Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata Alam di Banjarnegara dengan Panorama Indah

Cocok dikunjungi buat kamu yang ingin menyatu dengan alam

Banjarnegara merupakan salah satu wilayah yang berada di Jawa Tengah. Kabupaten ini populer dengan bentangan alamnya yang begitu menawan. Oleh karena itu, terdapat beberapa wisata alam yang banyak diminati oleh wisatawan. 

Lima destinasi wisata alam di Kabupaten Banjarnegara berikut ini cocok untuk dijadikan lokasi liburanmu selanjutnya. Wisata alamnya mempunyai panorama yang bisa jadi self-healing lho!

1. Kawah Candradimuka

5 Destinasi Wisata Alam di Banjarnegara dengan Panorama IndahKawah Candradimuka (instagram.com/oriletsa_osa)

Kawah Candradimuka terletak di Desa Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kawah ini mempunyai daya tarik yang berupa warnanya yang sering kali berubah-ubah. Terkadang kawah tampak bewarna biru, kemudian berubah warna menjadi abu-abu, dan juga berwarna putih. Tak hanya itu, panorama di area sekitar kawah pun indah dengan tebing-tebing tingginya.

Pengunjung juga dapat berkunjung ke sumber air panas yang konon katanya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Namun ketika akan mengambilnya, mereka harus berhati-hati karena terkadang suhu air bisa mencapai 100 derajat Celcius.

2. Kawah Sikidang

5 Destinasi Wisata Alam di Banjarnegara dengan Panorama IndahKawah Sikidang (instagram.com/ragam_banjarnegara)

Kawah Sikidang merupakan kawah aktif. Namun tempat ini dijadikan destinasi wisata karena aman untuk dikunjungi.

Wisatawan akan disuguhi dengan aktivitas vulkanik. Mereka juga akan menyaksikan semburan lumpur dan asap yang berasal dari dasar kawah besar dan terdapat banyak pula kawah kecil lainnya. Mereka diimbau untuk memakai masker karena bau asap terkadang cukup menyengat.

Terdapat banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan, seperti bermain flying fox, merebus telur dengan menggunakan air kawah, hingga berjalan di jembatan cantik yang biasanya menjadi spot foto para wisatawan.

Baca Juga: Resep Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara, Minuman Segar Favorit Keluarga

3. Curug Mrawu

5 Destinasi Wisata Alam di Banjarnegara dengan Panorama IndahCurug Mrawu (instagram.com/banjarnegarazone)

Bagi yang menyukai tracking, maka bisa menjadikan Curug Mrawu sebagai destinasi wisata utama. Sebelum sampai ke tujuan, pengunjung terlebih dahulu harus berjalan kaki melewati jalan setapak. Selama perjalanan, mereka akan menyaksikan panorama keindahan sawah dan hutan yang tentu menyegarkan mata.

Destinasi wisata ini jauh dari pemukiman sehingga menciptakan suasana yang asri dan tenang. Curug dengan ketinggian yang mencapai 50 meter ini mempunyai aliran sungai yang menyatu dan sumber airnya berasal dari Sungai Mrawu.

4. Curug Sikopel

5 Destinasi Wisata Alam di Banjarnegara dengan Panorama IndahCurug Sikopel (instagram.com/banjarnegarazone)

Curug Sikopel merupakan destinasi wisata yang terletak di Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Curug ini menjadi salah satu tempat wisata populer yang menjadi buruan para wisatawan. Tak hanya musim liburan saja yang ramai pengunjung, pada saat hari-hari biasa pun juga dipadati wisatawan.

Curug Sikopel mempunyai daya tarik utama yang berupa pemandangannya yang indah yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuatnya kian eksotis. Wisatawan disarankan untuk mengunjunginya pada saat pagi hari. Karena pada sore hari, biasanya terdapat kabut yang turun sehingga menghalangi panoramanya yang indah.

5. Gunung Lanang

5 Destinasi Wisata Alam di Banjarnegara dengan Panorama IndahGunung Lanang (instagram.com/ragam_banjarnegara)

Gunung Lanang adalah salah satu destinasi wisata yang berada di Desa Wiradrana, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata ini dipenuhi pengunjung baik pada hari biasa maupun musim liburan. Pengunjung dapat melakukan pendakian di jalur yang telah ditentukan.

Setelah mencapai puncak, mereka akan disuguhi pepohonan hijau dan persawahan yang sungguh menyejukkan mata. Ukuran gunung ini tak begitu besar dengan ketinggian yang mencapai kurang dari 600 meter di atas permukaan laut.

Beberapa rekomendasi wisata di Banjarnegara di atas bisa kamu jadikan lokasi berlibur bersama keluarga. Alam yang menawan, bikin kamu gak mau pulang deh!

Baca Juga: Resep Soto Krandengan, Kuliner Khas Banjarnegara yang Gurih

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya