Comscore Tracker

6 Wisata Historikal yang Jadi Lokasi Syuting The King's Affection

Referensi buat kamu yang suka bangunan bersejarah

The King's Affection adalah drama Korea sageuk tahun 2021 yang tayang di Netflix. Drama tersebut berlatarkan kerajaan Korea Selatan pada masa Dinasti Joseon. Bercerita tentang seorang anak perempuan yang harus menyamar menjadi saudara kembar laki-lakinya yang telah meninggal dunia.

Dilansir Koreandramaland, berikut adalah enam lokasi syuting drama Korea The King's Affection yang merupakan tempat-tempat bersejarah dan pedesaan di Korea Selatan. Jika berkunjung ke Korea, jangn lupa untuk mampir, ya!

1. Manhyujeong Pavilion

6 Wisata Historikal yang Jadi Lokasi Syuting The King's AffectionManhyujeong Pavilion (tourandong.com)

Manhyujeong Pavilion adalah kediaman pada masa Kerajaan Joseon yang dibangun pada awal abad ke-16. Terletak di desa Mukgye, Andong, Korea Selatan ini terlihat sangat indah karena pemandangan aliran sungai dari pegunungan.

Lokasi tersebut adalah tempat Tutor Jung (Rowoon) membersihkan dirinya setelah menyelesaikan tugas dari Pangeran Lee Hwi (Park Eun Bin) berupa penangkapan ikan. Tugas tersebut sebagai bukti bahwa Tutor Jung pantas untuk menduduki posisi Tutor Kerajaan.

2. Jeonju Hyanggyo

6 Wisata Historikal yang Jadi Lokasi Syuting The King's AffectionJeonju Hyanggyo (visitkorea.or.kr)

Jeonju Hyanggyo terletak di Distrik Wansan, sekitar 3 jam perjalanan dari Seoul. Bangunan tersebut merupakan lembaga pendidikan yang dibagun pada awal abad ke-15. Kini Jeonju Hyanggyo ditunjuk sebagai salah satu Situs Bersejarah Korea Selatan.

Lokasi tersebut muncul di beberapa episode 'The King's Affection'. Salah satunya ada pada episode pertama, dimana Jung Ji Un muda (Ko Woo Rim) mengejar Dam I muda (Choi Myung Bin) karena ingin berkenalan.

3. Seongju Hangae Village

6 Wisata Historikal yang Jadi Lokasi Syuting The King's Affectioncuplikan drma 'The King's Affection' (dok. netflix / The King's Affection)

Seongju Hangae Village merupakan warisan budaya yang sudah ada sejak abad ke-15. Selain menjadi Warisan Budaya Cerita Rakyat Nasional pada tahun 2007, desa tersebut juga ditetapkan sebagai aset budaya di Provinsi Gyeongsang.

Pada episode pertama 'The King's Affection', Jung Ji Un muda (Ko Woo Rim) mencari sosok Dam I muda (Choi Myung Bin) dan menemukannya di tempat ini. Ketika dewasa, Dam I yang sudah menyamar sebagai Pangeran Lee Hwi (Park Eun Bin) menjadikan lokasi ini sebagai tempat persembunyiannya ketika merindukan Jung Ji Un (Rowoon).

Baca Juga: 10 Fakta Drama Again My Life, Comeback Drama Lee Joon Gi di Tahun 2022

4. Jukjusanseong Fortress

6 Wisata Historikal yang Jadi Lokasi Syuting The King's Affectioncuplikan drama 'The King's Affection' (dok. Netflix / The King's Affection)

Jukjusanseong Fortress adalah kawasan sisa-sisa benteng yang dibangun selama periode tiga kerajaan. Letaknya di puncak setinggi 250 meter dan berbatasan dengan Gunung Bibongsan, Korea Selatan.

Pemandangan indah tersebut menjadi spot rahasia Pangeran Lee Hwi (Park Eun Bin) yang tayang pada episode ke-6 The King's Affection. Saat itu, ia pergi ke sana dengan ditemani oleh Kim Ga On (Choi Byung Chan).

5. Gwanghalluwon Garden

6 Wisata Historikal yang Jadi Lokasi Syuting The King's AffectionGwanghalluwon Garden (jbcia.or.kr)

Gwanghalluwon Garden adalah kompleks taman kuno yang dibangun pada tahun 1419 pada masa pemerintahan Raja Sejong. Taman ini dikenal sebagai The Tale of Chunhyang, sebuah cerita rakyat Korea Selatan tentang sepasang kekasih yang pertama kali bertemu di tempat ini.

Salah satu bagian dari kompleks ini adalah jembatan yang ikonik. Jembatan tersebut muncul di beberapa episode The King's Affection, dan menjadi bagian dari istana. Salah satunya tayang pada episode ke-5, dimana Pangeran Lee Hwi (Park Eun Bin) menyeberangi jembatan tersebut bersama para pelayannya.

6. Sosuseowon Confucian Academy

6 Wisata Historikal yang Jadi Lokasi Syuting The King's AffectionSosuseowon Confucian Academy (yeongju.go.kr)

Sosuseowon Confucian Academy merupakan sekolah yang mempersiapkan anak-anak para bangsawan untuk mengikuti ujian pegawai negri pada masa Dinasti Joseon. Didirikan pada tahun 1542 oleh seorang kepala daerah setempat. Kini, tempat tersebut dijadikan tempat wisata dan ditetapkan sebagai Situs Bersejarah Korea Selatan.

Pada episode ke-2 The King's Affection, Jung Ji Un muda (Ko Woo Rim) melihat ayahnya, Jung Seok Jo (Bae Soo Bin) yang membunuh seorang pelayan istana tanpa ampun. Tak disangka, ternyata Dam I muda (Choi Myung bin) juga tengah menyaksikan kejadian mengerikan itu.

Wah, ternyata meskipun sekarang ini banyak masyarakat yang sudah perlahan melupakan sejarah, pemerintah Korea Selatan tetap sangat merawat dan melestarikan kawasan historikal yang mereka punya. Jangan lupa untuk menjadikan spot historikal di atas menjadi wishlist kamu jika berkunjung ke Korea Selatan, ya!

Ranita Nuzula Photo Writer Ranita Nuzula

Instagram : @ranitanuzula

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya