich.unesco.org

Pada awalnya, mari kita perjelas bahwa ini bukan festival makanan "reguler". Ya, festival melibatkan konsumsi ikan tetapi perbedaannya adalah mereka masih hidup! Hari Minggu terakhir setiap bulan Februari, penduduk Geraardsbergen di Belgia merayakannya selama Festival Krakelingen.

Selain melempar roti gulung, penduduk setempat menelan ikan-ikan kecil berwarna kelabu yang disebut grondeling yang direndam dalam anggur merah. Upacara ini mendapat protes dari aktivis hak-hak hewan yang ingin mengganti ikan hidup dengan makanan berbentuk ikan.

10. Festival Bayi Menangis

10 Festival Tak Biasa yang Ada di Penjuru Duniacordmagazine.com

Pria gemuk berperawakan seperti Sumo bisa menjadi pemandangan yang sangat menakutkan bagi banyak dari kita. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana reaksi bayi ketika dipegang oleh salah satu dari pria tersebut. Di Konaki Sumo, sebuah festival Jepang, pasangan bayi dipegang oleh pegulat Sumo yang saling berhadapan. Pemenangnya adalah bayi yang menangis terlebih dahulu.

Sang pemenang yang menangis akan diangkat oleh orang tua dan difoto. Festival ini didasarkan pada pepatah Jepang "bayi menangis akan tumbuh cepat". Ratapan, tangisan dan isak tangis, pada kesempatan ini, menandakan berkat bagi kesehatan yang baik.

Bagaimana? Tertarik dengan berbagai festival tersebut?

Baca Juga: 15 Potret Seru Festival Kuliner Ampel, Surganya Makanan Enak!

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You