Comscore Tracker

7 Danau Paling Menakjubkan di Albania, Destinasi Favorit Wisatawan!

#IDNTimesTravel Penat seketika hilang!

Albania merupakan salah satu negara Eropa yang mempunyai keindahan alam yang menakjubkan. Negara ini juga terkenal dengan destinasi wisata yang unik dan juga sekaligus menarik untuk dikunjungi. Selain itu, wisata alamnya juga tak kalah memukau, seperti danau, pantai, pegunungan, hingga sungai.

Salah satu wisata alam yang cukup menarik banyak wisatawan adalah danau. Albania mempunyai beberapa danau yang terkenal akan panoramanya yang begitu memukau. Danau tersebut juga sebagian besar terletak di pegunungan, sehingga memungkinkan pengunjung untuk memperoleh udara yang segar dan bersih dengan lingkungan yang menenangkan.

Berikut tujuh danau paling menakjubkan di Albania, destinasi favorit wisatawan!

1. Danau Shkoder

7 Danau Paling Menakjubkan di Albania, Destinasi Favorit Wisatawan!Danau Shkoder (Instagram.com/fallingintoearth)

Danau Shkoder adalah salah satu danau paling besar di Balkan. Danau ini terletak di antara Albania dan Montenegro. Danau ini merupakan danau kuno yang diberi nama yang sama dengan kota Shkoder. 

Ketika berkunjung ke sini, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti kayak, berenang, berjalan-jalan di sekitar gunung, hingga mengamati beragam burung. Waktu berkunjung terbaik adalah musim semi dan musim panas.

Selain itu, wisatawan juga bisa berkunjung ke Benteng Rozafa kuno yang indah di Shkodër yang terletak berdekatan dengan danau ini.

2. Danau Butrint

7 Danau Paling Menakjubkan di Albania, Destinasi Favorit Wisatawan!Danau Butrint (Instagram.com/_luis89_)

Danau Butrint berlokasi di dekat taman arkeologi Butrint yang merupakan salah satu tempat paling spektakuler untuk dikunjungi di negeri elang. Danau ini juga tak begitu jauh dengan Saranda. Hal tersebut memungkinkannya dapat dengan mudah dianggap sebagai perjalanan sehari dari kota pesisir.

Danau ini begitu jernih dengan warna hijau hingga biru yang sungguh menakjubkan. Selain itu, danau juga cocok dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu berlibur.

3. Danau Ohrid

7 Danau Paling Menakjubkan di Albania, Destinasi Favorit Wisatawan!Danau Ohrid (Instagram.com/ranalmurray)

Danau Ohrid terletak diantara Albania dan Makedonia. Danau ini mempunyai air yang sangat jernih dan cocok untuk berenang  pada saat musim panas tiba. Danau ini menjadi salah satu danau terdalam dan tertua di Eropa dan juga salah satu yang terindah.

Danau ini cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan saat berlibur dan mencari tempat yang masih alami. Selain itu, danau ini menjadi tempat tinggal bagi keanekaragaman hayati yang unik, menampung lebih dari 200 spesies fauna dan flora endemik.

Baca Juga: 8 Danau Unik di Tanzania, Mengandung Alkali hingga Ditinggali Kuda Nil

4. Danau Koman

7 Danau Paling Menakjubkan di Albania, Destinasi Favorit Wisatawan!Danau Koman (Instagram.com/authentic_albania)

Danau Koman berlokasi tidak jauh dari kota budaya Shkoder. Danau ini bukanlah danau alami, melainkan waduk buatan yang dibangun pada zaman Komunis. Meskipun begitu, danau ini tetap menyuguhkan panorama yang begitu mengagumkan. 

Salah satu cara terbaik untuk dilakukan di sini adalah naik perahu untuk melintasi waduk dengan bantuan Ferry Berisha, perusahaan yang mengarahkan pengunjung dan penduduk lokal dari Koman ke Fierze, titik awal untuk mengunjungi Taman Valbona yang juga menarik untuk dikunjungi.

5. Danau Prespa

7 Danau Paling Menakjubkan di Albania, Destinasi Favorit Wisatawan!Danau Prespa (Instagram.com/jamesleithart)

Danau Prespa berlokasi di barat daya Albania dan danau ini berada di antara tiga negara, yaitu Albania, Makedonia, dan Yunani. Danau ini menjadi salah satu area paling memukau di Semenanjung Balkan.

Meskipun memiliki pemandangan yang cukup mengagumkan, namun masih banyak wisatawan yang belum mengetahui danau ini. Pemerintah Albania menyatakan Prespa sebagai taman nasional karena keberagaman hayati dan jenis vegetasinya yang bervariasi. Bahkan di sekitar danau menjadi rumah bagi lebih dari 1.100 spesies tumbuhan berpembuluh dan lebih dari 170 jenis jamur.

6. Danau Prespa Kecil

7 Danau Paling Menakjubkan di Albania, Destinasi Favorit Wisatawan!Danau Prespa Kecil (Instagram.com/igeorgioski)

Danau Prespa Kecil terletak berdekatan dengan Danau Prespa. Danau ini merupakan permata yang tersembunyi dari Albania dan Balkan. Danau ini juga terletak di antara Albania dan Yunani.

Selain itu, danau ini menjadi salah satu tempat paling santai dan tenang untuk dikunjungi di wilayah Balkan. Letaknya yang juga berdekatan dengan pegunungan akan memberikan sensasi udara yang sejuk dan menyegarkan.

7. Danau Bovilla

7 Danau Paling Menakjubkan di Albania, Destinasi Favorit Wisatawan!Danau Bovilla (Instagram.com/bike2worktirana)

Danau Bovilla juga bukanlah danau alami, melainkan danau buatan. Danau ini merupakan waduk yang berlokasi di dekat Tirana. Danau ini biasanya digunakan oleh penduduk setempat sebagai tempat untuk melepaskan diri dari hari-hari musim panas yang hangat di ibu kota. 

Saking indahnya, danau ini terlihat seperti fyord Norwegia, namun memiliki flora khas Mediterania. Karena keadaannya yang tenang dan jauh dari keramaian, maka tempat ini sangat cocok dijadikan tempat untuk melarikan diri sejenak dari penatnya bekerja di kota. 

Albania mempunyai banyak danau dengan panorama yang luar biasa indah. Danau-danau ini juga bisa membuat pikiran seketika fresh kembali. Danau yang manai nih, yang berhasil membuat kalian terpukau?

Baca Juga: 5 Spot Terbaik untuk Menikmati Panorama Danau Toba dari Ketinggian

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya